Hari: Senin, 23 November 2020
TEMA 5 SUB TEMA 1 PB 5 & 6
Assalamualaikum.wr.wb.
Apa
kabar anak sholeh/sholeha bu Yulina, alhamdulillah semoga kita semua dalam
keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal
Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah, tadarus kemudian
shalat dhuha ya nak. Berikut
materinya
ya nak simak, baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah
ibu berikan. Kemudian di bawah ini ada link latihan ya anak anak bu guru semuanya,
Nanti kalau ada komentar silakan di isi di dalam kotak komentar.
Pembelajaran
5 dan 6
Muatan
Pelajaran : IPA (KD 3. 5 dan 4. 5), Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7), SBdP (KD
3. 2 dan 4. 2), dan PPKn (KD 3.
Rangkuman
Materi :
IPA
(KD 3. 5 dan 4. 5)
HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP
DENGAN LINGKUNGANNYA
A. Simbiosis
Hubungan
antarmakhluk hidup yang khas disebut simbiosis. Di alam dikenal tiga macam
kehidupan simbiosis yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan
simbiosis komensalisme.
1.
Simbiosis mutualisme
Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk
hidup yang saling menguntungkan.
Contoh :
1.
hubungan serangga dan tumbuhan berbunga.
Serangga seperti kupu-kupu, lebah, dan kumbang
mengambil nektar dari bunga untuk makanannya, serangga membantu proses
penyerbukan pada bunga.
2.
Simbiosis komensalisme
Simbiosis komensalisma adalah hubungan ketergantungan antara makhluk hidup, di
mana satu pihak diuntungkan namun pihak yang lain tidak dirugikan. Contohnya
adalah sebagai berikut:
A. Ikan remora dengan ikan hiu.
Ikan-ikan kecil yang disebut remora, menempel
pada tubuh ikan hiu. Remora mendapatkan sisa-sisa makanan dari ikan hiu. Selain
itu, remora dapat bepergian ke manapun tanpa takut dimangsa oleh ikan-ikan
besar lain. Hiu tidak diuntungkan maupun dirugikan.
3.
Simbiosis parasitisme
Simbiosis parasitisma adalah hubungan ketergantungan yang hanya menguntungkan salah
satu pihak. Contohnya adalah sebagai berikut:
A.Benalu yang hidup di pohon inang.
Selain menumpang hidup, benalu juga mengambil
makanan dari tumbuhan inang yang ditumpanginya. Akibatnya tumbuhan yang
ditumpangi mengalami kerugian karena kehilangan zat-zat makanan dan
pertumbuhannya terganggu.
Bahasa
Indonesia (KD 3. 7 dan 4. 7)
Melengkapi
informasi teks nonfiksi yang dibaca
Untuk
melengkapi informasi-informasi teks nonfiksi yang dibaca , kamu perlu
memperhatikan hal-hal berikut:
a.
Membaca teks dengan seksama
b.
Menggaris bawahi kata kunci atau
ide pokok pada setiap paragraph teks.
c.
Menjawab pertanyaan yang
diberikan.
SBdP (KD 3. 2
Dan 4. 2)
properti adalah barang yang digunakan dalam
tarian untuk memperjelas tema suatu tarian misalnya tari pakarena - dari
sulawesi selatan dengan menggunakan properti kipas yang memakai lagu pakarena sebagai
iringan tariannya
.Unsur pola lantai adalah pola yang digunakan
sebagai posisi penari dalam menarikan suatu tarian, terdapat pola lantai garis
lurus (vertical dan horizontal) seperti pada gerak tari tradisional seperti
tari saman - dari aceh dengan menggunakan iringan berupa tepukan, terdapat pula
pola lantai garis lengkung seperti pada tari kecak - dari bali dengan
menggunakan iringan berupa ucapan "cak cak cak"
PPKn (KD 3. 4
dan 4. 4)
Semangat
kekeluargaan dan gotong royong
Gotong royong merupakan sebuah kegiatan
bersama yang bertujuan mencapai kemajuan bersama. Gotong royong telah menjadi
kepribadian bangsa dan budaya semenjak dahulu. Budaya ini telah ada sebelum
Indonesia merdeka dan telah berakar di dalam kehidupan masyarakat. Gotong
royong menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan tolong-menolong. Dengan
demikian, rasa persatuan dan kesatuan nasional terus terbina.
Bangsa Indonesia menganut prinsip Kolektivis. yakni
mengutamakan kepentingan kelompok. Hal ini bisa kita lihat, dalam perembukan
PANCASILA, yang tidak hanya mementingkan 1 kelompok, tapi juga kelompok lain.
Dalam era saat ini, gotong royong dapat
diaplikasikan melalui
1. Kerja bakti
2. Musyawarah mufakat
3. Saling membantu sesuai bidang masing-masing
Adapun gotong royong tercipta, karena adanya
perasaan ketergantungan satu sama lain, dan perasaan senasib sepenanggungan
Ini link latihannya ya nak !
https://forms.gle/rzY8aUWTxTLGiGm68