Selasa, 29 Juli 2025

Rabu, 30 Juli 2025

  

  

Hari/Tanggal     : Rabu, 30 Juli 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Mapel :  Bahasa Indonesia

Tujuan Pembelajara :

Menyebutkan macam-macam tanda baca dalam bahasa Indonesia dengan benar.Menjelaskan fungsi dari masing-masing tanda baca seperti titik (.), koma (,), tanda tanya (?), tanda seru (!), dan tanda petik (" ").Menggunakan tanda baca yang sesuai dalam kalimat sederhana.

Media Pembelajaran

  • Media Visual:

    • Poster/gambar tanda baca beserta fungsinya

    • Slide PowerPoint atau presentasi digital

    • Lembar kerja siswa (LKS)

Metode Pembelajaran

  • Ceramah interaktif:
    Guru menjelaskan macam-macam tanda baca dan fungsinya dengan diselingi tanya jawab.

  • Diskusi kelompok:
    Siswa dibagi menjadi kelompok kecil untuk mendiskusikan penggunaan tanda baca pada kalimat yang diberikan.

📚 Macam-Macam Tanda Baca dan Contoh Kalimat

1. Tanda Titik (.)

Fungsi: Mengakhiri kalimat pernyataan.

Contoh:

  • Saya pergi ke pasar pagi tadi.

  • Ibu sedang memasak di dapur.


Tanda Koma (,)

Fungsi:

  • Memisahkan unsur dalam daftar.

  • Memisahkan anak kalimat dari induk kalimat.

Contoh:

  • Saya membeli apel, jeruk, mangga, dan pisang.

  • Jika hujan turun, saya akan membawa payung.

     

    Tanda Tanya (?)

    Fungsi: Mengakhiri kalimat tanya.

    Contoh:

  • Siapa nama kamu?

  • Kamu sudah makan?

 

Tanda Seru (!)

Fungsi: Mengungkapkan perintah, ajakan, atau emosi kuat.

Contoh:

  • Ayo kita pergi sekarang!

  • Hati-hati di jalan!

  • Wah, indah sekali pemandangannya!

     

    Tanda Titik Dua (:)

    Fungsi:

  • Menjelaskan perincian atau daftar setelahnya.

  • Menyatakan penjelasan atau kutipan langsung.

Contoh:

  • Bawalah barang berikut: buku, pensil, dan penghapus.

  • Guru berkata: “Belajarlah dengan giat!”

     

    Tanda Petik Dua (" ")

    Fungsi: Menandai kutipan langsung atau judul.

    Contoh:

  • Ibu berkata, "Jangan lupa sarapan."

  • Saya suka membaca buku “Laskar Pelangi."

Latihan Soal Tanda Baca – Kelas 3 SD

Soal 1:
Pilih kalimat yang menggunakan tanda titik (.) dengan benar!
A. Ibu membeli sayur di pasar?
B. Kakak menyapu halaman rumah.
C. Ayo kita bermain bola!
D. Siapa nama temanmu

Soal 2:

Lengkapi kalimat berikut dengan tanda baca yang tepat:
Andi, Rina ___ Siska belajar bersama di perpustakaan.
A. .
B. ,
C. !
D. ?

Soal 3:

Manakah kalimat yang menggunakan tanda seru (!) dengan benar?
A. Jangan berlari di lorong sekolah!
B. Apakah kamu membawa buku?
C. Ayah pergi ke kantor.
D. Budi suka membaca

Soal 4:

Perbaiki kalimat berikut dengan tanda baca yang tepat:
Siapa nama guru kelasmu
A. Siapa nama guru kelasmu?
B. Siapa nama guru kelasmu.
C. Siapa nama guru kelasmu!
D. Siapa nama guru kelasmu,

Soal 5:

Pilih kalimat yang menggunakan tanda koma (,) dengan benar!
A. Aku suka apel jeruk pisang dan anggur.
B. Aku suka apel, jeruk, pisang, dan anggur.
C. Aku suka apel jeruk, pisang dan anggur.
D. Aku suka apel jeruk pisang dan anggur!

Soal 6:

Lengkapi kalimat seruan ini dengan tanda baca yang tepat:
Wah, cantiknya bunga itu ___
A. .
B. ?
C. !
D. ,        

Soal 7:

Manakah kalimat tanya berikut ini yang benar?
A. Kamu sudah makan siang.
B. Apakah kamu sudah makan siang
C. Apakah kamu sudah makan siang?
D. Apakah kamu sudah makan siang!     Soal 8:

Kalimat berikut ini perlu tanda baca apa?
Ayo kita berangkat ke sekolah
A. Tanda titik (.)
B. Tanda koma (,)
C. Tanda seru (!)
D. Tanda tanya (?)

C. Permainan yang Disukai
Ada permainan yang kamu sukai ada pula permainan yang tidak kamu sukai kamu tentu punya alasan yang tepat
 Amati gambar berikut : 
 
 Adakah permainan yang kamu sukai lengkapi kalimat berikut catat di bukumu

Aku suka bermain ...

.karena......... 

Aku tidak suka bermain .......karena..... 

Mapel : Pendidikan Pancasila 
 
Tujuan pembelajaran :

Mengapa kita harus mengenal daerah tempat tinggal ?
 
a. Tidak tersesat saat pulang ketika berpergian Kamu tidak akan tersesat saat pulang asal kamu mengenali daerah tempat tinggal berbekal mengenali daerah tempat tinggal kamu akan mudah menemukan jalan pulang.
 
b. Menghindari kecemasan orang tua sebelum bepergian kamu hendaknya berpamitan kamu sebaiknya menjelaskan tujuan yang akan kamu datangi dan jam pulang mu kamu juga meyakinkan kalau kamu sudah mengenali daerah tempat tinggal dengan demikian orang tua mencemaskanmu karena kamu sudah tahu jalan pulang. 
 
c. sebagai Informasi pribadi yang dibutuhkan pada saat tertentu jika ada masalah penting misalnya kebakaran banjir dan kecelakaan kamu akan mudah memberitahu keberadaan kepada pihak yang berwenang membantu mengatasi permasalahan tersebut itulah pentingnya mengenal daerah tempat tinggal. 
 
5. Untuk mengenali lingkungan kita perlu belajar tentang denah kita perlu belajar membaca denah namun sebelum belajar membaca denah kita harus bisa memakai Kompas atau mata angin :
a tompas merupakan alat untuk mengetahui arah mata angin ada 8 arah mata angin timur tenggara selatan barat daya barat barat laut utara timur laut dalam denah arah utara selalu menghadap ke atas
 

b. Denah adalah gambar yang menunjukkan suatu lokasi biasanya dengan menggambarkan letak bangunan maupun isi di dalam bangunan misal denah rumah dan rumah sekolah denah Perumahan dan fungsinya sebagai Demang adalah versi peta untuk menunjukkan posisi atau lokasi suatu tempat Manfaat benda adalah memudahkan kita memahami lokasi yang ada dengan begitu memudahkan kita saat mencari suatu lokasi perhatikan contoh denah berikut.
 

6. Menerapkan kerjasama demi keutuhan NKRI kerjasama merupakan kegiatan yang dilakukan bersama-sama dalam kerjasama terkandung nilai kebersamaan nilai persatuan saling menghargai saling menghormati dan saling membantu kerjasama merupakan sikap baik yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari perhatikan contoh kerjasama berikut ini. 
 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar murid sudah mampu memahami macam-macam tanda baca dan fungsinya, serta 8 arah mata angin.  
 
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamis, 31 Juli 2025

      Hari/Tanggal     : Kamis, 31 Juli 202 5     Good morning my students....   Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, ...