Selasa, 15 April 2025

TEMA 7 SUB TEMA 2 PB 3 dan 4

   

7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat untuk Generasi Emas 2045   

Hari/Tanggal     : Rabu, 16 April 2025

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Baiklah sholih sholiha bu guru, sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu ya nak.

Tema   7            : Perkembangan Teknologi

Subtema   2      : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang

Pembelajaran   : 3 dan 4 

Muatan              : B. Indonesia, Matematika, SBDP

Alat peraga       : Video Pembelajaran

Metode              : Tanya jawab, Demontrasi

Apersepsi :

Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang Perkembangan teknologi produksi pangan dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang perkembangan teknologi produksi sandang dan menentukan banyak simetri lipat pada sebuah bangun datar dengan benar.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :

Tujuan Pembelajaran:

1. Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan jenis-jenis kain adat yang

dihasilkan teknologi produksi sandang dengan tepat.

2. Dengan memperagakan gerakan tarian, siswa dapat mengidentifikasi kuat

lemahnya gerak tangan dalam tarian dengan tepat.

3. Dengan melakukan percobaan,  siswa dapat menentukan banyaknya simetri lipat pada bangun datar dengan menggunakan benda konkret dengan tepat.

Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :


 

Dayu suka menari.Ia menggunakan kain adat saat menari daerah.Kain adat saat ini sangat disukai banyak orang.

Ayo Membaca!

Bacalah teks berikut seperti pembaca berita!

  Kain Adat Indonesia

    Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya budaya. Salah satu sebabnya karena wilayah Indonesia sangat luas. Setiap daerah di Indonesia memiliki budayanya sendiri. 
    Salah satu kekayaan budaya Indonesia adalah kain adat. Setiap daerah memiliki kain adat. Kain Songket dikenal sebagai kain adat orang Melayu. Kain Sasirangan dikenal sebagai kain adat suku Banjar di Kalimantan. Orang-orang di Jawa memiliki batik dan lurik. Kain Tenun dikenal sebagai kain adat dari Nusa Tenggara.
Kain adat Indonesia sangat istimewa. Kain adat dibuat dengan menggunakan bahan yang ada di lingkungan tempat tinggal. Warna kain juga berasal dari bahan alam. Kain adat umumnya dibuat dengan cara ditenun tangan. 

  


Kain adat memiliki banyak fungsi. Kain adat dapat digunakan sebagai bahan pakaian sehari-hari. Kain adat biasanya dipakai saat upacara adat. Kainadat juga banyak digunakan sebagai baju tarian daerah. Kain adat sering digunakan dalam upacara perkawinan. Di beberapa daerah kain adat juga digunakan saat ada keluarga yang meninggal.


    Kain adat yang paling dikenal adalah batik. Batik ditemukan hampir di semua daerah. Setiap daerah memiliki batik dengan ciri yang berbeda. Batik merupakan pakaian nasional Indonesia. Sebagai rasa syukur akan kekayaan pakaian adat, bangsa Indonesia memperingati hari Batik setiap tanggal 2 Oktober.

Ayo Mencoba!

Masih ingatkah kamu tarian yang Dayu pelajari? Apa yang diceritakan dalam tarian tersebut?
Gerakan apa saja yang di peragakan? Cobalah peragakan kembali gerakan tarian tersebut! Tambahkan dengan gerakan sesuai keinginanmu.

Ayo Menari!
Dayu menarikan tari kreasi menenun. Kamu juga dapat berkreasi seperti Dayu. 
Berlatihlah seperti beberapa hari lalu. Lakukanlah dengan riang gembira! 


 Tari Kreasi Menenun :
 

 
Motif kain adat Indonesia sangat beragam. Ada motif bunga, hewan, dan bentuk bangun datar.  

Ayo Mengamati!

 

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb. 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang Perkembangan Teknologi Produksi Pangan, dapat menentukan banyak simetri lipat pada sebuah bangun datar dengan benar. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMA 7 SUB TEMA 3 PB 1 dan 2

        Hari/Tanggal     : Selasa, 22 April 202 5     Good morning my students....   Tabik pun ,,,!!   Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yu...