Jumat, 01 November 2024

TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 5

 

Hari/Tanggal     : Jumat, 01 Nopember 2024

Good morning my student....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, alhamdulillah kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT, dan yang sakit smg cepat sehat kembali  Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Qur'an. 

Hari ini kita akan melanjutkan belajar materi  Tema 4 Subtema 1 PB 5

 
Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang membuat kalimat saran serta menentukan dua bilangan yang hasilnya telah ditentukan. Hari ini kita akan mempelajari tentang kewajiban dan hakku sebagai anggota keluarga berkaitan dengan tempat tinggal.

TEMA 4                 : KEWAJIBAN DAN HAKKU

SUB TEMA 1        : KEAJAIBAN DAN HAKKU DI RUMAH

Muatan                   :  Bahasa Indonesia, PPKN, MTK

Pembelajaran         :  5

Alat peraga             : Video pembelajaran 

Metode                        : Kerja kelompok, tanya jawab

 

 Adapun tujuan pembelajaran kita hari ini adalah :

Tujuan Pembelajaran :

1.   Dapat menunjukkan ungkapan  atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaianmasalah (sederhana) dengan tepat.

2.  Dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan tempat tinggal dengan tepat.

3.  Dapat menentukan dua bilangan yang jumlahnya sudah diketahui dengan benar.

 Rumah Tempat Berlindung

Setiap orang wajib melindungi dirinya dari bahaya. Salah satu tempat berlindung adalah tempat tinggal. Setiap orang berhak mendapatkan tempat tinggal. Tempat tinggal biasanya berbentuk rumah. Rumah memiliki bentuk yang berbeda-beda, tetapi  manfaatnya sama. Rumah merupakan tempat berlindung dan beristirahat. Rumah juga tempat berkumpul bersama keluarga. Kita tidur, mandi, makan, dan melepas lelah di rumah. Kita juga belajar banyak hal di rumah. Udin dan Mutiara  mengeluhkan rumah mereka yang bocor. Ibu menasihati mereka agar bersyukur atas semua yang dimiliki. Ibu menyarankan mereka agar melihat orang-orang yang lebih susah.

Banyak anak yang tidak memiliki rumah. Banyak anak yang tetap bahagia meski rumahnya banjir. Dengan bersyukur, hati akan senang.

 


Kamu wajib bersyukur memiliki tempat tinggal.

Tempat tinggal akan melindungi dirimu dari bahaya. Kamu juga wajib merawat dan melindungi tempat tinggalmu.


Kewajiban dan Hak di Rumah

1. Bersyukur karena memiliki tempat tinggal.

2. Mendapat rumah yang bersih dan rapi.

3. Bicara lembut dan sopan.

4. Membantu merapikan dan menata rumah.

5. Dicintai, dijaga, dilindungi, dan dihargai.

6. Saling mencintai, menjaga, melindungi, dan menghargai.

7. Diperlakukan dengan lembut dan sopan.

8. Saling menolong dan memaafkan.

9. Mendapat tempat tinggal.

10. Menjaga kebersihan dan kerapian rumah.

contoh:

. . .  + . . .  = 898

kamu bisa tentukan bilangan pertama, misalkan 416

416 + . . . = 898

Untuk mencari bilangan yang belum diketahui = 898 – 416 = 482

Rumahku Bersih dan Nyaman

Rumah adalah rezeki dari Tuhan. Kita merasa nyaman ketika di rumah. Ibu menjadikan rumah terasa sejuk. Ayah menjadikan rumah terasa aman. Anak-anak menjadikan rumah terasa menyenangkan.

Setiap anggota keluarga wajib menjaga tempat tinggal agar bersih. Tempat tinggal bersih membuat mereka nyaman. Tempat tinggal bersih juga mencegah mereka dari sakit.

Bagaimana kita bisa mendapatkan tempat tinggal yang bersih?

Setiap anggota keluarga berhak mendapatkan rumah bersih. Mereka bersama-sama menjaga lantai agar bersih. Ruang tengah selalu rapi. Meja makan selalu bebas dari piring kotor. Dapur bersih dari sampah. Halaman tertata rapi.

Bermain adalah hak bagi semua anak. Udin dan kakaknya baru selesai mandi sore. Mereka hendak bermain kelereng. Kaleng tempat menyimpan kelereng jatuh. Oleh karena itu, kelereng berserakan di ruang tengah.

Udin dan kakaknya mengumpulkan kelereng bersama-sama. Jumlah kelereng semuanya 600 buah. Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan Udin? Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan kakak Udin?

Pola Irama adalah panjang pendeknya bunyi. Panjang dan pendeknya bunyi dapat di hitung melalui ketukan. ketukan tersebut digambarkan seperti bunyi detak jarum jam. Pola irama akan berjalan menurut Birama. Birama adalah kuat dan lemahnya bunyi dalam lagu. 

Setiap lagu mempunyai irama. ada yang bunyinya tinggi ada yang rendah, dan ada yang sedang. Bunyi yang memiliki getaran yang teratur disebut dengan Nada. Nada - nada yang di rangkai akan menjadi sebuah lagu yang indah jika di dengarkan. 

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas  berikut ini:

Udin dan Mutiara ingin rumahnya selalu rapi.

Apa saja kewajiban yang harus Udin dan Mutiara lakukan? Apa saja hak Udin dan Mutiara?

Jawablah pertanyaan di atas dengan video menjelaskan Hak dan Kewajiban yang harus di lakukan Udin dan Mutiara jika ingin rumahnya selalu rapi!

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🙏

 

Kamis, 31 Oktober 2024

YULINA UKG 2024

 

Hari/Tanggal     : Kamis, 31 Oktober 2024

Good morning my student....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, alhamdulillah kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT, dan yang sakit smg cepat sehat kembali  Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Qur'an. 

Hari ini kita akan melanjutkan belajar materi  Tema 3 Subtema 2 PB 1

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang benda yang terbuat dari kaca, dari logam dan dari karet. Hari ini kita akan mempelajari tentang wujud benda yang terdiri dari benda padat, benda cair dan benda gas. Kita simak materi di bawah ini ya nak.


TEMA 3                 : (BENDA DISEKITAR KU)

SUB TEMA 2        : ( WUJUD BENDA)

Muatan                : B. Indonesia

Pembelajaran      : 1

Alat peraga : contoh video pembelajaran

Metode  : diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

Tujuan Pembelajaran :

1.  Dengan membaca wacana tentang wujud benda, siswa dapat mengidetifikasi informasi yang terkait dengan wujud benda dengan tepat.

2.  Dengan melakukan pengamatan benda, peserta didik dapat mengelompokkan benda berdasarkan wujudnya dengan tepat.

Manusia tidak dapat lepas dari benda di sekitarnya. Keberadaan benda mempermudah manusia melaksanakan aktivitasnya. Ada benda yang terbentuk di alam dan ada benda yang dibuat oleh manusia. Batu, air, dan pasir merupakan benda yang terbentuk di alam. Mobil, gunting, dan kertas merupakan benda yang dibuat oleh manusia.

Apakah kamu memperhatikan perbedaan dari benda-benda tersebut? Benda dapat dikelompokkan dalam tiga wujud. Wujud apa sajakah itu? Yuk, kita pelajari bersama.

Wujud Benda

Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas.

Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya?

Berikut akan dijelaskan tentang tiga jenis benda tersebut beserta contoh yang ada di sekitar.

1.Benda Padat benda padat adalah barang atau benda yang memiliki wujud padat menyerupai bentuk tertentu sesuai benda tersebut.

2.Benda Cair Benda cair merupakan benda atau barang yang bisa berubah bentuk menurut bangunan tempatnya.

3. Benda Gas gas adalah molekul-molekul yang bergerak bebas sehingga seluruh masa cenderung mengembang.

 


 

Ayo Mengamati

Pernahkah kamu naik alat transportasi seperti pada gambar?

Tahukah kamu, termasuk ke dalam wujud benda apakah motor itu?

Pada hari Minggu, Edo dibonceng ayah ke rumanenek. Edo dibonceng ayah dengan

Pernahkah kamu memperhatikan gerakan tiupan angin? Angin adalah udara yang bergerak. Udara berwujud gas. Gas tidak terlihat, namun dapat dirasakan. Tiupan angin ada yang kencang, lembut, dan sepoi-sepoi. Ada juga angin yang bertiup sangat kencang. Seperti angin topan, angin putting beliung, dan lain-lain.

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:

 Latihan Soal

1.        Perhatikan gambar dapur rumah Dayu berikut ini!

Tuliskan benda – benda dari gambar yang termasuk benda padat, cair dan gas!

 

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🙏


REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami macam-macam wujud benda (Padat, cair dan gas) serta peserta didik sudah mampu untuk menyelesaikan soal dengan baik, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham mengenai macam-macam wujud benda. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan kelas.




TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 5

  Hari/Tanggal     : Jumat, 01 Nopember 2024 Good morning my student.... Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, alhamdul...