Hari/Tanggal : Kamis, 20 Februari 2025
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya di hari Kamis yang ceria dan berkah ini, sangat menyenangkan ya nak. Semoga kita lebih semangat dan lebih baik lagi. Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin.
Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Subtema 3 : Energi Alternatif
Pembelajaran : 3
Muatan : B. Indonesia, Matematika, SBDP
Alat peraga : Video Pembelajaran, jam
Metode : Tanya jawab, Demontrasi, Diskusi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang mengidentifikasi istilah-istilah terkait perubahan energi, siswa mampu menyusun informasi berdasarkan istilah-istilah tersebut dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang energi alternatif pada subtema 3.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep energi alternatif dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan cara menentukan lamanya suatu kejadian dengan kejadian lain dengan satuan waktu tertentu dengan benar.
3. Setelah membaca, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan konsep energi alternatif menggunakan bahasa sendiri dengan benar.
4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban sebagai warga dengan benar.
Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :
Ayo Belajar!
Kalian sudah mengetahui beberapa contoh energi alternatif. Kalian juga sudah mendapatkan informasi tentang contoh energi alternatif. Coba temukan 8 kata yang berkaitan dengan energi alternatif. Juga pemanfaatan energi tersebut. Carilah kata secara menurun, mendatar, dan diagonal.
Ibu menemukan 8 kata yang ada di kotak :
1.Listrik 5.Minyak
2.Angin 6.PLTA
3.Air 7.Generator
4.Turbin 8.Matahari
Gerak air termasuk salah satu energi alternatif. Semakin kuat gerak air, semakin besar pula energi yang dihasilkan. Gerak air digunakan untuk menggerakkan turbin atau kincir. Gerakan turbin dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Di antaranya menghasilkan listrik dan menggerakkan mesin penggiling gandum. Pernahkah kamu melihat kincir air?
Perhatikan gambar berikut!
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang energi dan perubahannya dan menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar