Hari/Tanggal : Senin, 22 September 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Mapel matematika
Tujuan pembelajaran : siswa diharapkan dapat :
-
Mengidentifikasi perkalian sebagai penjumlahan berulang.
Contoh: Menyadari bahwa 4 × 3 sama dengan 3 + 3 + 3 + 3.Media yang digunakan :
-
Menggunakan media konkret (misalnya gambar, alat peraga, atau benda nyata) untuk memvisualisasikan proses perkalian sebagai penjumlahan berulang.
-
Menunjukkan kemampuan menyelesaikan soal perkalian bilangan cacah 1–100 dengan cara menjumlahkan bilangan secara berulang.
Kelas: 3 SD
Topik: Perkalian Bilangan Cacah 1 – 100
✍️ Pengantar Materi
Perkalian adalah cara cepat untuk menghitung
penjumlahan berulang.
Artinya, kita menjumlahkan bilangan yang sama berulang kali.
Contoh sederhana:
Kalau kita punya 3 kantong, dan setiap kantong berisi 4 permen,
maka jumlah seluruh permen bisa dihitung dengan cara:
➡️ 4 + 4 + 4 = 12
➡️ Ini juga bisa ditulis sebagai 3 × 4 = 12
Jadi, 3 × 4 artinya 4 ditambah sebanyak 3 kali.
🔢 Rumus Umum
Perkalian = Jumlah pengulangan × Bilangan yang diulang
Contoh:
-
5 × 2 = 2 + 2 + 2 + 2 + 2 = 10
-
4 × 3 = 3 + 3 + 3 + 3 = 12
-
6 × 5 = 5 + 5 + 5 + 5 + 5 + 5 = 30
🧠 Cara Mengubah Perkalian Menjadi Penjumlahan Berulang
Perkalian | Penjumlahan Berulang | Hasil |
---|---|---|
2 × 3 | 3 + 3 | 6 |
3 × 4 | 4 + 4 + 4 | 12 |
5 × 2 | 2 + 2 + 2 + 2 + 2 | 10 |
4 × 5 | 5 + 5 + 5 + 5 | 20 |
6 × 3 | 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 | 18 |
🎲 Contoh Soal
1. Ubahlah perkalian berikut menjadi penjumlahan berulang dan hitung hasilnya!
a. 3 × 6 =
b. 5 × 4 =
c. 7 × 2 =
d. 6 × 3 =
2. Hitunglah banyak benda di gambar berikut ini:
(Misalnya ada 4 baris apel, masing-masing berisi 5 apel)
Berapa jumlah seluruh apel?
Lkpd
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
-
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan kewajiban.
-
Mengerjakan latihan soal pilihan ganda dengan benar minimal 8 dari 10 soal.
🧰 Media Pembelajaran
-
Buku paket Pendidikan Pancasila kelas 3 SD.
-
Lembar kerja siswa (LKS).
-
Gambar ilustrasi aktivitas siswa di rumah, sekolah, dan masyarakat
🎓 Metode Pembelajaran
- Diskusi Kelompok Kecil – Siswa mendiskusikan kewajiban di lingkungan masing-masing.
-
Latihan Soal Mandiri – Siswa mengerjakan soal pilihan ganda untuk mengukur pemahaman.✍ Latihan Soal Pilihan Ganda (10 Soal)
Tema: Kewajiban Siswa di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat
Petunjuk : Pilihlah jawaban yang paling tepat!
-
Kewajiban utama seorang siswa di sekolah adalah …
-
a. Bermain sepanjang hari
-
b. Belajar dengan sungguh-sungguh
-
c. Libur setiap hari
d. Tidur di kelas
-
-
Membersihkan kamar sendiri adalah kewajiban siswa di …
-
a. Sekolah
-
b. Rumah
-
c. Pasar
-
d. Kantor
-
-
Salah satu kewajiban siswa di masyarakat adalah …
-
a. Melanggar aturan
-
b. Membuat keributan
-
c. Menjaga kebersihan lingkungan
-
d. Membuang sampah sembarangan
-
-
Jika ada tugas dari guru, maka sebagai siswa kita harus …
-
a. Membiarkannya
-
b. Dibuang saja
-
c. Dikerjakan dengan tanggung jawab
-
d. Disuruh orang lain
-
-
Contoh kewajiban siswa di sekolah adalah …
-
a. Mencoret-coret tembok
-
b. Mengerjakan ulangan dengan jujur
-
c. Membolos saat pelajaran
-
d. Tidak memakai seragam
-
-
Membersihkan halaman rumah adalah contoh kewajiban siswa terhadap …
-
a. Guru
-
b. Teman
-
c. Keluarga
-
d. Sekolah
-
-
Bila melihat sampah di jalan, kewajiban kita adalah …
-
a. Menambahkannya
-
b. Membiarkannya
-
c. Menyingkirkan dan membuang ke tempat sampah
-
d. Menendangnya
-
-
Kewajiban siswa terhadap guru adalah …
-
a. Berteriak saat pelajaran
-
b. Mendengarkan dan menghormati guru
-
c. Meniru teman
-
d. Main HP di kelas
-
-
Ketika orang tua menyuruh belajar, kita sebaiknya …
-
a. Marah-marah
-
b. Bermain saja
-
c. Melarikan diri
-
d. Menuruti dengan senang hati
-
-
Dalam kegiatan gotong royong di lingkungan, siswa sebaiknya …
-
a. Tidak ikut
-
b. Bersembunyi
-
c. Ikut membantu sesuai kemampuan
-
d. Tidur di rumah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar