Hari/Tanggal : Kamis, 10 April 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Baiklah sholih sholiha bu guru, sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu ya nak.
Subtema 1 : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Pembelajaran : 1 dan 2
Muatan : B. Indonesia, Matematika, SBDP
Alat peraga : Video Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, Demontrasi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang menghitung keliling dan luas satuan tak baku dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang Perkembangan Teknologi Produksi Pangan.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah.
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mendengarkan lagu “Rotiku”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.
2. Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menemukan pokok-pokok informasi dengan tepat.
3. Dengan mengamati daerah yang ditutup dengan satuan luas, siswa dapat menjelaskan cara menentukan luas suatu daerah.
4. Dengan mengetahui berbagai jenis makanan yang disukai tiap individu, siswa dapat membuat daftar keberagaman makanan yang disukai tiap individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan benar.
Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :
Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Lihatlah tempat tinggalku! Udaranya sejuk, tanahnya subur. Dikelilingi sawah dan kebun. Tempat hewan ternak bermain dan berkumpul. Inilah tempat tinggalku. Kaya hasil kebun dan sayur mayur. Berlimpah susu, daging, dan telur.
Terampilnya
warga tempat tinggalku. Bekerja sama mengolah hasil alam. Menggunakan
teknologi yang telah maju. Menghasilkan sumber pangan yang beragam. Mari, kita pelajari macam-macam pengolahan pangan agar menjadi manfaat bagi sesama!
Beni,
Edo, Siti, dan Dayu berkumpul di teras rumah. Ibu Dayu menyediakan
roti. Roti adalah makanan yang terbuat dari tepung. Dayu dan teman-teman
menikmati roti buatan Ibu Dayu. Dayu teringat sebuah lagu tentang roti.
Dayu menyanyikannya di depan teman-teman. Lagu tersebut berjudul
“Rotiku”.
untuk lagu lebih jelas anada bisa mendengarkan syair lagu Rotiku beriku ini :
Pola Irama Suatu LaguLagu
“Rotiku” memiliki pola irama yang berbeda. Pola irama adalah sekelompok
bunyi dengan susunan tertentu. Pola irama muncul secara berulang-ulang
dan teratur dalam sebuah lagu. Nyanyikanlah lagu “Rotiku”! Kamu akan
mendengar pola irama yang berbeda pada setiap bait lagu. Warna yang
berbeda pada setiap lirik lagu, menunjukkan pola irama yang berbeda.
Ayo Membaca!
Siti menunjukkan sebuah teks bacaan. Isinya tentang teknologi pangan. Tahukah kamu apa artiteknologi pangan?Ayo, kita baca teks bacaan yang ditunjukkan oleh Siti!
Teknologi Pangan
Alam
Indonesia sungguh kaya. Kacang kedelai, jagung, dan kelapa adalah hasil
pertanian. Telur, daging, dan susu adalah hasil peternakan. Semua itu
adalah sumber pangan kita. Pangan artinya makanan. Alam Indonesia
menyediakan sumber pangan kita.
Hasil
panen dan ternak yang melimpah memberi makanan yang cukup bagi kita.
Akan tetapi, hasil pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama.
Makanan itu dapat membusuk. Makanan busuk harus dibuang. Hasil panen
harus diolah agar tidak cepat membusuk.Mengolah
hasil panen dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan adalah
penggunaan ilmu pengetahuan untuk mengolah pangan. Teknologi pangan
dapat menghasilkan makanan baru. Teknologi pangan menjaga agar makanan
tidak cepat membusuk.
Hasil
panen berlimpah dapat diolah menjadi makanan baru. Kacang kedelai dapat
dibuat menjadi tahu, tempe, dan kecap. Susu sapi dapat diolah menjadi
mentega, susu bubuk, dan keju. Teknologi pangan mengolah makanan agar
tahan lama. Teknologi pangan sangat bermanfaat bagi kehidupan.
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks
“Teknologi Pangan”!
1. Apa arti dari pangan?
2. Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai?
3. Apa manfaat dari teknologi pangan?
Ayo Mengamati!
Ibu Edo sedang membuat tahu. Edo mengajak teman-teman untuk melihatnya. Semua tertarik dan ingin belajar membuat tahu.
Cara membuat tahu cukup mudah. Pertama, ibu menghaluskan dan merebus kedelai. Hasil rebusan disaring hingga tak ada ampas. Kemudian, hasil rebusan dimasak lagi hingga menjadi susu kedelai. Setelah diberi cuka.
Baiklah
sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga
anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa
laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih
kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami materi tentang Perkembangan Teknologi, luas dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret dengan benar.. Namun masih ada
beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan
penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang menghitung keliling dan luas satuan tak baku dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang Perkembangan Teknologi Produksi Pangan.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah.
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mendengarkan lagu “Rotiku”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.
2. Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menemukan pokok-pokok informasi dengan tepat.
3. Dengan mengamati daerah yang ditutup dengan satuan luas, siswa dapat menjelaskan cara menentukan luas suatu daerah.
4. Dengan mengetahui berbagai jenis makanan yang disukai tiap individu, siswa dapat membuat daftar keberagaman makanan yang disukai tiap individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan benar.
Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :
Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Lihatlah tempat tinggalku! Udaranya sejuk, tanahnya subur. Dikelilingi sawah dan kebun. Tempat hewan ternak bermain dan berkumpul. Inilah tempat tinggalku. Kaya hasil kebun dan sayur mayur. Berlimpah susu, daging, dan telur.
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks
“Teknologi Pangan”!
1. Apa arti dari pangan?
2. Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai?
3. Apa manfaat dari teknologi pangan?
Ayo Mengamati!
Ibu Edo sedang membuat tahu. Edo mengajak teman-teman untuk melihatnya. Semua tertarik dan ingin belajar membuat tahu.
Cara membuat tahu cukup mudah. Pertama, ibu menghaluskan dan merebus kedelai. Hasil rebusan disaring hingga tak ada ampas. Kemudian, hasil rebusan dimasak lagi hingga menjadi susu kedelai. Setelah diberi cuka.
Baiklah
sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga
anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa
laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih
kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami materi tentang Perkembangan Teknologi, luas dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret dengan benar.. Namun masih ada
beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan
penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar