Rabu, 30 Juli 2025

Kamis, 31 Juli 2025

  

 

Hari/Tanggal     : Kamis, 31 Juli 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Mapel :  IPAS

Tujuan Pembelajara : 

Menjelaskan fungsi telinga sebagai alat pendengaran.Menyebutkan bagian-bagian utama telinga secara sederhana.Mengidentifikasi contoh suara yang dapat didengar dengan telinga.

Media pembelajaran : 

Gambar / Poster organ telinga

  • Menampilkan bentuk dan bagian telinga secara sederhana.

  • Audio / Rekaman suara

    • Untuk latihan mengenali berbagai bunyi.

  • Boneka / Alat peraga telinga sederhana

    • Menunjukkan struktur telinga secara konkret.

  • Metode pembelajaran : Demonstrasi dan Observasi

    • Guru memutar berbagai jenis suara (bunyi burung, klakson, tepuk tangan) dan siswa mengidentifikasi

B. Telinga 

1. Fungsi Telinga

  • Mendeteksi suara (pendengaran).

  • Menjaga keseimbangan tubuh.         

    2. Bagian-Bagian Telinga

     

Telinga terdiri dari tiga bagian utama:

a. Telinga Luar
  • Daun telinga (aurikula): Menangkap gelombang suara.

  • Saluran telinga (kanal auditorius eksternal): Mengarahkan suara ke dalam.

  • Gendang telinga (membran timpani): Bergetar saat menerima suara.

b. Telinga Tengah
  • Terdiri dari tulang-tulang kecil:

    • Maleus (martil)

    • Inkus (landasan)

    • Stapes (sanggurdi)

  • Menghubungkan gendang telinga ke jendela oval, meneruskan getaran suara.

  • Ada saluran eustachius yang menyamakan tekanan udara antara telinga dan tenggorokan.

c. Telinga Dalam
  • Koklea: Berfungsi untuk pendengaran, mengubah getaran menjadi impuls saraf.

  • Saluran setengah lingkaran (semisirkularis): Mengatur keseimbangan.

  • Saraf pendengaran: Mengirim sinyal ke otak.                                                 

    3. Cara Kerja Telinga

  1. Gelombang suara ditangkap daun telinga.

  2. Getaran disalurkan melalui saluran telinga ke gendang telinga.

  3. Getaran diteruskan ke tulang-tulang pendengaran di telinga tengah.

  4. Getaran masuk ke koklea dan diubah menjadi impuls listrik.

  5. Impuls dikirim ke otak melalui saraf pendengaran → suara terdengar.     

     

    4. Gangguan pada Telinga

  • Tuli konduktif: Gangguan pada telinga luar/tengah.

  • Tuli sensorineural: Kerusakan pada telinga dalam/saraf.

  • Infeksi telinga (otitis media): Peradangan telinga tengah.

  • Vertigo: Masalah keseimbangan karena gangguan telinga dalam.

Mendengarkan musik suatu hal yang asik ada yang suka musik dangdut juga ada yang suka musik pop kita mendengar musik dengan Indra pendengar. 

Indra pendengar manusia adalah telinga telinga mampu mendengar berbagai macam suara namun tidak semua suara dapat didengar telinga mampu mendengar suara dengan frekuensi tertentu yaitu frekuensi antara 20 sampai 20.000 Hz. 

1.bentuk telinga
Telinga bentuknya unik ada bentuk daun lingkar dan lubang telinga terdiri atas tiga bagian bagian luar Tengah dan dalam

Amati gambar bentuk telinga berikut ini :
 
 daun telinga berfungsi untuk menangkap suara 

lubang telinga berfungsi untuk meneruskan suara ke gendang telinga

Gendang telinga berfungsi untuk menerima getaran suara

2. Fungsi telinga 
 
Fungsi utama telinga yaitu untuk mendengar selain mendengar ada fungsi lainnya ya ini bekerja sama dengan mata dan otak untuk menjaga keseimbangan tubuh manusia. 
3. Menjaga kesehatan telinga titik kita harus menjaga telinga agar telinga selalu sehat Ayo kita membersihkan telinga dengan baik dan benar perhatikan gambar-gambar berikut
1 Pergi periksa ke dokter THT telinga hidung tenggorokan 
2 bersihkan telinga dengan teratur dan tidak terlalu sering

latihan soal 

1.Bagian telinga yang berfungsi menangkap gelombang suara dari luar adalah...

A. Gendang telinga
B. Koklea
C. Daun telinga.. 
D. Tulang sanggurdi


Jawaban: 

2.Urutan jalannya gelombang suara dari luar menuju otak adalah...

A. Gendang telinga → daun telinga → koklea → otak
B. Daun telinga → saluran telinga → gendang telinga → tulang pendengaran → koklea → saraf → otak.. 
C. Koklea → tulang pendengaran → gendang telinga → otak
D. Saluran eustachius → koklea → saraf → otak

3Tulang pendengaran yang menempel langsung dengan gendang telinga adalah...

A. Inkus (landasan)
B. Stapes (sanggurdi)
C. Maleus (martil).. 
D. Koklea

4.Fungsi utama dari koklea pada telinga adalah...

A. Mengatur tekanan udara
B. Menangkap gelombang suara
C. Menjaga keseimbangan tubuh
D. Mengubah getaran menjadi impuls listrik..

Mapel :  Seni Rupa

Tujuan Pembelajara : 

 

Garis pun terdiri dari beberapa jenis. Berikut jenis-jenis garis yang bisa kita pelajari dan terapkan.

1. Garis Diagonal

Garis diagonal merupakan garis pertama yang harus teman-teman pahami dalam seni rupa.

Diagonal adalah garis lurus yang miring ke kanan atau ke kiri. Dengan garis ini memberikan kesan yang tidak stabil, bergerak, atau dinamis.

2. Garis Horizontal

Garis horizontal merupakan garis dengan tampilan lurus mendatar dan dikenal juga dengan garis mendatar.

Janis garis ini disebut punya karakter yang tenang dan mantap serta biasa digunakan untuk menggambar benda datar seperti cakrawala laut.

3. Garis Vertikal

Garis vertikal adalah garis lurus yang sering dianalogikan sebagai benda yang berdiri tegak dan lurus.

Jenis garis ini biasa memberikan kesan tidak bergerak dan mengarah ke langit.

4. Garis Zig-Zag

Jenis garis lain adalah garis zig-zag yang merupakan garis lurus yang dibuat berlawanan arah kemudian disambung kembali.

Zig-zag ini sebenarnya punya makna kegembiraan, keceriaan, dan sesuatu yang intens.

Karena itu, garis ini juga sering diartikan sebagai semangat yang membara.

5. Garis Lengkung

Ada juga garis lengkung yang merupakan garis dengan arah membelok

 

 

Selasa, 29 Juli 2025

Rabu, 30 Juli 2025

  

  

Hari/Tanggal     : Rabu, 30 Juli 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Mapel :  Bahasa Indonesia

Tujuan Pembelajara :

Menyebutkan macam-macam tanda baca dalam bahasa Indonesia dengan benar.Menjelaskan fungsi dari masing-masing tanda baca seperti titik (.), koma (,), tanda tanya (?), tanda seru (!), dan tanda petik (" ").Menggunakan tanda baca yang sesuai dalam kalimat sederhana.

Media Pembelajaran

  • Media Visual:

    • Poster/gambar tanda baca beserta fungsinya

    • Slide PowerPoint atau presentasi digital

    • Lembar kerja siswa (LKS)

Metode Pembelajaran

  • Ceramah interaktif:
    Guru menjelaskan macam-macam tanda baca dan fungsinya dengan diselingi tanya jawab.

  • Diskusi kelompok:
    Siswa dibagi menjadi kelompok kecil untuk mendiskusikan penggunaan tanda baca pada kalimat yang diberikan.

📚 Macam-Macam Tanda Baca dan Contoh Kalimat

1. Tanda Titik (.)

Fungsi: Mengakhiri kalimat pernyataan.

Contoh:

  • Saya pergi ke pasar pagi tadi.

  • Ibu sedang memasak di dapur.


Tanda Koma (,)

Fungsi:

  • Memisahkan unsur dalam daftar.

  • Memisahkan anak kalimat dari induk kalimat.

Contoh:

  • Saya membeli apel, jeruk, mangga, dan pisang.

  • Jika hujan turun, saya akan membawa payung.

     

    Tanda Tanya (?)

    Fungsi: Mengakhiri kalimat tanya.

    Contoh:

  • Siapa nama kamu?

  • Kamu sudah makan?

 

Tanda Seru (!)

Fungsi: Mengungkapkan perintah, ajakan, atau emosi kuat.

Contoh:

  • Ayo kita pergi sekarang!

  • Hati-hati di jalan!

  • Wah, indah sekali pemandangannya!

     

    Tanda Titik Dua (:)

    Fungsi:

  • Menjelaskan perincian atau daftar setelahnya.

  • Menyatakan penjelasan atau kutipan langsung.

Contoh:

  • Bawalah barang berikut: buku, pensil, dan penghapus.

  • Guru berkata: “Belajarlah dengan giat!”

     

    Tanda Petik Dua (" ")

    Fungsi: Menandai kutipan langsung atau judul.

    Contoh:

  • Ibu berkata, "Jangan lupa sarapan."

  • Saya suka membaca buku “Laskar Pelangi."

Latihan Soal Tanda Baca – Kelas 3 SD

Soal 1:
Pilih kalimat yang menggunakan tanda titik (.) dengan benar!
A. Ibu membeli sayur di pasar?
B. Kakak menyapu halaman rumah.
C. Ayo kita bermain bola!
D. Siapa nama temanmu

Soal 2:

Lengkapi kalimat berikut dengan tanda baca yang tepat:
Andi, Rina ___ Siska belajar bersama di perpustakaan.
A. .
B. ,
C. !
D. ?

Soal 3:

Manakah kalimat yang menggunakan tanda seru (!) dengan benar?
A. Jangan berlari di lorong sekolah!
B. Apakah kamu membawa buku?
C. Ayah pergi ke kantor.
D. Budi suka membaca

Soal 4:

Perbaiki kalimat berikut dengan tanda baca yang tepat:
Siapa nama guru kelasmu
A. Siapa nama guru kelasmu?
B. Siapa nama guru kelasmu.
C. Siapa nama guru kelasmu!
D. Siapa nama guru kelasmu,

Soal 5:

Pilih kalimat yang menggunakan tanda koma (,) dengan benar!
A. Aku suka apel jeruk pisang dan anggur.
B. Aku suka apel, jeruk, pisang, dan anggur.
C. Aku suka apel jeruk, pisang dan anggur.
D. Aku suka apel jeruk pisang dan anggur!

Soal 6:

Lengkapi kalimat seruan ini dengan tanda baca yang tepat:
Wah, cantiknya bunga itu ___
A. .
B. ?
C. !
D. ,        

Soal 7:

Manakah kalimat tanya berikut ini yang benar?
A. Kamu sudah makan siang.
B. Apakah kamu sudah makan siang
C. Apakah kamu sudah makan siang?
D. Apakah kamu sudah makan siang!     Soal 8:

Kalimat berikut ini perlu tanda baca apa?
Ayo kita berangkat ke sekolah
A. Tanda titik (.)
B. Tanda koma (,)
C. Tanda seru (!)
D. Tanda tanya (?)

C. Permainan yang Disukai
Ada permainan yang kamu sukai ada pula permainan yang tidak kamu sukai kamu tentu punya alasan yang tepat
 Amati gambar berikut : 
 
 Adakah permainan yang kamu sukai lengkapi kalimat berikut catat di bukumu

Aku suka bermain ...

.karena......... 

Aku tidak suka bermain .......karena..... 

Mapel : Pendidikan Pancasila 
 
Tujuan pembelajaran :

Mengapa kita harus mengenal daerah tempat tinggal ?
 
a. Tidak tersesat saat pulang ketika berpergian Kamu tidak akan tersesat saat pulang asal kamu mengenali daerah tempat tinggal berbekal mengenali daerah tempat tinggal kamu akan mudah menemukan jalan pulang.
 
b. Menghindari kecemasan orang tua sebelum bepergian kamu hendaknya berpamitan kamu sebaiknya menjelaskan tujuan yang akan kamu datangi dan jam pulang mu kamu juga meyakinkan kalau kamu sudah mengenali daerah tempat tinggal dengan demikian orang tua mencemaskanmu karena kamu sudah tahu jalan pulang. 
 
c. sebagai Informasi pribadi yang dibutuhkan pada saat tertentu jika ada masalah penting misalnya kebakaran banjir dan kecelakaan kamu akan mudah memberitahu keberadaan kepada pihak yang berwenang membantu mengatasi permasalahan tersebut itulah pentingnya mengenal daerah tempat tinggal. 
 
5. Untuk mengenali lingkungan kita perlu belajar tentang denah kita perlu belajar membaca denah namun sebelum belajar membaca denah kita harus bisa memakai Kompas atau mata angin :
a tompas merupakan alat untuk mengetahui arah mata angin ada 8 arah mata angin timur tenggara selatan barat daya barat barat laut utara timur laut dalam denah arah utara selalu menghadap ke atas
 

b. Denah adalah gambar yang menunjukkan suatu lokasi biasanya dengan menggambarkan letak bangunan maupun isi di dalam bangunan misal denah rumah dan rumah sekolah denah Perumahan dan fungsinya sebagai Demang adalah versi peta untuk menunjukkan posisi atau lokasi suatu tempat Manfaat benda adalah memudahkan kita memahami lokasi yang ada dengan begitu memudahkan kita saat mencari suatu lokasi perhatikan contoh denah berikut.
 

6. Menerapkan kerjasama demi keutuhan NKRI kerjasama merupakan kegiatan yang dilakukan bersama-sama dalam kerjasama terkandung nilai kebersamaan nilai persatuan saling menghargai saling menghormati dan saling membantu kerjasama merupakan sikap baik yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari perhatikan contoh kerjasama berikut ini. 
 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar murid sudah mampu memahami macam-macam tanda baca dan fungsinya, serta 8 arah mata angin.  
 
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya. 

 

Senin, 28 Juli 2025

Selasa, 29 Juli 2025

         

Hari/Tanggal     : Selasa, 29 Juli 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Mapel : IPAS

Tujuan Pembelajara :

Siswa dapat menjelaskan bagian bagaian dasar panca indera 
Media pembelajaran : anggota tubuh, gambar, video 

Metode pembelajaran : diskusi kelompok 
Bentuk mata mata berbentuk seperti bola mata manusia berjumlah dua mata terdiri atas beberapa bagian  perhatikan bagian-bagian mata berikut ini
 

2. Fungsi mata 
Fungsi utama mata adalah untuk melihat akan tetapi ada fungsi yang lain seperti untuk menjaga keseimbangan mempelajari berbagai hal juga sebagai alat komunikasi

3. Menjaga kesehatan mata Amati gambar berikut :
Tidak melihat buku TV dan handphone sambil tiduran
Memakai kacamata di luar

Literasi ku 
1  Apa fungsi mata selain untuk melihat

2. Sebutkan bagian mata yang kamu ketahui

Gambar telinga 

Mendengarkan musik suatu hal yang asik ada yang suka musik dangdut juga ada yang suka musik pop kita mendengar musik dengan Indra pendengar Indra pendengar manusia adalah telinga telinga mampu mendengar berbagai macam suara namun tidak semua suara dapat didengar telinga mampu mendengar suara dengan frekuensi tertentu yaitu frekuensi antara 20 sampai 20.000 Hz
Bentuk telinga telinga bentuknya unik ada bentuk daun lingkar dan lubang telinga terdiri atas tiga bagian bagian luar Tengah dan dalam Ayo Amati gambar bentuk telinga berikut
Ada daun telinga lubang telinga dan gendang telinga di dalam telinga
Daun telinga berfungsi untuk menangkap suara lubang telinga berfungsi untuk meneruskan suara ke gendang telinga sedangkan gendang telinga berfungsi untuk menerima getaran suara
Fungsi telinga fungsi utama telinga yaitu untuk mendengar selain mendengar ada fungsi lainnya yakni bekerja sama dengan mata dan otak untuk menjaga keseimbangan tubuh manusia
Menjaga kesehatan telinga kita harus menjaga telinga agar telinga selalu sehat Ayo kita membersihkan telinga dengan baik dan benar perhatikan gambar-gambar berikut. 
 
Gambar kalender pembersih telinga . 

Literasiku 
1 kelelawar adalah hewan dengan pendengar yang hebat kelelawar dapat mendengar suara di atas 20.000 Hz jika kelereng mendengar suara Apakah manusia mampu mendengarnya juga? 

2.Telinga memiliki beberapa bagian di dalamnya Di mana letak gendang telinga jelaskan fungsinya? 

Kesimpulan pembelajaran hari ini : 
Permainan memiliki banyak manfaat dalam kehidupan, salah satunya adalah melatih sikap sportivitas. Dalam permainan, terdapat situasi menang dan kalah yang harus diterima dengan lapang dada. Hal ini mengajarkan kita untuk menghargai orang lain, tidak sombong saat menang, dan tidak putus asa saat kalah.

Selain itu, dalam materi panca indera, kita mempelajari tentang mata sebagai salah satu alat indera yang berfungsi untuk melihat. Mata sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, karena membantu kita mengenali bentuk, warna, dan gerakan di sekitar kita.

 

Mapel : Bahasa Indonesia

Tujuan Pembelajara :

Menemukan manfaat permainan 

Dalam permainan ada kalah dan menang hal ini melatih sikap sportivitas bacalah cerita berikut ini
 
Media pembelajaran 

1. Permainan Tradisional atau Sederhana

Misalnya:

  • Lomba balap kelereng

  • Permainan ular tangga

  • Tebak gambar

  • Permainan estafet bola

Alat dan bahan:

  • Kelereng dan sendok

  • Papan ular tangga besar (bisa digambar di karton)

  • Flashcard gambar

  • Bola kecil untuk estafet

    Video Pendek Animasi

    Video animasi singkat tentang dua anak yang bermain dan mengalami menang/kalah, lalu berdiskusi dan tetap berteman.                                             

     Metode Pembelajaran

    1. Bermain Langsung (Learning by Doing)

    • Guru mengajak siswa bermain permainan sederhana yang memiliki unsur menang dan kalah.

    • Setelah permainan, guru mengajak siswa merefleksikan:

      • Apa yang dirasakan ketika menang?

      • Apa yang dirasakan ketika kalah?

      • Apa yang harus dilakukan kalau menang? Kalau kalah?

                     Bermain lompat tali
    Jera merah dan Lili main bersama mereka bermain lompat tali jarak gantian dengan teman lain kata Lily tidak aku masih mau main kata juragan Jera kata Mera setelah dibujuk jera mau bergiliran giliran era dan Lili bermain keduanya bermain lama jarak kesal dan marah jarak pergi meninggalkan permainan teman-temannya pun terkejut jarak Kamu kenapa kata Nera Aku tidak
     suka kalian kalian curang kata jera aku dan diri tidak curang jarang bermain itu adalah kalah dan menang kata nera.
     
    Literasi ku 

     

    REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

    Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar murid sudah mampu memahami bagian bagaian dasar panca indera, 
    Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya. 

     

Jumat, 25 Juli 2025

Senin, 28 Juli 2025

 
 
 

Hari/Tanggal     : Senin, 28 Juli 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Mapel :  Matematika 

Tujuan Pembelajara :   

Siswa dapat memahami nilai tempat bilangan 1 hingga 1000

Media pembelajaran : kartu angka, ppt bilangan cacah
 
Metode pembelajaran : ceramah interaktif, tugas mandiri 

Menentukan nilai tempat bilangan 1 hingga 1000
 
Kamu sudah belajar nilai tempat ketika duduk di kelas 2 nilai tempat bilangan hingga puluhan Ayo belajar nilai tempat tinggal ratusan baca kembali tes AKM
Jarak rumah paman ke gunung 137 km jarak rumah Danis ke gunung 154 km 137 dibaca seratus tiga puluh tujuh 
Angka 1 menempati nilai tempat ratusan nilainya 100 angka 3 menempati nilai tempat puluhan nilainya 30 angka 7 menempati nilai tempat satuan nilainya 7.
 
Latihan 
 
Menggambar macam- macam bentuk benda 

Bangun datar adalah suatu bangun geometri berbentuk datar rata bangun datar disebut juga bangun dua dimensi. dimensi itu panjang dan lebar tetapi tidak ada tinggi dan tebal bangun datar berdasarkan isinya ada dua macam. Ada bangun datar berisi lengkung dan lurus titik bangun datar berisi lengkung yaitu lingkaran dan elips. Bangun datar berisi lurus yaitu segitiga persegi persegi panjang layang-layang dan jajargenjang. 
 
Mapel : P. Pancasila
 

Tujuan Pembelajara :   

Murid dapat menghargai identitas teman dan keluarga sesuai budaya.
 
Media pembelajaran  : Kartu Identitas Teman
  • Berisi nama, asal daerah, bahasa daerah, makanan khas, dan hobi.

  • Dibuat oleh siswa dengan bantuan guru.


Metode pembelajaran : Bercerita (Storytelling) 
Siswa menceritakan tentang budaya di keluarganya (contoh: bahasa ibu, makanan khas, adat tertentu).Membiasakan murid mendengarkan dan menghargai cerita teman.       
 
Diskusi KelompokAnak-anak berdiskusi tentang perbedaan identitas, lalu saling menuliskan hal unik dari teman mereka.

Kita senang sekali berteman kita semua pasti memiliki teman teman-teman kita akan membuat kita bahagia dengan berteman kita dapat bermain bersama dengan gembira dan saling menolong Ayo kenali lebih dekat teman-teman kalian ketahuilah identitas dirinya dan keluarganya agar suasana kelas menjadi lebih menyenangkan

Aku teman dan keluargaku
Kita sebagai manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain Oleh karena itu manusia disebut makhluk sosial. Kita dan orang lain harus hidup berdampingan baik dengan teman di sekolah dengan tetangga di rumah maupun dengan lingkungan masyarakat setiap peserta didik di kelas memiliki budaya masing-masing yang beraneka ragam perbedaan tersebut menunjukkan adanya kekayaan bangsa Indonesia. Para tokoh bangsa seperti Soekarno dan Muhammad Hatta turut serta dalam mempersatukan beragam suku dan budaya dari Sabang sampai Merauke titik bangsa Indonesia memiliki semboyan yaitu bineka Tunggal Ika Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu
 
Kesimpulan pembelajaran hari ini

Unsur rupa bentuk merupakan bagian penting dalam seni rupa yang meliputi garis, warna, tekstur, bentuk, ruang, dan gelap terang. Unsur-unsur ini digunakan untuk menciptakan karya seni yang memiliki keindahan dan makna. Memahami unsur rupa bentuk membantu kita dalam mengembangkan kreativitas dan mengapresiasi karya seni dengan lebih baik.
 
Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari, penting untuk menghargai identitas teman. Setiap individu memiliki latar belakang, budaya, pendapat, dan kepribadian yang berbeda. Menghargai identitas teman berarti menerima perbedaan tersebut dengan sikap terbuka, menghormati hak dan pendapat orang lain, serta menciptakan lingkungan yang inklusif dan harmonis.
 
Dengan memahami unsur rupa bentuk dan belajar menghargai identitas teman, kita tidak hanya menjadi pribadi yang kreatif, tetapi juga menjadi pribadi yang toleran dan menghargai keberagaman.

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar murid sudah mampu memahami nilai tempat bilangan 1 hingga 1000 Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya. 


 

 

Kamis, 24 Juli 2025

Jum'at, 25 Juli 2025


 

 

Hari/Tanggal     : Jum'at, 25 Juli 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Mapel :  Seni Rupa 

Tujuan Pembelajara :  

Murid dapat menjelaskan unsur rupa bentuk
 
Media pembelajaran : LCD, gambar, benda-benda benda
 
Metode pembelajaran : diskusi kelompok 

Mengenal Bentuk 
Selain garis ada bentuk sebagai unsur seni rupa karena bentuk menjadi satu unsur penting pembentuk karya Apa yang dimaksud dengan bentuk Ayo temukan jawaban berikut ini :
 
1. Pengertian bentuk bentuk merupakan gabungan dari bidang-bidang bidang yaitu gabungan dari berbagai garis. Hal ini memiliki dimensi panjang dan lebar. Panjang dan lebar merupakan dua dimensi. Unsur bentuk membuat karya seni rupa terlihat lebih detail. Setelah berwujud bentuk karya seni akan terlihat nyata bentuk mempunyai tiga bidang pada panjang lebar dan tinggi disebut juga tiga dimensi.
 
2. Jenis-jenis bentuk dalam seni rupa ada bentuk-bentuk memiliki fungsi penting untuk memberikan kesan tertentu berikut ini berbagai beberapa jenis bentuk
A. Bentuk kubistik bentuk kubistik yaitu bentuk benda menyerupai kubus atau balok contohnya televisi lemari meja kulkas dan mesin cuci
 
B. Bentuk piramida dan kerucut bentuk piramida yaitu bentuk benda menyerupai limas contohnya piramida di Mesir bentuk kerucut yaitu bentuk benda dengan bagian atas Lancip contohnya kubah dan topi hias
C. Bentuk silindris bentuk silindris yaitu bentuk benda menyerupai tabung atau silinder misalnya gelas ember dan toples
 
 
 
 

D. Bentuk bola atau bulat
Bentuk pola atau bulat yaitu bentuk benda menyerupai bola mana bentuknya bundar dan dalamnya terkesan berisi pejal contohnya bola semangka dan globe
E. Bentuk bebas atau tak beraturan bentuk bebas yaitu bentuk benda yang tidak memiliki keteraturan atau lepas dari bentuk geometris contohnya binatang tas sepatu pakaian dan buah-buahan

 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar murid sudah mampu memahami tentang unsur rupa bentuk dengan benar.  Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya. 

Rabu, 23 Juli 2025

Kamis, 24 Juli 2025

 
 

  

Hari/Tanggal     : Kamis, 24 Juli 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Mapel : Bahasa Indonesia 

Tujuan Pembelajara : 

Menemukan manfaat permainan 

Dalam permainan ada kalah dan menang hal ini melatih sikap sportivitas bacalah cerita berikut ini

Media pembelajaran 

1. Permainan Tradisional atau Sederhana

Misalnya:

  • Lomba balap kelereng

  • Permainan ular tangga

  • Tebak gambar

  • Permainan estafet bola

Alat dan bahan:

  • Kelereng dan sendok

  • Papan ular tangga besar (bisa digambar di karton)

  • Flashcard gambar

  • Bola kecil untuk estafet

    2. Kartu Emosi

    Kartu bergambar ekspresi wajah (senang, kecewa, sedih, bangga, dll). Ini digunakan setelah bermain untuk merefleksikan perasaan ketika menang/kalah.

    3. Video Pendek Animasi

    Video animasi singkat tentang dua anak yang bermain dan mengalami menang/kalah, lalu berdiskusi dan tetap berteman

    Metode Pembelajaran

    1. Bermain Langsung (Learning by Doing)

    • Guru mengajak siswa bermain permainan sederhana yang memiliki unsur menang dan kalah.

    • Setelah permainan, guru mengajak siswa merefleksikan:

      • Apa yang dirasakan ketika menang?

      • Apa yang dirasakan ketika kalah?

      • Apa yang harus dilakukan kalau menang? Kalau kalah?

                     
    Bermain lompat tali
    Jera merah dan Lili main bersama mereka bermain lompat tali jarak gantian dengan teman lain kata Lily tidak aku masih mau main kata juragan Jera kata Mera setelah dibujuk jera mau bergiliran giliran era dan Lili bermain keduanya bermain lama jarak kesal dan marah jarak pergi meninggalkan permainan teman-temannya pun terkejut jarak Kamu kenapa kata Nera Aku tidak
     suka kalian kalian curang kata jera aku dan diri tidak curang jarang bermain itu adalah kalah dan menang kata nera. 
     
    Literasi ku 
     
    Mapel : Ipas

    Tujuan Pembelajara :

    Siswa dapat menjelaskan bagian bagaian dasar panca indera 
    Media pembelajaran : anggota tubuh, gambar, video 

    Metode pembelajaran : diskusi kelompok 
    Bentuk mata mata berbentuk seperti bola mata manusia berjumlah dua mata terdiri atas beberapa bagian  perhatikan bagian-bagian mata berikut ini
     

    2. Fungsi mata 
    Fungsi utama mata adalah untuk melihat akan tetapi ada fungsi yang lain seperti untuk menjaga keseimbangan mempelajari berbagai hal juga sebagai alat komunikasi

    3. Menjaga kesehatan mata Amati gambar berikut :
    Tidak melihat buku TV dan handphone sambil tiduran
    Memakai kacamata di luar

    Literasi ku 
    1  Apa fungsi mata selain untuk melihat

    2. Sebutkan bagian mata yang kamu ketahui

    Gambar telinga 

    Mendengarkan musik suatu hal yang asik ada yang suka musik dangdut juga ada yang suka musik pop kita mendengar musik dengan Indra pendengar Indra pendengar manusia adalah telinga telinga mampu mendengar berbagai macam suara namun tidak semua suara dapat didengar telinga mampu mendengar suara dengan frekuensi tertentu yaitu frekuensi antara 20 sampai 20.000 Hz
    Bentuk telinga telinga bentuknya unik ada bentuk daun lingkar dan lubang telinga terdiri atas tiga bagian bagian luar Tengah dan dalam Ayo Amati gambar bentuk telinga berikut
    Ada daun telinga lubang telinga dan gendang telinga di dalam telinga
    Daun telinga berfungsi untuk menangkap suara lubang telinga berfungsi untuk meneruskan suara ke gendang telinga sedangkan gendang telinga berfungsi untuk menerima getaran suara
    Fungsi telinga fungsi utama telinga yaitu untuk mendengar selain mendengar ada fungsi lainnya yakni bekerja sama dengan mata dan otak untuk menjaga keseimbangan tubuh manusia
    Menjaga kesehatan telinga kita harus menjaga telinga agar telinga selalu sehat Ayo kita membersihkan telinga dengan baik dan benar perhatikan gambar-gambar berikut. 
     
    Gambar kalender pembersih telinga . 

    Literasiku 
    1 kelelawar adalah hewan dengan pendengar yang hebat kelelawar dapat mendengar suara di atas 20.000 Hz jika kelereng mendengar suara Apakah manusia mampu mendengarnya juga? 

    2.Telinga memiliki beberapa bagian di dalamnya Di mana letak gendang telinga jelaskan fungsinya? 
     

    REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

    Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar murid sudah mampu memahami tentang  jenis permainan Sublak sublak suweng dan menyebutkan lima panca indra manusia serta fungsinya dengan benar.  Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya. 

     

     

     

 

Kamis, 31 Juli 2025

      Hari/Tanggal     : Kamis, 31 Juli 202 5     Good morning my students....   Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, ...