Hari/Tanggal : Jum'at, 09 Mei 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa
kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua
dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap
bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Tema 8 : Prajamuda karana
Subtema 2 : Aku Anak Mandiri
Pembelajaran : 3 dan 4
Muatan : B. Indonesia, Matematika, SBDP
Alat peraga : Video Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, diskusi, Demontrasi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang jenis-jenis sudut dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.
2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi data yang disajikan dalam diagram gambar dengan benar.
3. Setelah
mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur garis, dan
warna dalam sebuah karya dekoratif dengan benar.
4.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat merancang penggunaan kombinasi
garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif dengan benar.
5. Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan contoh sikap yang sesuai arti teks Bhinneka Tunggal Ika dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mengklasifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.

Mandiri dalam Mengambil Keputusan
Anggota
pramuka dilatih untuk mengambil keputusan secara mandiri. Misalkan
mengambil keputusan dalam menentukan nama kelompok. Semua anggota
kelompok akan ikut berdiskusi. Setiap anggota kelompok dapat
menyampaikan pendapat. Diskusi kelompok dipimpin oleh ketua kelompok.
Setelah selesai berdiskusi, semua anggota setuju. Nama kelompok telah
ditetapkan.
Salah
satu janji pramuka yaitu patuh dan suka bermusyawarah. Bermusyawarah
artinya berdiskusi untuk membicarakan masalah. Bermusyawarah juga untuk
menyelesaikan masalah.
Bermusyawarah
juga merupakan salah satu pengamalan sila Pancasila. Bermusyawarah
merupakan pengamalan sila keempat. Sila keempat berbunyi kerakyatan yang
dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
Simbol sila keempat Pancasila berupa kepala banteng.
Berikut ini contoh-contoh pelaksanaan sila keempat Pancasila.

Ayo Mencoba!
Anggota
pramuka yang baik selalu mengenakan seragam dengan rapi. Saat latihan
anggota pramuka selalu berpakaian rapi. Latihan merapikan seragam bagian
dari persiapan baris berbaris. Anggota pramuka merapikan seragam mulai
dari alas kaki sampai tutup kepala. Berikut ini gambar kegiatan
merapikan seragam pramuka.

Mari,
mencoba berlatih mengikuti gerakan membungkukkan badan! Gerakan
membungkukkan badan sambil menyentuh kaki. Gerakan membungkukkan badan
termasuk melatih kelentukan badan. Gerakan membungkukkan badan bertujuan
melemaskan otot pinggang. Lakukan tahapan gerakan seperti berikut ini!
1. Berdiri tegap dengan kedua kaki terbuka selebar bahu.
2. Bungkukkan badan ke depan bawah sampai kedua tangan menyentuh lantai. Pandangan ke arah lutut. Pertahankan sampai hitungan kelima.
3. Kembali ke posisi semula berdiri tegap. Buka kedua kaki selebar bahu.
4. Bungkukkan badan ke sebelah kiri. Kedua tangan menyentuh kaki kiri. Pertahankan sampai hitungan kelima.
5. Kembali ke posisi semula berdiri tegap. Buka kedua kaki selebar bahu.
6. Bungkukkan badan ke sebelah kanan. Kedua tangan menyentuh kaki kanan. Pertahankan sampai hitungan kelima.
7. Selama melakukan gerakan ini, lutut tidak ditekuk.
8. Lakukan gerakan secara berulang.
Baiklah
sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga
anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa
laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih
kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu menyebutkan sikap yang sesuai sila pancasila
dengan benar. Namun masih ada
beberapa peserta didik yang belum mampu menyebutkan sikap yang sesuai
dengan pancasila dengan tepat. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru
melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar