Senin, 14 April 2025

TEMA 7 SUB TEMA 2 PB 1 dan 2

    

7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat untuk Generasi Emas 2045  

Hari/Tanggal     : Selasa, 15 April 2025

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Baiklah sholih sholiha bu guru, sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu ya nak.

Tema   7            : Perkembangan Teknologi

Subtema   2      : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang

Pembelajaran   : 1 & 2 

Muatan              : B. Indonesia, Matematika, SBDP

Alat peraga       : Video Pembelajaran

Metode              : Tanya jawab, Demontrasi

Apersepsi :

Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang Perkembangan teknologi produksi pangan dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang perkembangan teknologi produksi sandang dan menentukan banyak simetri lipat pada sebuah bangun datar dengan benar.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :

 Tujuan Pembelajaran:

 1. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks dengan tepat.

2. Dengan percobaan, siswa dapat mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri lipat dengan tepat.

3. Dengan membuat sumbu simetri, siswa dapat menentukan banyak simetri lipat pada sebuah bangun datar dengan benar.

 4. Dengan mencermati gerakan memintal dan menenun, siswa dapat mengidentifikasi kuat lemahnya gerak tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan tepat.

5. Dengan mencermati gambar, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman pekerjaan individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan tepat.

 Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :

 

Read the text carefully (Bacalah teks berikut dengan seksama)!


Setiap orang memiliki pakaian. Ada kemeja, kaos, dan blus. Ada celana panjang, celana pendek, dan rok. Mereka mengenakan pakaian untuk melindungi tubuh.  Pakaian terbuat dari bahan yang berbeda-beda.  Tahukah kamu, bahan apa sajakah itu? Bagaimana  bahan itu diolah hingga menjadi pakaian? Pakaian apa saja yang dihasilkan? 

Mari, kita pelajari bersama-sama!

Bahan Dasar Pakaian 

Keluarga Udin memiliki banyak pakaian. Mereka memakai pakaian untuk melindungi tubuh. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari udara dingin atau panas. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari angin dan hujan. 

Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba. Pakaian berbahan dasar kapas banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Pakaian berbahan dasar kapas nyaman dipakai di siang hari. Pakaian berbahan dasar bulu domba dikenakan pada waktu tertentu. Pakaian berbahan dasar bulu domba menghangatkan badan pada saat hari dingin.

bu Udin memiliki kain tenun yang terbuat dari serat sutra. Pakaian yang terbuat dari serat sutra termasuk pakaian istimewa. Pakaian yang terbuat dari serat sutra biasa digunakan saat acara khusus.

 Berbeda dengan Udin, pakaian orang-orang zaman dahulu terbuat dari kayu dan kulit hewan. Pakaian mereka sangat sederhana. Satu pakaian mereka gunakan untuk berbagai keadaan.

Hampir semua bahan dasar pakaian terdapat di alam. Bahan dasar pakaian jumlahnya terbatas. Jagalah pakaianmu agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Tuhan menyukai orang-orang yang menjaga apa yang dimiliki.

   

Bacalah kembali teks “Bahan Dasar Pakaian” dengan teliti! 
Garis bawahi kalimat pertama dari setiap paragraf!

Berikut isi cerita dari setiap paragraf "Bahan Dasar Pakaian"! 


Jawaban:
Paragraf 1 : Keluarga Udin mempunyai banyak pakaian.

Paragraf 2 : Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba.

Paragraf 3 : Ibu Udin memiliki kain tenun yang terbuat dari serat sutra.

Paragraf 4 : Berbeda dengan Udin ,Pakaian orang zaman dulu terbuat dari kulit kayu dan kulit hewan. 
Paragraf 5 : Hampir semua bahan dasar pakaian terdapat dari alam.


Mari Membaca Teks Berikut!


Ayo Berlatih!
1. Tuliskan isi cerita dari paragraf 5 yang berjudul " Mengolah Bahan Dasar Pakaian"!

Ayo Mencoba!

Ibu Udin memiliki kain kesayangan. Kain ibu Udin terbuat dari serat sutra. Udin mengamati motif pada kain. Udin menemukan beberapa motif bangun datar pada kain. Ia menggambar beberapa motif yang ditemukan


Kemudian, Udin menggambar salah satu bentuk bangun datar di atas kertas. Udin menggunting kertas mengikuti bentuk bangun datar. Lalu, Udin melipat kertas hingga sama besar dan saling menutupi. 

Lakukanlah seperti Udin. Hitunglah banyak cara melipat yang kamu dapatkan!
 

Bentuk-bentuk yang dapat menutupi semua bagian kertas dengan tepat saat dilipat, disebut bentuk yang memiliki simetri lipat.
              
 Cara Menentukan Simetri Lipat
Mari kita membuat sumbu simetri bangun persegi panjang!

1. Sediakan kertas berbentuk persegi panjang.

2. Lipatlah menjadi dua bagian yang sama.

3. Lalu, buka lipatan kertas.

4. Buatlah garis pada bekas lipatan. Apa nama garis yang membagi persegi panjang menjadi dua bagian yang sama?

Ayo Mengamati!






Ayo Mengamati jenis pekerjaan!
Amati gambar orang-orang yang berjasa dalam membuat pakaian! Pekerjaan mereka beragam, bukan?


Ayo berlatih!
3. Setelah  melihat gambar gerakan memintal dan menenun Jawablah pertanyaan berikut!
1. Pontanu artinya adalah...
2. Tarian Pontanu berasal dari daerah...
Amati bagan berikut!



2. Ayo berlatih Mencari Banyaknya Simetri Lipat Bangun Datar dibawah ini!


Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb. 
 
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang Perkembangan Teknologi Produksi Pangan, dapat menentukan banyak simetri lipat pada sebuah bangun datar dengan benar.. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.



 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMA 7 SUB TEMA 3 PB 4 dan 5

     Hari/Tanggal     : Kamis, 24 April 202 5     Good morning my students....   Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, ...