Selasa, 22 Juli 2025

Rabu, 23 Juli 2025

 
 

  

Hari/Tanggal     : Rabu, 23 Juli 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Tujuan Pembelajaran

Bahasa Indonesia  : 
Siswa dapat memahami dan mengikuti instruksi guru
Siswa dapat menemukan dan mengelompokan gambar benda
 
Media pembelajaran :
a. Kursi Anak
  • Jumlah kursi: total peserta  

  • Pilih kursi yang kokoh, ringan, dan aman untuk anak.

 b. Musik atau Lagu Anak-anak

  • Gunakan speaker portabel atau HP untuk memutar lagu ceria (bisa lagu anak, lagu daerah, atau lagu instrumen).


Metode pembelajaran : 
 
Persiapan: Susun kursi melingkar (jumlah kursi satu lebih sedikit dari jumlah anak). 
 
Penjelasan Aturan: Guru menjelaskan cara bermain dan aturan secara singkat dan jelas.
 
Pelaksanaan: Anak-anak berjalan atau menari mengelilingi kursi saat musik dimainkan.

A. Mengenal jenis permainan.
Selain gobak sodor ada goyang kursi ayo main goyang kursi lihat video dan gambar
  
 
Siapkan kursi jumlah kursi lebih sedikit dari pemain nyanyikan lagu anak bernyanyilah sampai mengelilingi kursi saat lagu Berhenti pemain harus berebut kursi pemain yang tidak mendapatkan kursi berarti kalah. 

Bacalah dengan cermat 
Main goyang kursi 
Ayo nyanyi dan berputar ajak Hani, semua nyanyi dan berputar tepuk tangan dan tetap fokus, lagu selesai dinyanyikan semua ambil ancang-ancang segera berebut kursi hap Hore teriak Rindu dapat kursi, Aduh aku gagal teriak Salman sedih ancang-ancang Salman meleset Salman tidak dapat kursi, Jangan sedih Salman, kursiku untukmu canda Fathan akhirnya Salman  tertawa. 

Latihan jawablah pertanyaan berikut :
1.  Bagaimana perasaan Edo ketika gagal 
2.  Mengapa Edo yang sedih akhirnya tertawa
3.  lengkapi kalimat berikut Pilihlah kata-kata yang tepat 
fokus ancang-ancang meleset
 
 
Mapel : pendidikan Pancasila
  
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menghargai identitas diri, teman dan keluarga sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama yang di akui dan kepercayaan yang dilindungi negara. 
Media pembelajaran : 

Metode pembelajaran : 

A. Aku  keluargaku dan temanku
Aku anak Indonesia teman-temanku juga anak Indonesia kami tinggal di wilayah Indonesia walaupun kami berasal dari keluarga yang berbeda suku bangsa dan berbeda dan memiliki budaya yang berbeda negara Indonesia memiliki wilayah yang luas Selain itu negara Indonesia kaya akan keberagaman suku bangsa setiap suku bangsa di Indonesia memiliki budaya yang khas dan unik seperti pakaian adat daerah yang digunakan anak-anak pada gambar pakaian adat tersebut merupakan identitas yang memiliki bangsa Indonesia bagaimana dengan identitas orang-orang sekitarmu Apa kamu sudah mengetahuinya Ayo simak penjelasan berikut Setiap orang mempunyai identitas kata identitas berasal dari identity yang berarti ciri-ciri tanda-tanda atau jati diri identitas melekat pada seseorang atau sesuatu yang membedakannya dengan yang lain identitas merupakan suatu hal yang penting dimiliki oleh setiap individu keberagaman identitas ada di masyarakat keberagaman mobilitas dapat dibedakan menjadi dua yaitu keberagaman intensitas individu dan keberagaman identitas sosial atau masyarakat identitas seseorang meliputi identitas diri dan identitas sosial contoh identitas diri adalah ciri fisik minat hobi dan perilaku identitas dari diperoleh sejak lahir namun identitas ini dapat juga berasal dari diri sendiri atau diperoleh dari interaksi dengan lingkungan sekitar misalnya pada hobi dan perilaku sementara itu contoh identitas sosial adalah agama Suku bangsa kelas sosial identitas sosial seseorang biasanya diperoleh sejak lahir karena menurun dari orang tuanya. 

Mapel : Ipas

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menyebutkan lima panca indra manusia dengan benar.

  2. Menjelaskan fungsi masing-masing panca indra (mata, telinga, hidung, lidah, kulit).             

    Media Pembelajaran

  1. Gambar/Poster panca indra manusia beserta fungsinya.

  2. Video edukatif pendek tentang cara kerja dan peran masing-masing indra.

  3. Boneka anatomi atau model tubuh manusia sederhana (jika tersedia).

  4. Flashcard dengan gambar indra dan fungsinya.

  5. Benda-benda nyata (misalnya: kapas beraroma, makanan ringan, benda kasar/halus) untuk stimulasi panca indra.     

    Metode Pembelajaran

  1. Ceramah interaktif:
    Guru menjelaskan tentang 5 panca indra dan fungsinya dengan bantuan gambar/video.

  2. Tanya jawab:
    Melatih daya ingat dan pemahaman siswa melalui pertanyaan seputar materi.

  3. Demonstrasi:
    Guru menunjukkan benda atau situasi untuk merangsang indra tertentu (misalnya mencium wangi bunga → fungsi hidung).

  4. Diskusi kelompok kecil:
    Siswa mendiskusikan contoh penggunaan panca indra dalam kehidupan sehari-hari.

  5. Bermain peran atau simulasi:
    Siswa bermain tebak indra dengan menutup mata dan menebak benda berdasarkan sentuhan, suara, atau aroma.

Materi : 
Panca indera adalah lima alat tubuh yang berfungsi untuk menerima rangsangan dari lingkungan sekitar, yaitu mata (penglihatan), telinga (pendengaran), hidung (penciuman), lidah (pengecap), dan kulit (peraba)Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai masing-masing panca indera:
 
 1. Mata (Indra Penglihatan):
 
 Fungsi: Melihat berbagai bentuk, warna, dan ukuran benda di sekitar.
 
Cara kerja: Mata menerima cahaya dari objek, kemudian cahaya tersebut diteruskan ke otak untuk diolah menjadi gambar
 
 2. Telinga (Indra Pendengaran):
 Fungsi: Mendengar berbagai macam suara, seperti bunyi musik, suara orang  berbicara, dan suara lainnya.
 
Cara kerja: Telinga menangkap gelombang suara, kemudian gelombang tersebut diteruskan ke otak untuk diolah menjadi suara yang dapat dikenali.
 
3. Hidung (Indra Penciuman)
Fungsi: Mencium berbagai macam bau, seperti bau makanan, bau parfum, dan bau lainnya.
Cara kerja: Hidung mendeteksi partikel bau yang ada di udara, kemudian partikel tersebut diteruskan ke otak untuk diolah menjadi bau yang dapat dikenali.
 
4. Lidah (Indra Pengecap)
Fungsi: Mengecap berbagai macam rasa, seperti rasa manis, asam, asin, pahit, dan umami.
Cara kerja: Lidah memiliki reseptor rasa yang akan mendeteksi zat kimia yang terdapat pada makanan, kemudian diteruskan ke otak untuk diolah menjadi rasa.
 
5. Kulit (Indra Peraba):
Fungsi: Merasakan berbagai macam sentuhan, seperti sentuhan benda kasar, halus, panas, dingin, dan tekanan.
 
Cara kerja: Kulit memiliki reseptor sentuhan yang akan mendeteksi sentuhan pada kulit, kemudian diteruskan ke otak untuk diolah menjadi sensasi sentuhan.
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 23 Juli 2025

       Hari/Tanggal     : Rabu, 23 Juli 202 5     Good morning my students....   Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, ...