Senin, 15 September 2025

Selasa, 16 September 2025

  

  

Hari/Tanggal     : Selasa, 16 September 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

  

📘 Materi IPAS   

Topik: Mengenal Provinsi Tempat Tinggalku

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik dapat:

  1. Menyebutkan nama provinsi tempat tinggalnya.

  2. Mengenal lambang, rumah adat, pakaian adat, dan lagu daerah dari provinsinya.

  3. Mengidentifikasi ciri khas alam dan budaya di provinsi tempat tinggalnya.

  4. Menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap daerah asal.


B. Materi Pembelajaran

1. Apa itu Provinsi?

Provinsi adalah wilayah yang dipimpin oleh seorang Gubernur. Indonesia memiliki banyak provinsi, dan setiap provinsi memiliki keunikan sendiri.

2. Provinsiku

  • Nama provinsiku: (isi sesuai daerah masing-masing, misalnya: Lampung)

  • Ibu kota provinsi: (contoh: Bandar Lampung)

  • Pemimpin daerah: Gubernur

3. Identitas Provinsiku

  • Lambang daerah: (contoh: Sai Bumi Ruwa Jurai untuk Lampung)

  • Rumah adat: (contoh: Nuwou Sesat)

  • Pakaian adat: (contoh: Tulang Bawang untuk pria, Tapis untuk wanita)

  • Tarian daerah: (contoh: Tari Sigeh Pengunten)

  • Lagu daerah: (contoh: Cangget Agung)

4. Keindahan Alam dan Kekayaan Provinsiku

  • Provinsiku memiliki keindahan alam seperti gunung, pantai, hutan, dan danau.

  • Ada makanan khas yang menjadi kebanggaan daerah.

  • Ada hewan dan tumbuhan khas yang tumbuh subur di wilayahku.

5. Pentingnya Mencintai Daerah

  • Menjaga lingkungan alam di provinsi tempat tinggal.

  • Melestarikan budaya daerah.

  • Bangga mengenalkan daerah kita kepada orang lain.


C. Aktivitas Siswa

  1. Diskusi Kelas: Sebutkan nama provinsimu dan apa yang paling kamu banggakan dari daerahmu.

  2. Tugas Kelompok: Buat poster sederhana tentang identitas provinsimu (lambang, rumah adat, pakaian adat, tarian, lagu).

  3. Tugas Individu: Ceritakan di depan kelas makanan khas yang ada di provinsimu.


D. Refleksi

  • Apa nama provinsiku?

  • Apa yang membuatku bangga tinggal di sini?

  • Bagaimana caraku menjaga budaya dan alam di daerahku?

      

Pilihan Ganda (PG)

  1. Indonesia terbagi menjadi beberapa bagian yang disebut ….
    a. Kabupaten
    b. Kota
    c. Provinsi
    d. Desa
     

  2. Ibu kota Provinsi Lampung adalah ….
    a. Palembang
    b. Bandar Lampung
    c. Medan
    d. Jakarta
     

  3. Setiap provinsi memiliki … yang menjadi simbol daerahnya.
    a. Lagu daerah
    b. Pakaian adat
    c. Rumah adat
    d. Semua jawaban benar
     

  4. Provinsi yang berada di pulau Jawa adalah ….
    a. Kalimantan Barat
    b. Jawa Tengah
    c. Aceh
    d. Bali
     

  5. Pemimpin suatu provinsi disebut ….
    a. Presiden
    b. Gubernur
    c. Bupati
    d. Lurah
     

    Jawaban: 

    1. c. Provinsi 

    2.  b. Bandar Lampung

    3.  d. Semua jawaban benar

    4. b. Jawa Tengah 

    5.  b. Gubernur


📌 Isian Singkat

  1. Negara Indonesia terdiri dari banyak pulau dan dibagi menjadi beberapa ….
     

  2. Lagu daerah dari provinsi Sumatra Barat yang terkenal adalah “…. di Minang.”
     

  3. Provinsi Jawa Barat memiliki ibu kota di kota ….
     

  4. Rumah adat dari Provinsi Papua disebut Rumah ….
     

  5. Lambang atau gambar resmi dari suatu provinsi disebut ….
     

 

Jawaban: 

1. c. Provinsi 

2.  b. Bandar Lampung

3.  d. Semua jawaban benar

4. b. Jawa Tengah 

5.  b. Gubernur

 

1. provinsi 

2. Ayam Den Lapeh 

3. Bandung

4.  Honai

5. Lambang daerah / Lambang provinsi 
 
 
 
Mapel Seni Rupa
                      
Tujuan pembelajaran : 
Menyusun ide cerita ke dalam bentuk gambar dengan ekspresi kreatif. 
Membuat gambar cerita berdasarkan pengalaman atau imajinasi.

Media Pembelajaran

  • Contoh gambar cerita (buku gambar, majalah anak, atau tayangan slide)

  • Kertas gambar (A4 atau A3)

  • Alat menggambar : pensil, penghapus, krayon/spidol/pensil warna

     

    Metode Pembelajaran

Jumat, 12 September 2025

Senin, 15 September 2025

  

   

Hari/Tanggal     : Senin, 15 September 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Mapel : Matematika 

Tujuan pembelajaran :  murid dapat melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah melaui soal cerita 

Media pembelajaran : 

PowerPoint / Video Animasi

  • Menampilkan cerita bergambar atau video sederhana yang menggambarkan aktivitas belanja.

  • Bisa digunakan untuk menjelaskan konsep secara menarik.

 Metode pembelajaran : Media Diskusi Kelompok Kecil

  • Siswa menyelesaikan soal cerita secara berkelompok.

  • Mendorong kerja sama dan pemahaman bersama.

3. Problem Based Learning (PBL)

  • Guru menyajikan masalah nyata (misalnya "Bagaimana cara Rani membelanjakan Rp20.000 agar cukup membeli dua barang?")

  • Siswa mencari solusi melalui diskusi

Latihan soal 
1.Ibu memberi Dina uang sebesar Rp10.000 untuk membeli jajanan di sekolah. Saat di sekolah, Dina juga diberi uang jajan tambahan oleh ayahnya sebesar Rp5.000.

Berapa jumlah uang yang dimiliki Dina sekarang?

2.Andi membeli sebuah buku tulis seharga Rp7.000 dan sebuah pensil seharga Rp3.000.
Berapa total uang yang dikeluarkan Andi untuk belanja?

3.Rina membeli es krim seharga Rp6.500 dan membeli roti seharga Rp4.000.
Berapa jumlah uang yang Rina keluarkan?

4.Budi membawa uang Rp15.000 ke warung. Ia membeli susu seharga Rp8.000 dan biskuit seharga Rp6.000.
Berapa total uang yang dibelanjakan Budi?

5.Tina ingin membeli alat tulis. Ia membeli penghapus seharga Rp2.500 dan pensil warna seharga Rp10.000.
Berapa jumlah uang yang dibelanjakan Tina?

6.Doni membawa uang Rp20.000 ke sekolah. Ia membeli minuman seharga Rp8.000.
Berapa sisa uang Doni sekarang?

7.Siska memiliki uang Rp15.000. Ia membeli satu pensil seharga Rp5.500.
Berapa uang Siska yang tersisa?

8.Ibu memberikan uang Rp25.000 kepada Riko. Ia membeli mainan seharga Rp17.000.
Berapa sisa uang Riko setelah membeli mainan?

9.Rani membawa uang Rp10.000 ke kantin. Ia membeli donat seharga Rp3.500.
Berapa sisa uang Rani?

10.Andra memiliki uang Rp50.000. Ia membeli buku cerita seharga Rp32.000.
Berapa sisa uang Andra setelah membeli buku?

 

Pendidikan pancasila 
 
Tujuan pembelajaran : 
Mengidentifikasi hak-hak anak di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

Media pembelajaran : Video pendek tentang kegiatan anak yang melaksanakan hak dan kewajiban.
Lembar kerja siswa (LKS) untuk mengisi tabel hak dan kewajiban.

Metode pembelajaran : Diskusi kelompok kecil
→ Siswa dikelompokkan untuk membahas hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.


📌 Pengertian Hak dan Kewajiban

  • Hak adalah sesuatu yang boleh kita terima atau dapatkan.

    Contoh: mendapatkan kasih sayang, makan, bermain, dan belajar.

  • Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan dengan tanggung jawab.

    Contoh: membantu orang tua, belajar dengan rajin, dan menjaga kebersihan.


🏠 Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

Hak Anak di Rumah:

  • Mendapat kasih sayang dari orang tua.

  • Mendapat makanan yang sehat.

  • Mendapat tempat tinggal yang aman.

  • Bermain dan beristirahat.

 

Kewajiban Anak di Rumah:

  • Membantu orang tua sesuai kemampuan.

  • Merapikan tempat tidur sendiri.

  • Menghormati orang tua dan anggota keluarga.

  • Menjaga kebersihan rumah.              

     

    🏫 Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah

Hak Anak di Sekolah:

  • Mendapat pelajaran dari guru.

  • Menggunakan fasilitas sekolah (kelas, perpustakaan, toilet, dll).

  • Bertanya kepada guru jika tidak paham.

  • Bermain saat jam istirahat.

Kewajiban Anak di Sekolah:

  • Belajar dengan rajin.

  • Menghormati guru dan teman.

  • Menaati peraturan sekolah.

  • Menjaga kebersihan dan fasilitas sekolah.

     

    🏘️ Hak dan Kewajiban Anak di Masyarakat

Hak Anak di Masyarakat:

  • Bermain dengan teman di lingkungan sekitar.

  • Mendapat perlindungan dari orang dewasa.

  • Ikut kegiatan sosial (seperti gotong royong anak-anak).

  • Hidup di lingkungan yang aman dan sehat.

Kewajiban Anak di Masyarakat:

  • Menjaga ketertiban dan tidak membuat keributan.

  • Membantu tetangga jika diperlukan.

  • Tidak membuang sampah sembarangan.

  • Menghargai orang lain di lingkungan sekitar.

Hak dan kewajiban harus dijalankan secara seimbang.
Jika kita ingin mendapatkan hak, kita juga harus melaksanakan kewajiban dengan baik.
Dengan begitu, kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat akan menjadi aman, nyaman, dan harmonis. 

 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa hampir semua murid mampu 
melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah melalui soal cerita.
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya 

Kamis, 11 September 2025

Jum'at, 12 September 2025

  

 

Hari/Tanggal     : Jum'at, 12 September 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.


Mapel : Matematika

Tujuan Pembelajara : 

Tujuan Pembelajaran : Pelaksanaan Sumatif Harian 2
 
Media pembelajaran : LCD, soal Sumatif matematika harian 2
 
Metode pembelajaran : Mengerjakan soal secara mandiri 
  
Materi Sumatif :
-Penjumlahan bilangan 1 - 1000 dengan cara bersusun pendek tanpa menyimpan
-Menjumlahkan bilangan cacah 1 - 1.000 dengan cara bersusun pendek teknik menyimpan
- Mengurangkan bilangan cacah 1 - 1000 dengan cara bersusun pendek tanpa meminjam. 
Mengurangkan bilangan cacah 1 - 1000 dengan cara bersusun pendek dan panjang teknik meminjam.  
 
 
Mapel : PAK 
Materi Pendidikan Anti Korupsi  

Materi : Jujur Itu Hebat!


Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat :

  1. Menyebutkan contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

  2. Menyadari bahwa berbuat jujur itu baik dan harus dilakukan.

  3. Mengetahui bahwa korupsi adalah perbuatan yang tidak jujur dan merugikan orang lain.                          

     

    Pengertian Jujur

  • Jujur adalah berkata dan berbuat sesuai kenyataan.

  • Korupsi adalah mengambil sesuatu (uang, barang, waktu) yang bukan miliknya, biasanya secara diam-diam atau bohong.       

     

    Contoh Perilaku Jujur

  • Mengakui kesalahan kepada guru atau orang tua.

  • Tidak mencontek saat ulangan.

  • Mengembalikan barang yang bukan miliknya.

  • Membayar jajan dengan uang yang pas, tidak curang.

  • Tidak berbohong kepada teman atau guru.                                                     

     

    Contoh Perilaku Tidak Jujur (Bentuk Korupsi Kecil)

  • Berbohong saat tidak mengerjakan PR.

  • Mengambil kembalian lebih saat membeli jajanan.

  • Mencontek teman saat ulangan.

  • Mengambil barang teman tanpa izin.

  • Mengaku mendapat nilai tinggi padahal tidak.                                      

     

    Aktivitas / Diskusi Kelas

Tanya jawab ringan:

  1. Apa yang kamu lakukan jika melihat temanmu mencontek?

  2. Bagaimana perasaanmu jika ada teman yang berbohong padamu?

  3. Apa akibatnya jika semua orang tidak jujur?                                             

     

    Cerita Pendek: “Uang di Jalan”

Suatu hari, Rani menemukan uang lima ribu di jalan sekolah. Ia bisa saja mengambilnya untuk jajan. Tapi ia memilih menyerahkan uang itu ke guru. Gurunya pun memuji Rani karena jujur. Beberapa menit kemudian, teman Rani yang kehilangan uang itu datang dan berterima kasih.

 

Pelajaran: Kejujuran membuat kita disukai dan dipercaya orang lain.                     

Latihan Soal Sederhana

  1. Apa arti jujur?

  2. Sebutkan dua contoh perbuatan jujur!

  3. Apa yang terjadi jika seseorang berbohong?

  4. Mencontek saat ulangan termasuk jujur atau tidak? Jelaskan!

  5. Mengapa kita harus bersikap jujur? 

     

    Nilai-nilai Pendidikan Anti Korupsi untuk Anak

  1. Kejujuran

  2. Tanggung jawab

  3. Disiplin

  4. Peduli

  5. Berani mengatakan benar atau salah

 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa hampir semua murid mampu 
mengerjakan soal Sumatif matematika harian 2 secara mandiri.
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.     

 

 

Rabu, 10 September 2025

Kamis, 11 September 2025

  

 

Hari/Tanggal     : Kamis, 11 September 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

📘 Materi IPAS   

Topik: Mengenal Provinsi Tempat Tinggalku

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik dapat:

  1. Menyebutkan nama provinsi tempat tinggalnya.

  2. Mengenal lambang, rumah adat, pakaian adat, dan lagu daerah dari provinsinya.

  3. Mengidentifikasi ciri khas alam dan budaya di provinsi tempat tinggalnya.

  4. Menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap daerah asal.


B. Materi Pembelajaran

1. Apa itu Provinsi?

Provinsi adalah wilayah yang dipimpin oleh seorang Gubernur. Indonesia memiliki banyak provinsi, dan setiap provinsi memiliki keunikan sendiri.

2. Provinsiku

  • Nama provinsiku: (isi sesuai daerah masing-masing, misalnya: Lampung)

  • Ibu kota provinsi: (contoh: Bandar Lampung)

  • Pemimpin daerah: Gubernur

3. Identitas Provinsiku

  • Lambang daerah: (contoh: Sai Bumi Ruwa Jurai untuk Lampung)

  • Rumah adat: (contoh: Nuwou Sesat)

  • Pakaian adat: (contoh: Tulang Bawang untuk pria, Tapis untuk wanita)

  • Tarian daerah: (contoh: Tari Sigeh Pengunten)

  • Lagu daerah: (contoh: Cangget Agung)

4. Keindahan Alam dan Kekayaan Provinsiku

  • Provinsiku memiliki keindahan alam seperti gunung, pantai, hutan, dan danau.

  • Ada makanan khas yang menjadi kebanggaan daerah.

  • Ada hewan dan tumbuhan khas yang tumbuh subur di wilayahku.

5. Pentingnya Mencintai Daerah

  • Menjaga lingkungan alam di provinsi tempat tinggal.

  • Melestarikan budaya daerah.

  • Bangga mengenalkan daerah kita kepada orang lain.


C. Aktivitas Siswa

  1. Diskusi Kelas: Sebutkan nama provinsimu dan apa yang paling kamu banggakan dari daerahmu.

  2. Tugas Kelompok: Buat poster sederhana tentang identitas provinsimu (lambang, rumah adat, pakaian adat, tarian, lagu).

  3. Tugas Individu: Ceritakan di depan kelas makanan khas yang ada di provinsimu.


D. Refleksi

  • Apa nama provinsiku?

  • Apa yang membuatku bangga tinggal di sini?

  • Bagaimana caraku menjaga budaya dan alam di daerahku?

      

Pilihan Ganda (PG)

  1. Indonesia terbagi menjadi beberapa bagian yang disebut ….
    a. Kabupaten
    b. Kota
    c. Provinsi
    d. Desa
     

  2. Ibu kota Provinsi Lampung adalah ….
    a. Palembang
    b. Bandar Lampung
    c. Medan
    d. Jakarta
     

  3. Setiap provinsi memiliki … yang menjadi simbol daerahnya.
    a. Lagu daerah
    b. Pakaian adat
    c. Rumah adat
    d. Semua jawaban benar
     

  4. Provinsi yang berada di pulau Jawa adalah ….
    a. Kalimantan Barat
    b. Jawa Tengah
    c. Aceh
    d. Bali
     

  5. Pemimpin suatu provinsi disebut ….
    a. Presiden
    b. Gubernur
    c. Bupati
    d. Lurah
     

    Jawaban: 

    1. c. Provinsi 

    2.  b. Bandar Lampung

    3.  d. Semua jawaban benar

    4. b. Jawa Tengah 

    5.  b. Gubernur


📌 Isian Singkat

  1. Negara Indonesia terdiri dari banyak pulau dan dibagi menjadi beberapa ….
     

  2. Lagu daerah dari provinsi Sumatra Barat yang terkenal adalah “…. di Minang.”
     

  3. Provinsi Jawa Barat memiliki ibu kota di kota ….
     

  4. Rumah adat dari Provinsi Papua disebut Rumah ….
     

  5. Lambang atau gambar resmi dari suatu provinsi disebut ….
     

 

Jawaban: 

1. c. Provinsi 

2.  b. Bandar Lampung

3.  d. Semua jawaban benar

4. b. Jawa Tengah 

5.  b. Gubernur

 

1. provinsi 

2. Ayam Den Lapeh 

3. Bandung

4.  Honai

5. Lambang daerah / Lambang provinsi 
 
 
 
Mapel : seni rupa
  
Tujuan pembelajaran : murid dapat menjelaskan gambar cerita 
 
Media pembelajaran : 
  1. Buku Cerita Bergambar:
    Gabungkan teks naratif dengan ilustrasi yang menarik untuk membantu siswa memahami cerita dan konsep abstrak secara menyenangkan. 2. Komik Edukatif:
  2. Buat komik dengan panel-panel gambar yang menggambarkan aksi dan dialog karakter untuk menyampaikan informasi secara visual dan interaktif. 

Metode pembelajaran : Metode Picture and Picture
: Guru menyajikan beberapa gambar yang berkaitan dengan materi, kemudian siswa diminta mengurutkan gambar tersebut secara berurutan untuk memahami konsepnya. 

Mengenal gambar cerita 
Gambar cerita merupakan gambar yang menceritakan tentang sesuatu kisah atau cerita cerita tersebut telah disusun sesuai dengan tokoh, alur, setting maupun Amanat atau pesan cerita. 

1. Fungsi gambar cerita
Gambar cerita memiliki beberapa fungsi diantaranya seperti berikut
A. Lebih mudah dalam memahami cerita 
B memberikan kesan yang berbeda 
C memiliki seni visual bagi para pembaca 
D membangkitkan emosi para pembaca
 
2. Ciri-ciri ciri gambar cerita 
Terdapat beberapa ciri-ciri gambar cerita antara lain sebagai berikut
a. Gambar lebih dominan
Membuat gambar cerita Sebenarnya cukup mudah karena tidak perlu memikirkan kata-kata panjang. gambar cerita lebih banyak menampilkan gambar daripada teks yang ditampilkan harus ringkas padat dan jelas.
 
b. Gambar menceritakan suatu peristiwa
Gambar harus menciptakan runtutan peristiwa dengan baik dengan teks yang singkat kamu harus dapat menyampaikan pesan tersebut lewat gambar 
 
C. Bahasa mudah dipahami
Penggunaan dalam gambar cerita harus mudah dipahami paling mudah menggunakan kosakata percakapan sehari-hari kamu juga dapat menyisipkan dialog dengan balon kata agar lebih menarik

3. Jenis gambar cerita berikut beberapa jenis gambar cerita yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari

 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa hampir semua murid mampu 
memahami dan menyebutkan nama provinsi tempat tinggalnya.
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.     

 

Selasa, 16 September 2025

        Hari/Tanggal     : Selasa, 16 September 202 5     Good morning my students....   Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu ...