Hari/Tanggal : Selasa, 15 April 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa
kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua
dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap
bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Baiklah sholih sholiha bu guru, sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu ya nak.
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Subtema 2 : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang
Pembelajaran : 1 & 2
Muatan : B. Indonesia, Matematika, SBDP
Alat peraga : Video Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, Demontrasi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang Perkembangan teknologi produksi pangan dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang perkembangan teknologi produksi sandang dan menentukan banyak simetri lipat pada sebuah bangun datar dengan benar.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks dengan tepat.
2. Dengan percobaan, siswa dapat mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri lipat dengan tepat.
3. Dengan membuat sumbu simetri, siswa dapat menentukan banyak simetri lipat pada sebuah bangun datar dengan benar.
4. Dengan
mencermati gerakan memintal dan menenun, siswa dapat mengidentifikasi
kuat lemahnya gerak tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan tepat.
5.
Dengan mencermati gambar, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman
pekerjaan individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar
dengan tepat.
Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :
Read the text carefully (Bacalah teks berikut dengan seksama)!
Setiap
orang memiliki pakaian. Ada kemeja, kaos, dan blus. Ada celana panjang,
celana pendek, dan rok. Mereka mengenakan pakaian untuk melindungi
tubuh. Pakaian terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Tahukah kamu,
bahan apa sajakah itu? Bagaimana bahan itu diolah hingga menjadi
pakaian? Pakaian apa saja yang dihasilkan?
Mari, kita pelajari bersama-sama!
Bahan Dasar Pakaian
Keluarga
Udin memiliki banyak pakaian. Mereka memakai pakaian untuk melindungi
tubuh. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari udara dingin atau panas.
Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari angin dan hujan.
Pakaian
keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba. Pakaian
berbahan dasar kapas banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari.
Pakaian berbahan dasar kapas nyaman dipakai di siang hari. Pakaian
berbahan dasar bulu domba dikenakan pada waktu tertentu. Pakaian
berbahan dasar bulu domba menghangatkan badan pada saat hari dingin.
bu
Udin memiliki kain tenun yang terbuat dari serat sutra. Pakaian yang
terbuat dari serat sutra termasuk pakaian istimewa. Pakaian yang terbuat
dari serat sutra biasa digunakan saat acara khusus.
Berbeda
dengan Udin, pakaian orang-orang zaman dahulu terbuat dari kayu dan
kulit hewan. Pakaian mereka sangat sederhana. Satu pakaian mereka
gunakan untuk berbagai keadaan.
Hampir
semua bahan dasar pakaian terdapat di alam. Bahan dasar pakaian
jumlahnya terbatas. Jagalah pakaianmu agar dapat digunakan dalam waktu
yang lama. Tuhan menyukai orang-orang yang menjaga apa yang dimiliki.
Bacalah kembali teks “Bahan Dasar Pakaian” dengan teliti!
Garis bawahi kalimat pertama dari setiap paragraf!
Berikut isi cerita dari setiap paragraf "Bahan Dasar Pakaian"!
Jawaban:
Paragraf 1 : Keluarga Udin mempunyai banyak pakaian.
Paragraf 2 : Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba.
Paragraf 3 : Ibu Udin memiliki kain tenun yang terbuat dari serat sutra.
Paragraf 4 : Berbeda dengan Udin ,Pakaian orang zaman dulu terbuat dari kulit kayu dan kulit hewan.
Paragraf 5 : Hampir semua bahan dasar pakaian terdapat dari alam.
Mari Membaca Teks Berikut!
Ayo Berlatih!
1. Tuliskan isi cerita dari paragraf 5 yang berjudul " Mengolah Bahan Dasar Pakaian"!
Ayo Mencoba!
Ibu
Udin memiliki kain kesayangan. Kain ibu Udin terbuat dari serat sutra.
Udin mengamati motif pada kain. Udin menemukan beberapa motif bangun
datar pada kain. Ia menggambar beberapa motif yang ditemukan

Kemudian,
Udin menggambar salah satu bentuk bangun datar di atas kertas. Udin
menggunting kertas mengikuti bentuk bangun datar. Lalu, Udin melipat
kertas hingga sama besar dan saling menutupi.
Lakukanlah seperti Udin. Hitunglah banyak cara melipat yang kamu dapatkan!
Bentuk-bentuk yang dapat menutupi semua bagian kertas dengan tepat saat dilipat, disebut bentuk yang memiliki simetri lipat.
Cara Menentukan Simetri Lipat
Mari kita membuat sumbu simetri bangun persegi panjang!
1. Sediakan kertas berbentuk persegi panjang.
2. Lipatlah menjadi dua bagian yang sama.
3. Lalu, buka lipatan kertas.
4. Buatlah garis pada bekas lipatan. Apa nama garis yang membagi persegi panjang menjadi dua bagian yang sama?
Ayo Mengamati!
Ayo Mengamati jenis pekerjaan!
Amati gambar orang-orang yang berjasa dalam membuat pakaian! Pekerjaan mereka beragam, bukan?
Ayo berlatih!
3. Setelah melihat gambar gerakan memintal dan menenun Jawablah pertanyaan berikut!
1. Pontanu artinya adalah...
2. Tarian Pontanu berasal dari daerah...
Amati bagan berikut!
2. Ayo berlatih Mencari Banyaknya Simetri Lipat Bangun Datar dibawah ini!
Baiklah
sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga
anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa
laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih
kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami materi tentang Perkembangan Teknologi Produksi Pangan, dapat menentukan banyak simetri lipat pada sebuah bangun datar dengan benar.. Namun masih ada
beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan
penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar