Jumat, 29 Agustus 2025

Senin, 01 September 2025

  

 

Hari/Tanggal     : Senin, 01 September 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Mapel Matematika 

Tujuan Pembelajara : 

Tujuan Pembelajaran : Pelaksanaan Sumatif Harian 2
 
Media pembelajaran : LCD, soal Sumatif matematika harian 2
 
Metode pembelajaran : Mengerjakan soal secara mandiri 
 
Materi Sumatif 
-Penjumlahan bilangan 1 - 1000 dengan cara bersusun pendek tanpa menyimpan
-Menjumlahkan bilangan cacah 1 - 1.000 dengan cara bersusun pendek teknik menyimpan
- Mengurangkan bilangan cacah 1 - 1000 dengan cara bersusun pendek tanpa meminjam. 
Mengurangkan bilangan cacah 1 - 1000 dengan cara bersusun pendek dan panjang teknik meminjam.  
 
 
Pendidikan Pancasila  

Materi: Hak dan Kewajiban di Rumah


Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian hak dan kewajiban.

  2. Menyebutkan contoh hak dan kewajiban di rumah. 


Media Pembelajaran

  • Gambar ilustrasi kegiatan di rumah (poster atau lembar gambar)

  • Video pendek tentang kehidupan keluarga (jika tersedia)

  • Kartu peran: hak dan kewajiban

  • Lembar kerja siswa (LKS)

  • Papan tulis dan spidol


Metode Pembelajaran
  1. Ceramah interaktif
    Guru menjelaskan pengertian hak dan kewajiban dengan contoh sederhana.

  2. Diskusi kelompok
    Siswa berdiskusi mengenai pengalaman mereka melakukan kewajiban di rumah.

  3. Tanya jawab
    Untuk menggali pemahaman dan memperkuat materi

Materi: Hak dan Kewajiban di Rumah

Mata Pelajaran: Pendidikan Pancasila
Apa itu Hak?

Hak adalah sesuatu yang boleh kita terima atau dapatkan.
Contoh hak di rumah:

  • Mendapat kasih sayang dari orang tua

  • Mendapat makanan dan tempat tinggal

  • Mendapat waktu untuk bermain dan belajar

  • Mendapat perlindungan dan rasa aman                                             

    Apa itu Kewajiban?

Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan dengan tanggung jawab.
Contoh kewajiban di rumah:

  • Membantu orang tua membersihkan rumah

  • Merapikan tempat tidur setelah bangun

  • Mengerjakan tugas sekolah

  • Bersikap sopan kepada anggota keluarga

  • Membuang sampah pada tempatnya                          

     

    Perbedaan Hak dan Kewajiban

Hak Kewajiban
Mendapat makanan Makan dengan tertib dan tidak pilih-pilih
Diberi waktu bermain Bermain dengan tertib dan sesuai aturan
Mendapat baju bersih Menjaga kebersihan pakaian dan tubuh
Diperhatikan oleh orang tua Menuruti nasihat orang tua
🧠 Mengapa Kita Harus Menjalankan Kewajiban?
  • Agar hak kita juga dihargai

  • Untuk membantu orang tua

  • Supaya rumah menjadi tempat yang nyaman

  • Agar hidup lebih teratur dan rukun   

     

    Sikap Baik di Rumah:

  • Bersyukur atas hak yang diterima

  • Melaksanakan kewajiban tanpa disuruh

  • Tidak menuntut hak berlebihan

  • Menghargai hak orang lain                 

     

    Contoh Cerita Singkat

Setiap pagi, Dika bangun tidur dan merapikan tempat tidurnya. Ia membantu ibu menyapu rumah. Setelah itu, Dika sarapan bersama keluarga. Dika juga diberi waktu bermain setelah belajar. Dika tahu bahwa ia harus melaksanakan kewajiban agar haknya tetap dihargai.



Kesimpulan Materi Hak dan Kewajiban Anak di Rumah:

Setiap anak memiliki hak dan kewajiban di rumah:

  • Hak anak di rumah meliputi: mendapatkan kasih sayang, tempat tinggal yang aman, makanan bergizi, pendidikan, dan perhatian.

  • Kewajiban anak meliputi: menghormati orang tua, membantu pekerjaan rumah sesuai kemampuan, menjaga kebersihan, serta menaati aturan keluarga.

Hak dan kewajiban harus seimbang agar tercipta kehidupan keluarga yang harmonis dan saling menghargai.

 
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar murid sudah 
mampu Menjelaskan pengertian hak dan kewajiban. Untuk Pelaksanaan Sumatif Harian 2 ditunda karena muridnya banyak yang tidah hadir. Jadi akan di laksanakan hari Senin depan

Kamis, 28 Agustus 2025

Jum'at, 29 Agustus 2025

  

Hari/Tanggal     : Jum'at, 29 Agustus 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Pendidikan Anti Korupsi

Bab 2: Sekolahku

A. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa mengenal arti kejujuran dan tanggung jawab di sekolah.

  2. Siswa memahami contoh sikap anti korupsi di lingkungan sekolah.

  3. Siswa dapat meneladani sikap baik di sekolah agar tercipta suasana belajar yang nyaman.


B. Pengertian Anti Korupsi di Sekolah

Korupsi bukan hanya tentang uang, tetapi juga tentang sikap tidak jujur dan tidak bertanggung jawab.
Di sekolah, perilaku anti korupsi berarti:

  • Tidak menyontek saat ulangan.

  • Tidak mengambil barang milik teman tanpa izin.

  • Tidak berbohong kepada guru maupun teman.

  • Melaksanakan tugas piket sesuai jadwal.


C. Nilai-Nilai Anti Korupsi di Sekolah

  1. Jujur – berkata dan berbuat sesuai kenyataan.

    • Contoh: mengakui kesalahan jika lupa membawa PR.

  2. Disiplin – menaati aturan sekolah.

    • Contoh: datang tepat waktu ke sekolah.

  3. Tanggung Jawab – melaksanakan tugas dengan baik.

    • Contoh: menyapu kelas saat jadwal piket.

  4. Kerja Sama – saling membantu dengan teman.

    • Contoh: gotong royong membersihkan kelas.

  5. Sederhana – tidak berlebihan dan tidak sombong.

    • Contoh: menggunakan alat tulis secukupnya.


D. Contoh Sikap Anti Korupsi di Sekolah

  • Rani selalu jujur ketika mengerjakan ulangan, ia tidak menyontek.

  • Budi melaksanakan piket kelas meskipun temannya ada yang tidak hadir.

  • Ani tidak pernah mengambil pensil temannya tanpa izin.

  • Edo selalu mengembalikan buku perpustakaan tepat waktu.


E. Kesimpulan

Sekolah adalah tempat belajar yang harus dijaga bersama.
Dengan bersikap jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerja sama, dan sederhana, kita sudah belajar menjadi anak yang anti korupsi.


Mapel : Matematika 

Tujuan Pembelajaran :

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat :

  1. Menjelaskan konsep pengurangan bilangan cacah 1–1000.

  2. Menghitung hasil pengurangan dua bilangan cacah hingga 1000.

  3. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pengurangan bilangan cacah.


 Media Pembelajaran

  • Papan tulis / whiteboard

  • Kartu bilangan / flashcard angka

  • Lembar kerja siswa (LKS)

  • Video animasi pengurangan (jika ada)

  • Alat peraga seperti manik-manik atau blok matematika (math block) 

     

     Metode Pembelajaran

  • Ceramah interaktif

  • Tanya jawab

  • Demonstrasi dengan alat peraga

  • Latihan soal individu & kelompok

  • Bermain peran (role-play soal cerita)


 Materi

 Materi Pendek:

Pengurangan bilangan cacah adalah proses mengurangi satu bilangan dari bilangan lainnya. Contoh:
750 - 320 = 430

Materi Panjang :

Pengurangan bilangan cacah 1–1000 adalah operasi hitung dasar dalam matematika yang digunakan untuk mengurangi nilai suatu bilangan dari bilangan lainnya, tanpa menghasilkan bilangan negatif.
Langkah-langkah dasar dalam pengurangan:

  1. Tempatkan bilangan secara vertikal berdasarkan nilai tempat (satuan, puluhan, ratusan).

  2. Kurangkan dari satuan, puluhan, hingga ratusan.

  3. Lakukan teknik meminjam jika angka atas lebih kecil dari angka bawah.

Contoh:

  602
- 478
_____
  124

Langkah meminjam diperlukan dari ratusan ke puluhan, dan dari puluhan ke satuan.


 10 Soal Pengurangan Bilangan Cacah 1–1000

  1. 562 – 248 = ...

  2. 900 – 375 = ...

  3. 731 – 416 = ...

  4. 1000 – 999 = ...

  5. 670 – 342 = ...

  6. 250 – 125 = ...

  7. 805 – 399 = ...

  8. 600 – 450 = ...

  9. Ibu memiliki 750 gram tepung. Ia menggunakan 325 gram. Berapa gram tepung yang tersisa?

  10. Aldi memiliki 680 kelereng. Ia memberikan 275 kelereng ke temannya. Berapa sisa kelereng Aldi?

     

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar murid sudah 
mampu mengenal arti kejujuran dan tanggung jawab di sekolah dan Menghitung hasil pengurangan dua bilangan cacah hingga 1000 serta Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pengurangan bilangan cacah.Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.   

 

Rabu, 27 Agustus 2025

Kamis, 28 Agustus 2025

 

  

 Hari/Tanggal     : Kamis, 28 Agustus 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Mapel : Ipas 

Tujuan pembelajaran :
 
Mengidentifikasi tahapan-tahapan dalam siklus hidup tumbuhan.
Menjelaskan proses perubahan pada setiap tahap dalam siklus hidup tumbuhan (misalnya: biji → kecambah → tanaman muda → tanaman dewasa → berbunga → berbuah).
Media pembelajaran : Media Visual:
  • Gambar/poster siklus hidup tumbuhan

  • PowerPoint atau slide presentasi

  • Video animasi tentang siklus hidup tumbuhan

  • Infografis

Metode pembelajaran : Diskusi Kelompok
→ Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil untuk menganalisis tahapan siklus hidup tumbuhan.


Siklus hidup tumbuhan 
Tumbuhan juga mengalami siklus hidup titik siklusnya menggambarkan dari awal hidup hingga akhir. Kemudian proses dimulai lagi dari awal titik tumbuhan juga tumbuh dan berkembang biasanya tumbuhan berkembang biak dengan biji tumbuhan dewasa akan berbunga dan berbuah di dalam buah terdapat biji biji akan berkembang menjadi tanaman baru tanaman baru akan tumbuh menjadi dewasa dan berubah kemudian siklus dimulai dari awal lagi. 

Siklus hidup Apel 
 
Perhatikan gambar bagian biji berikut 
 
Siklus tumbuhan dimulai dari biji titik biji memiliki lapisan pelindung disebut cangkang di dalam lapisan benih ada embrio tumbuhan titik embrio ini akan menjadi tumbuhan baru titik benih dapat tersebar titik-titik karena tertiup angin atau terbawa air. Kemudian menuju tahap perkecambahan. Hingga muncul bibit tanaman. Atau tanaman yang masih kecil. Bibit mendapatkan nutrisi dari sinar matahari titik juga dari air dalam tanah titik proses ini disebut fotosintesis fotosintesis membentuk tumbuhan dari bibit menjadi dewasa. 
Tugas latihan 
Membuat siklus tumbuhan semangka 
 
 

Mapel : seni Rupa

Menggunakan pewarna Alami 

Warna juga dapat dibuat dari bahan di sekitar kita. misalnya dari daun, bunga, akar, rimpang, dan lain-lain. Pewarna ini disebut pewarna alami. pewarna alami merupakan zat pewarna dari tumbuhan hewan atau sumber-sumber mineral. Tanaman memiliki warna sebagai pewarna alami pada makanan. Berikut ini beberapa bahan untuk pewarna alami . 

1 bunga rosella menghasilkan warna merah 

2 kunyit menghasilkan warna kuning

 3 kembang telang menghasilkan warna biru 

4 daun suji menghasilkan warna hijau 

5 wortel menghasilkan warna jingga 

6.ubi ungu menghasilkan warna ungu 

7.gula merah atau kopi menghasilkan warna coklat

banyak bahan alami lainnya yang dapat digunakan titik pengolahannya pun beragam titik untuk menghasilkan warna yang diinginkan, bahan tersebut harus dibuat jus. Kemudian diambil Sarinya. Sari tersebut digunakan sebagai bahan pewarna. Kamu dapat mencampurnya dengan bahan pewarna alami. 

Dalam seni rupa, warna dibagi menjadi tiga kelompok utama:

  • Warna Primer adalah warna dasar yang tidak bisa dihasilkan dari pencampuran warna lain. Terdiri dari:

    • Merah

    • Kuning

    • Biru

  • Warna Sekunder adalah hasil pencampuran dua warna primer:

    • Merah + Kuning = Oranye

    • Merah + Biru = Ungu

    • Biru + Kuning = Hijau

  • Warna Tersier adalah hasil pencampuran satu warna primer dengan satu warna sekunder yang berdekatan dalam roda warna. Contohnya:

    • Merah + Oranye = Merah-Oranye

    • Kuning + Hijau = Kuning-Hijau

    • Biru + Ungu = Biru-Ungu

Pemahaman warna primer, sekunder, dan tersier sangat penting dalam menciptakan harmoni warna dalam karya seni rupa.


REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :


Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar murid sudah 
mampu menjelaskan proses perubahan pada setiap tahap dalam siklus hidup tumbuhan (misalnya: biji → kecambah → tanaman muda → tanaman dewasa → berbunga → berbuah).
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.   


 

 

  

Selasa, 26 Agustus 2025

Rabu, 27 Agustus 2025

  

   

 Hari/Tanggal     : Rabu, 27 Agustus 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Mapel : Bahasa Indonesia
 

Tujuan pembelajaran : 

murid dapat menjawab pertanyaan tentang ide pokok puisi dan arti kosakata dengan tepat.

Kerjasama dengan teman Simaklah dengan cermat gurumu membacakan puisi berikut
Media pembelajaran : Ppt Puisi , video puisi 
Metode pembelajaran : praktek langsung membaca puisi 

                           Ayah dan ibu 
               oleh Raditya Andung Susanto

Aku selalu ingin menjadi ayah
 yang kuat dan hebat
 tidak pernah mengeluh
 tidak pernah menyerah

 Aku juga ingin menjadi Ibu
 yang tabah dan sabar 
selalu menyemangati
 dan menemani ayah 

mereka saling bekerja sama 
agar hidupku jauh lebih baik
 daripada mereka berdua 

Aku sayang kalian
 ayah dan ibu

Literasi ku 
Jawablah pertanyaan berikut
1. Bercerita tentang apa puisi di atas? 

2. Cermati lagi gambar 2.7 di atas
a. Gambar manakah yang wajahnya serius? 
b. Gambar manakah yang wajahnya sangat bahagia? 

 

 Materi Pendidikan Pancasila: Kesepakatan di Sekolah  

Tujuan Pembelajaran :

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa dapat:

  1. Menjelaskan pengertian kesepakatan.

  2. Menyebutkan contoh kesepakatan yang berlaku di sekolah               Media pembelajaran : PPT kesepakatan, 

  3. Metode pembelajaran : Diskusi kelompok 

🔹Apa itu Kesepakatan?

Kesepakatan adalah aturan atau keputusan yang dibuat bersama dan harus dipatuhi semua orang yang terlibat.

Contohnya:

  • Kesepakatan di kelas

  • Kesepakatan saat bermain

  • Kesepakatan saat piket


🔹 Mengapa Kesepakatan Itu Penting?

  • Agar kegiatan berjalan tertib.

  • Agar tidak terjadi pertengkaran.

  • Agar semua orang merasa nyaman dan aman.


🔹 Contoh Kesepakatan di Sekolah:

Kegiatan Kesepakatan
Masuk kelas                  Datang tepat waktu
Belajar                  Tidak ribut saat guru menjelaskan
Piket kelas                  Menyapu dan merapikan meja
Bermain di halaman                  Bermain dengan tertib dan bergantian
Mengikuti upacara                  Berbaris dengan rapi dan tenang

🔹 Sikap yang Harus Dimiliki:

  • Disiplin

  • Tanggung jawab

  • Saling menghargai

  • Mau bekerja sama


🧠 Ayo Diskusi!

  1. Apa saja kesepakatan yang ada di kelasmu?

  2. Apa yang terjadi jika ada teman yang melanggar kesepakatan?

  3. Bagaimana caramu mengingatkan teman yang tidak mematuhi kesepakatan?


✍️ Latihan Soal

A. Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang benar!

  1. Kesepakatan dibuat agar semua kegiatan bisa berjalan dengan...
    a. Ribut
    b. Tertib 
    c. Lambat

  2. Salah satu contoh kesepakatan saat piket kelas adalah...
    a. Bermain saja
    b. Tidur di kelas
    c. Menyapu lantai 

  3. Jika ada teman yang melanggar kesepakatan, kita sebaiknya...
    a. Marah-marah
    b. Membiarkannya
    c. Menasihati dengan baik 

B. Isian Singkat

  1. Kesepakatan adalah aturan yang dibuat secara ____.

  2. Kita harus ____ kesepakatan yang sudah dibuat bersama.

 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :


Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar murid sudah 
mampu menjawab pertanyaan tentang ide pokok puisi dan arti kosakata dengan tepat.
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.   

 

 

Senin, 25 Agustus 2025

Selasa, 26 Agustus 2025

  

  

 Hari/Tanggal     : Selasa, 26 Agustus 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Mapel : Ipas 

Tujuan pembelajaran : dapat memahami siklus makhluk hidup

Media pembelajaran :  

Video Animasi / Multimedia Edukasi  

Video pendek (2–3 menit) siklus hidup manusia proyektor.     

Gambar Poster / Infografik Siklus Hidup Menampilkan tahapan siklus hidup manusia 

Metode pembelajaran :Demonstrasi / Pengamatan Langsung

  • Siswa mengamati secara langsung siklus hidup manusia 

  • Atau menonton video tentang siklus hidup

Materi Ringkas:

1. Pengertian Siklus Hidup:
Siklus hidup adalah tahapan perubahan bentuk makhluk hidup dari lahir, tumbuh, berkembang, hingga mati. 


Siklus hidup

Ada tiga jenis makhluk hidup. Ada manusia tumbuhan dan hewan. 

setiap makhluk hidup punya ciri-ciri diantaranya , yaitu : 1. makan 

2.ergerak 

3.bernafas 

4 tumbuh dan berkembang biak

Semua makhluk hidup berkembang biak yaitu untuk mendapatkan keturunan anak cara berbeda-beda ada yang bertelur ada yang melahirkan keturunan itu akan tumbuh juga berkembang menjadi dewasa inilah yang disebut siklus hidup

1. Siklus hidup manusia

Manusia termasuk salah satu makhluk hidup Karena manusia membutuhkan makanan untuk pertumbuhan manusia juga berkembang pemikirannya. 

Perhatikan gambar siklus hidup manusia berikut ini


a. Sebelum lahir manusia berada di dalam kandungan Ibu

 B setelah lahir seorang bayi manusia akan terus bertumbuh juga berkembang

 C bayi terus tumbuh berkembang kemudian masuk ke fase anak-anak 

D setelah fase anak-anak manusia terus tumbuh yaitu menjadi remaja

E. manusia akan tumbuh berkembang menjadi dewasa

 

Badan akan selalu berubah ketika masa pertumbuhan manusia akan bertambah tinggi juga Bertambah berat badannya setelah dewasa pertumbuhan manusia akan terhenti Karena manusia akan mengalami masa tua. 



Literasi ku 

1  sebelum masa remaja , manusia berada pada masa? 

2. Apa yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup?

 

Mapel : seni Rupa

Menggunakan pewarna Alami 

Warna juga dapat dibuat dari bahan di sekitar kita. misalnya dari daun, bunga, akar, rimpang, dan lain-lain. Pewarna ini disebut pewarna alami. pewarna alami merupakan zat pewarna dari tumbuhan hewan atau sumber-sumber mineral. Tanaman memiliki warna sebagai pewarna alami pada makanan. Berikut ini beberapa bahan untuk pewarna alami . 

1 bunga rosella menghasilkan warna merah 

2 kunyit menghasilkan warna kuning

 3 kembang telang menghasilkan warna biru 

4 daun suji menghasilkan warna hijau 

5 wortel menghasilkan warna jingga 

6.ubi ungu menghasilkan warna ungu 

7.gula merah atau kopi menghasilkan warna coklat

banyak bahan alami lainnya yang dapat digunakan titik pengolahannya pun beragam titik untuk menghasilkan warna yang diinginkan, bahan tersebut harus dibuat jus. Kemudian diambil Sarinya. Sari tersebut digunakan sebagai bahan pewarna. Kamu dapat mencampurnya dengan bahan pewarna alami.

 

Mapel : Bahasa Indonesia
 
Tujuan pembelajaran : murid dapat menjawab pertanyaan tentang ide pokok puisi dan arti kosakata dengan tepat
Kerjasama dengan teman Simaklah dengan cermat gurumu membacakan puisi berikut
Media pembelajaran   : Ppt Puisi , video puisi 
Metode pembelajaran : praktek langsung membaca puisi 

                           Ayah dan ibu 
               oleh Raditya Andung Susanto

Aku selalu ingin menjadi ayah
 yang kuat dan hebat
 tidak pernah mengeluh
 tidak pernah menyerah

 Aku juga ingin menjadi Ibu
 yang tabah dan sabar 
selalu menyemangati
 dan menemani ayah 

mereka saling bekerja sama 
agar hidupku jauh lebih baik
 daripada mereka berdua 

Aku sayang kalian
 ayah dan ibu
 
Literasi ku 
Jawablah pertanyaan berikut
1. Bercerita tentang apa puisi di atas? 

2. Cermati lagi gambar 2.7 di atas
a. Gambar manakah yang wajahnya serius? 

b. Jamal manakah yang wajahnya sangat bahagia? 

 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :


Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar murid sudah 
mampu memahami siklus makhluk hidup serta dapat menjawab pertanyaan tentang ide pokok puisi dan arti kosakata dengan tepat.
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.   

 



 

 

Jumat, 22 Agustus 2025

Senin, 25 Agustus 2025

 

 

Hari/Tanggal     : Senin, 25 Agustus 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Mapel : Matematika 

Tujuan Pembelajaran :

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan konsep penjumlahan bilangan cacah secara bersusun panjang dengan benar. 

  2. Menyelesaikan soal penjumlahan bilangan cacah 1–1000 secara bersusun panjang dalam kehidupan sehari-hari.

  3. Menunjukkan sikap teliti, jujur, dan bertanggung jawab saat mengerjakan soal penjumlahan.


 Media Pembelajaran

  1. Papan tulis dan spidol

  2. Kartu bilangan (untuk permainan dan latihan kelompok)

  3. Lembar kerja siswa (LKS)                  

     

    Metode Pembelajaran :

  1. Ceramah interaktif: Guru menjelaskan konsep penjumlahan bersusun panjang dan cara menghitungnya

  2. Diskusi kelompok kecil: Siswa berdiskusi dan menyelesaikan soal bersama.

  3. Games/kuis cepat: Untuk meningkatkan semangat dan keterlibatan siswa.


10 Soal Penjumlahan Bilangan Cacah Secara Bersusun Panjang (1–1000)

Instruksi: Hitunglah hasil penjumlahan berikut dengan cara bersusun panjang!

  1. 245 + 378 = _______

  2. 564 + 129 = _______

  3. 732 + 165 = _______

  4. 489 + 311 = _______

  5. 813 + 147 = _______

  6. 258 + 367 = _______

  7. 429 + 576 = _______

  8. 384 + 198 = _______

  9. 640 + 295 = _______

  10. 705 + 174 = _______

Kesimpulan Materi Penjumlahan Bilangan Cacah 1 sampai 1000

  • Bilangan cacah adalah bilangan bulat positif dimulai dari 0 (0, 1, 2, 3, ...).

  • Penjumlahan bilangan cacah dilakukan dengan cara menjumlahkan nilai masing-masing angka sesuai posisinya (satuan, puluhan, ratusan, dll).

  • Teknik bersusun pendek dilakukan dengan menuliskan angka-angka secara vertikal dan langsung menjumlahkan tiap kolom angka dari bawah ke atas.

  • Jika hasil penjumlahan melebihi 9, dilakukan "menyimpan" ke kolom sebelah kiri. 

Mapel : Pendidikan Pancasila 
Tujuan pembelajaran : murid dapat patuh terhadap aturan disekolah 

Media  pembelajaran : Poster Edukasi "Aturan Sekolah":
  • Bergambar anak-anak sedang antre, membuang sampah, memberi salam ke guru, dll.

Metode pembelajaran : Diskusi Kelompok Kecil
  • Siswa dikelompokkan menjadi 3-4 orang. Setiap kelompok mendiskusikan 1 aturan sekolah dan manfaatnya.


Aturan dibentuk untuk dipatuhi. mematuhi aturan penting untuk menciptakan keteraturan kebersihan dan ketertiban lingkungan memahami aturan merupakan kewajiban semua orang ada di sekolah dan di rumah. Bagaimana aturan di sekolah dan di rumahmu Apa hak dan kewajibanmu di sekolah dan di rumah Mari kita pelajari uraian berikut :

1. Aturan adalah tindakan atau perbuatan yang harus dilaksanakan agar tercipta ketertiban. Ada banyak aturan di sekitar kita. Aturan berlaku di rumah, di sekolah, dan di lingkungan masyarakat titik aturan di rumah Harus dipatuhi oleh semua anggota keluarga. Aturan di sekolah Harus dipatuhi oleh seluruh warga sekolah. Sementara itu aturan di masyarakat Harus dipatuhi oleh seluruh warga masyarakat. Aturan dibuat agar kita bersikap titik-titik dengan begitu suasana menjadi rukun dan damai.

2. Sekolah adalah tempat untuk belajar dan mendapatkan ilmu pengetahuan di sekolah kamu akan dibimbing oleh dan diajarkan menjadi manusia yang bermanfaat bagi diri sendiri keluarga lingkungan sekitar dan negara kamu akan menemukan minat dan bakat alamiah yang ada dalam dirimu dengan bantuan guru. 
Sekolah adalah tempat yang paling menyenangkan. di sekolah kamu akan menemukan banyak hal kamu akan belajar bersama teman koma bermain dan saling bekerja sama titik di sekolah ada aturan yang harus dipatuhi. aturan itu dibuat agar kegiatan di sekolah berjalan dengan baik dan tertib. alangkah indahnya jika kita terlihat sekolah yang bersih tertib dan nyaman ayo kita patuhi aturan di sekolah. 

3. Aturan terdiri dari dua jenis ada aturan tertulis yang tidak tertulis contoh aturan tertulis di sekolah adalah tata tertib sekolah dan aturan kelas. Aturan tersebut dapat dilihat dan dibaca oleh seluruh peserta didik dengan demikian seluruh peserta didik akan mengetahui aturan-aturan yang harus dilaksanakannya aturan tidak tertulis merupakan aturan yang berasal dari kesadaran masyarakat dan diyakini secara turun temurun contohnya belajar dengan baik dan tidak bermalas-malasan menghargai perbedaan suku agama ras dan golongan serta membantu teman yang kesulitan. 

Latihan Soal 
1.Salah satu contoh patuh terhadap aturan di sekolah adalah …
A. Datang terlambat
B. Membuang sampah di kelas
C. Mengantre saat masuk kelas
D. Berkelahi dengan teman
2.Aturan dibuat agar …
A. Semua orang takut
B. Tidak ada yang sekolah
C. Semua merasa aman dan tertib
D. Semua bisa bermain terus
3.Jika kita melihat teman melanggar aturan, sebaiknya …
A. Ikut-ikutan melanggar
B. Diam saja
C. Menegur dengan baik
D. Menertawakannya
4.Pancasila terdiri dari … sila.
A. Dua
B. Tiga
C. Empat
D. Lima
5.Lambang sila pertama Pancasila adalah …
A. Padi dan kapas
B. Bintang
C. Rantai

D. Kepala banteng
6.Sebutkan 3 contoh aturan yang ada di sekolah!
7.Mengapa kita harus menaati aturan di sekolah?
8.Jelaskan makna sila kedua Pancasila!

9.Apa yang kamu lakukan jika melihat temanmu membuang sampah sembarangan?
10.Bagaimana cara menunjukkan sikap patuh terhadap guru di sekolah? 
 
 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar murid sudah mampu konsep penjumlahan bilangan cacah secara bersusun panjang dengan benar. 
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya. 

 

Selasa, 16 September 2025

        Hari/Tanggal     : Selasa, 16 September 202 5     Good morning my students....   Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu ...