Hari/Tanggal : Selasa, 18 Nopember 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Mapel : Ipas
Macam-Macam Sumber Energi
Tujuan pembelajaran : menjelaskan macam-macam sumber energi
Media pembelajaran : video, gambar, LCD
Metode pembelajaran : Diskusi kelompok
Sumber energi adalah asal dari energi yang kita gunakan.
Ada sumber energi alami dan buatan.
Jenis Sumber Energi Contoh Keterangan
Sumber Energi Alami Matahari, air, angin, makanan Langsung berasal dari alam.
Sumber Energi Buatan Bensin, listrik, batu bara, gas Dihasilkan oleh manusia dengan teknologi.
🌞 Contoh:
Matahari memberi energi cahaya dan panas.
Air dan angin dapat menggerakkan turbin untuk menghasilkan listrik.
Bahan bakar (bensin, minyak) digunakan untuk menjalankan kendaraan.
Makanan memberi energi bagi manusia dan hewan untuk bergerak.
Energi yang kita miliki harus digunakan dengan bijak agar tidak cepat habis.
💡 Cara menghemat energi:
- Matikan lampu jika tidak digunakan.
Gunakan air seperlunya.
Gunakan kendaraan bersama-sama (hemat bahan bakar).
Matikan televisi dan kipas saat tidak digunakan.
Pilih alat listrik yang hemat energi.
6. Rangkuman
Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja.
Bentuk energi: panas, cahaya, bunyi, gerak, listrik, dan kimia.
Energi penting untuk semua kegiatan manusia.
Sumber energi berasal dari alam dan buatan.
Kita harus menghemat energi agar bisa digunakan terus di masa depan
Mapel : Seni Rupa
Tujuan pembelajaran : Assesmen soal Seni Rupa tekstur
Media pembelajaran : buku cetak Seni Rupa dan soal² Seni rupa terkait tekstur
Metode pembelajaran : tanya jawab dan mengerjakan secara Individu
Literasi
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa hampir semua
murid dapat memahami macam-macam sumber energi.
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar