Hari/Tanggal : Selasa, 22 Juli 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Mapel : Matematika
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:
1. Menjelaskan pengertian membandingkan dan menyusun bilangan cacah secara lisan dan tertulis.
2. Membandingkan dua atau lebih bilangan cacah hingga 10.000 dengan benar menggunakan tanda ">", "<", dan "=".
3. Menyusun bilangan cacah dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya dengan benar.
Media Pembelajaran:
Ceramah Interaktif.
Menyampaikan konsep dasar bilangan cacah dan cara membandingkannya secara sederhana.
Tanya Jawab dan Diskusi Kelompok. Siswa bekerja dalam kelompok kecil membandingkan bilangan dan berdiskusi jawaban mereka.
A. Apa itu Bilangan Cacah?
Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari 0 dan seterusnya.
Contoh:
0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, ...
B. Membandingkan Bilangan Cacah
Untuk mengetahui bilangan mana yang lebih besar atau lebih kecil, kita bisa membandingkan angka-angkanya.
1. Tanda Perbandingan:
-
“>” (lebih dari)
Contoh: 54 > 32 → 54 lebih besar dari 32 -
“<” (kurang dari)
Contoh: 27 < 80 → 27 lebih kecil dari 80 -
“=” (sama dengan)
Contoh: 45 = 45 → Kedua bilangan sama besar
2. Cara Membandingkan Bilangan:
-
Bandingkan jumlah digit (angka yang menyusun bilangan)
-
Jika jumlah digit sama, bandingkan dari angka paling kiri (ratusan → puluhan → satuan)
🔹 Contoh 1:
Bandingkan 327 dan 245
→ 327 > 245
🔹 Contoh 2:
Bandingkan 89 dan 123
→ 89 < 123
Mapel : Seni rupa
Tujuan pembelajaran : Menyebutkan dan menjelaskan unsur-unsur seni rupa dengan benar (garis, warna, bentuk, tekstur, ruang, bidang, titik). Mengidentifikasi unsur-unsur seni rupa dalam karya seni sederhana.
Media pembelajaran : Gambar atau karya seni rupa (lukisan, patung, ilustrasi digital, dll.) PowerPoint atau video pembelajaran tentang unsur-unsur seni rupa,Kertas gambar, pensil warna, krayon, atau cat air.
Metode Pembelajaran:
-
Ceramah Interaktif
Untuk menjelaskan teori tentang unsur-unsur seni rupa secara singkat dan jelas. -
Diskusi Kelompok
Siswa mengamati gambar atau karya seni lalu berdiskusi tentang unsur-unsur seni rupa yang tampak.
🎨 Materi Seni Rupa Kelas 3 SD
Topik: Unsur-unsur Seni Rupa
🖌️ A. Pengertian Seni Rupa
Seni Rupa adalah karya seni yang dapat dilihat dan diraba, contohnya seperti gambar, lukisan, patung, dan kerajinan tangan.
Seni rupa dibuat dari unsur-unsur dasar yang disebut unsur seni rupa.
🧩 B. Unsur-unsur Seni Rupa
Berikut ini adalah unsur-unsur penting dalam seni rupa:
1. ✏️ Garis
-
Garis adalah goresan nyata yang memanjang dari satu titik ke titik lain.
-
Contoh: garis lurus, garis lengkung, garis zig-zag.
-
Garis bisa membentuk gambar dan menunjukkan arah atau gerakan.
🔹 Contoh kegiatan: Menggambar pohon dengan batang dari garis lurus dan daun dari garis lengkung.
2. 🔷 Bentuk
-
Bentuk adalah wujud suatu benda.
-
Ada dua jenis bentuk:
a. Bentuk Geometris: segitiga, lingkaran, persegi.
b. Bentuk Organik: bentuk alami seperti daun, awan, hewan.
🔹 Contoh kegiatan: Membuat gambar rumah dari bentuk persegi dan segitiga.
3. 🌈 Warna
-
Warna memberikan keindahan pada karya seni.
-
Jenis warna:
a. Warna primer (utama): merah, kuning, biru
b. Warna sekunder: hijau, ungu, oranye (campuran warna primer)
🔹 Contoh kegiatan: Mewarnai pelangi atau bunga dengan warna cerah.
4. 🖐️ Tekstur
-
Tekstur adalah kesan rata, halus, kasar, licin, atau berbulu pada permukaan suatu benda.
-
Tekstur bisa:
-
Nyata: bisa dirasakan dengan tangan.
-
Semu: hanya terlihat seperti kasar, tapi tidak bisa dirasakan.
-
🔹 Contoh kegiatan: Meraba permukaan daun asli dan menggambarnya.
5. 🧱 Ruang
-
Ruang dalam seni rupa bisa berarti:
-
Ruang nyata: bisa dimasuki, seperti ruangan rumah.
-
Ruang semu: ruang yang dibuat dalam gambar, terlihat seperti dalam.
-
🔹 Contoh kegiatan: Menggambar jalan yang semakin mengecil ke belakang agar terlihat jauh.
📝 C. Kesimpulan
Unsur-unsur seni rupa penting agar karya seni menjadi menarik dan indah.
Unsur seni rupa ada 5:
-
Garis
-
Bentuk
-
Warna
-
Tekstur
-
Ruang
📚 D. Latihan Sederhana
-
Sebutkan 3 contoh bentuk geometri!
-
Warnai gambar buah dengan warna primer!
-
Raba permukaan meja. Apakah teksturnya halus atau kasar?
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami tentang bilangan cacah sampai 10.000 dengan benar. Namun ada juga beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru
melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar