Hari/Tanggal : Rabu, 24 September 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Diskusi Kelompok |
Latihan Soal | Siswa mengerjakan soal pilihan ganda, isian, dan membuat kalimat sendiri |
📌 Penggunaan Tanda Petik Dua (" ")
1. Mengapit Kutipan Langsung
Digunakan untuk mengapit ucapan langsung dari seseorang.
Contoh:
Ibu berkata, "Jangan lupa sarapan sebelum berangkat sekolah."
2. Mengapit Judul Karya Tulis
Digunakan untuk menandai judul buku, lagu, film, artikel, cerpen, dan sebagainya jika disebut dalam kalimat.
Contoh:
Saya sedang membaca buku "Negeri 5 Menara".
Lagu favoritku adalah "Hari yang Cerah".3. Mengapit Istilah Khusus atau Tidak Lazim
Dipakai untuk istilah asing, kata yang dipersoalkan, atau kata dengan makna khusus.
Contoh:
Mereka menyebutnya sebagai "pahlawan tanpa tanda jasa".
Kata "gaul" sering digunakan anak muda zaman sekarang.
Kata "deadline" berarti batas akhir pengumpulan tugas.4. Mengapit Kata atau Ungkapan yang Dianggap Kurang Baku
Biasanya digunakan untuk menandai ejaan salah, kata tidak baku, atau sindiran.
Contoh:
Dia sering "bolos" saat pelajaran Matematika.
Kami tidak mengerti apa arti kata "kepo" itu.⚠️ Catatan Tambahan:
-
Tanda petik dua dibuka sebelum kutipan/istilah, dan ditutup setelahnya.
-
Jika kutipan di dalam kutipan, gunakan tanda petik satu (' ') di dalamnya.
Contoh:
Guru berkata, "Kata 'efektif' berarti tepat guna."
Perhatikan kalimat berikut!
Ani berkata, "Aku akan pergi ke pasar nanti sore."
Penggunaan tanda petik dua pada kalimat di atas berfungsi untuk...
A. Menunjukkan judul karya
B. Menunjukkan kata yang salah eja
C. Menandai kutipan langsung ucapan seseorang
D. Menandai istilah asing
Jawaban: C
Soal 2 (Pilihan Ganda)
Manakah kalimat yang penggunaan tanda petik dua-nya salah?
A. Ibu berkata, "Jangan lupa makan siang."
B. Novel favorit saya adalah "Laskar Pelangi".
C. Mereka menyebutnya sebagai "juara sejati".
D. Kucing itu mengeong, "meong, meong!"
Jawaban: D
(Seharusnya suara binatang tidak perlu diapit tanda petik dua jika bukan kutipan langsung dari ucapan manusia.)Soal 3 (Isian Singkat)
Tuliskan satu contoh kalimat yang menggunakan tanda petik dua untuk judul artikel!
Contoh Jawaban:
Saya membaca artikel berjudul "Manfaat Olahraga Pagi bagi Kesehatan".Soal 4 (Pilihan Ganda)
Kalimat berikut ini yang menggunakan tanda petik dua untuk istilah khusus adalah...
A. Mereka menonton film "Petualangan Sherina".
B. Ia dijuluki "Raja Tega" oleh teman-temannya.
C. Guru berkata, "Belajarlah yang rajin."
D. "Merdeka!" teriak para pejuang.
Jawaban:B
Mapel : Pendidikan pancasila
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa dapat menjelaskan dan memberikan contoh hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah secara tepat, serta menunjukkan sikap tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.
🖼️ Media Pembelajaran
Poster Gambar Interaktif berisi:
Ilustrasi kegiatan anak di rumah dan di sekolah.
Setiap gambar diberi label apakah itu “hak” atau “kewajiban”.
📝 Contoh isi poster:
Gambar Keterangan Anak belajar di rumah Kewajiban Anak mendapat makanan bergizi Hak Menyapu halaman rumah Kewajiban Bermain saat istirahat di sekolah Hak Membuang sampah di tempatnya Kewajiban Mendapat pelajaran dari guru Hak 🧩 Metode Pembelajaran
Metode Diskusi + Mencocokkan (Matching Activity)
Langkah-langkah:
Guru menjelaskan pengertian hak dan kewajiban dengan bahasa sederhana.
Tampilkan poster bergambar (atau bagikan kartu bergambar).
Siswa secara berkelompok mencocokkan gambar dengan kategori “hak” atau “kewajiban”.
Setelah mencocokkan, masing-masing kelompok menyebutkan contoh nyata hak/kewajiban yang mereka lakukan di rumah/sekolah.
Guru memberikan penguatan dan koreksi jika ada kesalahan pemahaman. Materi Ringkas: Hak dan Kewajiban di Rumah dan Sekolah
🏠 A. Di Rumah
Hak Anak Kewajiban Anak Mendapat kasih sayang Membantu pekerjaan rumah Mendapat makanan bergizi Merapikan tempat tidur sendiri Memperoleh tempat tinggal yang aman Hormat kepada orang tua 🏫 B. Di Sekolah
Hak Siswa Kewajiban Siswa Mendapat pelajaran dari guru Mengikuti pelajaran dengan tertib Bermain saat istirahat Menjaga kebersihan lingkungan sekolah Mendapat perlindungan di sekolah Menghormati guru dan teman
📄 LEMBAR KERJA SISWA
Nama: _______________________
Kelas: _______
Tanggal: ____________________📘 Tema: Hak dan Kewajiban di Rumah dan Sekolah
🔶 A. Pilihlah mana yang termasuk Hak (H) atau Kewajiban (K)!
Beri tanda ✔️ pada kolom H atau K yang sesuai.
No Pernyataan
1 Mendapatkan makanan dari orang tua 2 Membantu ibu membersihkan rumah 3 Mendengarkan pelajaran di kelas 4 Bermain dengan teman saat istirahat 5 Merapikan tempat tidur sendiri 6 Mendapat bimbingan dari guru 7 Menjaga kebersihan lingkungan sekolah 8 Mendapatkan pakaian yang bersih dari orang tua
🔶 B. Hubungkan!
Tarik garis antara kolom kiri dan kanan yang sesuai antara kegiatan dan jenisnya.
Kegiatan Jenisnya Mendapatkan pelajaran dari guru A. Hak Membuang sampah di tempatnya B.Kewajiban Mendapatkan perlindungan dari orang tua C. Hak Membantu menyapu halaman rumah D.Kewajiban Menghormati guru E.Kewajiban Bermain setelah belajar F. Hak
🔶 C. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
Kewajiban kita di rumah adalah membantu _________.
Hak anak di sekolah adalah mendapatkan __________ dari guru.
Kita harus menghormati orang tua karena itu adalah __________ kita.
Bermain di waktu istirahat adalah contoh dari __________.
Membuang sampah pada tempatnya adalah contoh __________ terhadap lingkungan.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa hampir semua murid mampu menganalisis kalimat dan menemukan kesalahan penggunaan tanda petik dua. Dan menjelaskan dan memberikan contoh hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah secara tepat, serta menunjukkan sikap tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar