Hari/Tanggal : Senin, 14 April 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Baiklah sholih sholiha bu guru, sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu ya nak.
Subtema 1 : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Pembelajaran : 5 dan 6
Muatan : B. Indonesia, Matematika, PPKN
Alat peraga : Video Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, Demontrasi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang menghitung keliling dan luas satuan tak baku dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang Perkembangan Teknologi Produksi Pangan.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah.
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca dan mengamati isi teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi manfaat dari teknologi pangan dengan tepat.
2. Setelah menemukan arti dari kata yang berkaitan dengan teknologi pangan menggunakan kamus, siswa dapat menggunakan kata-kata tersebut dalam sebuah kalimat.
3. Setelah menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan pentingnya memahami keberagaman individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan jelas dan tepat.
4. Dengan memperhatikan penjelasan melalui gambar di blog, siswa dapat menemukanvolume suatu benda dengan satuan tidak baku.
5. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengurutkan volume benda dengan tepat.
Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :
Tidak
jauh dari tempat tinggal Udin terdapat sebuah peternakan sapi. Udin dan
teman – temannya di perbolehkan untuk mengunjungi peternakan tersebut
dan Udin mendapatkan teks bacaan tentang Susu sapi dan cara
pengolahannya. Udin dan teman – temannya membaca teks bersama –
sama. Berikut teksnya :
Apakah manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi?
1. Gizi dalam susu dapat dinikmati kapan saja.
2. Susu dapat diolah menjadi produk baru seperti yoghut, keju, mentega, dan es krim.
3. Menjaga makanan berbahan susu menjadi lebih awet.
4. Makanan berbahan susu lebih menarik bagi anak-anak.
Manfaat
dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi adalah makanan
berbahan dasar susu lebih awet, menjadi produk baru yang disukai
anak-anak, serta gizinya dapat dinikmati kapan saja.
Amati kata-kata yang digarisbawahi pada teks "Pengolahan Susu Sapi".
Carilah arti kata tersebut menggunakan kamus!
Kamu bisa minta bantuan pada orang tua di rumah
Ø Daya tahan artinya kemampuan bertahan terhadap segala pengaruh dair luar yang dapat merugikan (penyakit, serangan musuh, godaan, dan sebagainya)
Ø Teknologi
artinya metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan
terapan; keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang
diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia
Ø Pengemasan artinya proses, cara, perbuatan mengemasi.
Ø Kedap udara artinya tidak mudah atau tidak dapat dimasuki atau ditembus oleh udara.
Contoh Kalimat baru menggunakan kata-kata di atas!
1. Daya tahan
Daya tahan tubuhnya sangat rendah sehingga mudah sakit.
2. Teknologi
Setiap negara berlomba-lomba menciptakan teknologi tercanggih.
3. Pengemasan
Pengemasan produk susu membuat susu menjadi lebih awet
4. Kedap udara
Kita tidak akan bisa bernapas di ruang kedap udara.
Memahami
keberagaman dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat kita saling
mengerti satu sama lain. Kita tidak akan pernah memaksakan kehendak atau marah saat pendapat kita ditolak.
Selain itu, sifat tenggang rasa dalam diri kita akan terasah. Tenggang rasa artinya kita dapat menghargai perasaan orang lain.
Dengan
begitu, kita bisa mempertahankan persatuan dan kesatuan negara
Indonesia. Tanpa kesadaran akan keberagaman yang kita miliki, bangsa
Indonesia bisa saja terjerumus ke arah perpecahan.
Setiap individu memiliki kebiasaan dan kesukaan yang berbeda-beda. Sifat dan ciri setiap individu juga amat beragam. Beragam artinya bermacam-macam.
Ayo Mengamati
Volume Benda
Setelah bermain peran, Beni merasa haus. Dia ingin membeli susu. Beni melihat susu disimpan dalam berbagai kemasan.
Kemasan A diisi dengan susu yang terdapat dalam kemasan B
volume kemasan A adalah sama dengan 2 kemasan B.
Kemudian, kemasan A diisi dengan air yang terdapat dalam kemasan C.
Volume kemasan A sama dengan 4 kemasan C. Maka volume kemasan A, B, dan C berbeda.
Kemasan susu merupakan satuan volume tidak baku.
Gambar yang memiliki volume lebih banyak adalah berikut ini:
Urutkan kotak susu di atas mulai dari kotak yang bervolume paling sedikit hingga kotak yang bervolume paling banyak! Gambar 3,Gambar 2 dan Gambar 1
Namun sebaliknya jika di minta mengurutkan dari yang terbesar maka jawabannya 1, 2 dan 3.
1. Perlu Ditiru
- Muncul sikap tenggang rasa
- Memahami perasaan orang lain
- Saling melengkapi satu sama lain
- Menghargai perbedaan
- Memperkaya wawasan
2. Perlu Dihindari
- Berbeda pendapat
- Perang antar suku bangsa
- Memicu pertengkaran
- Memaksakan kehendak
- Tidak mau bersatu
Sikap yang perlu ditiru memberikan akibat yang positif atau baik.
Sikap yang harus dihindari adalah sikap yang dapat memberikan akibat negatif atau tidak baik.
Baiklah
sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga
anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa
laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih
kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb. REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami materi tentang Perkembangan Teknologi Produksi Pangan, mengurutkan volume benda dengan tepat menggunakan benda konkret dengan benar. Namun masih ada
beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan
penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang menghitung keliling dan luas satuan tak baku dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang Perkembangan Teknologi Produksi Pangan.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah.
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca dan mengamati isi teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi manfaat dari teknologi pangan dengan tepat.
2. Setelah menemukan arti dari kata yang berkaitan dengan teknologi pangan menggunakan kamus, siswa dapat menggunakan kata-kata tersebut dalam sebuah kalimat.
3. Setelah menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan pentingnya memahami keberagaman individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan jelas dan tepat.
4. Dengan memperhatikan penjelasan melalui gambar di blog, siswa dapat menemukanvolume suatu benda dengan satuan tidak baku.
5. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengurutkan volume benda dengan tepat.
Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :
Tidak jauh dari tempat tinggal Udin terdapat sebuah peternakan sapi. Udin dan teman – temannya di perbolehkan untuk mengunjungi peternakan tersebut dan Udin mendapatkan teks bacaan tentang Susu sapi dan cara pengolahannya. Udin dan teman – temannya membaca teks bersama – sama. Berikut teksnya :
Apakah manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi?
1. Gizi dalam susu dapat dinikmati kapan saja.
2. Susu dapat diolah menjadi produk baru seperti yoghut, keju, mentega, dan es krim.
3. Menjaga makanan berbahan susu menjadi lebih awet.
4. Makanan berbahan susu lebih menarik bagi anak-anak.
Manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi adalah makanan berbahan dasar susu lebih awet, menjadi produk baru yang disukai anak-anak, serta gizinya dapat dinikmati kapan saja.
Amati kata-kata yang digarisbawahi pada teks "Pengolahan Susu Sapi".
Carilah arti kata tersebut menggunakan kamus!
Kamu bisa minta bantuan pada orang tua di rumah
Ø Daya tahan artinya kemampuan bertahan terhadap segala pengaruh dair luar yang dapat merugikan (penyakit, serangan musuh, godaan, dan sebagainya)
Ø Teknologi artinya metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan; keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia
Ø Pengemasan artinya proses, cara, perbuatan mengemasi.
Ø Kedap udara artinya tidak mudah atau tidak dapat dimasuki atau ditembus oleh udara.
Contoh Kalimat baru menggunakan kata-kata di atas!
1. Daya tahan
Daya tahan tubuhnya sangat rendah sehingga mudah sakit.
2. Teknologi
Setiap negara berlomba-lomba menciptakan teknologi tercanggih.
3. Pengemasan
Pengemasan produk susu membuat susu menjadi lebih awet
4. Kedap udara
Kita tidak akan bisa bernapas di ruang kedap udara.
Memahami keberagaman dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat kita saling mengerti satu sama lain. Kita tidak akan pernah memaksakan kehendak atau marah saat pendapat kita ditolak.
Selain itu, sifat tenggang rasa dalam diri kita akan terasah. Tenggang rasa artinya kita dapat menghargai perasaan orang lain.
Dengan begitu, kita bisa mempertahankan persatuan dan kesatuan negara Indonesia. Tanpa kesadaran akan keberagaman yang kita miliki, bangsa Indonesia bisa saja terjerumus ke arah perpecahan.
Setiap individu memiliki kebiasaan dan kesukaan yang berbeda-beda. Sifat dan ciri setiap individu juga amat beragam. Beragam artinya bermacam-macam.
Ayo Mengamati
Volume Benda
Setelah bermain peran, Beni merasa haus. Dia ingin membeli susu. Beni melihat susu disimpan dalam berbagai kemasan.
Kemasan A diisi dengan susu yang terdapat dalam kemasan B
volume kemasan A adalah sama dengan 2 kemasan B.
Kemudian, kemasan A diisi dengan air yang terdapat dalam kemasan C.
Volume kemasan A sama dengan 4 kemasan C. Maka volume kemasan A, B, dan C berbeda.
Kemasan susu merupakan satuan volume tidak baku.
Gambar yang memiliki volume lebih banyak adalah berikut ini:
Urutkan kotak susu di atas mulai dari kotak yang bervolume paling sedikit hingga kotak yang bervolume paling banyak! Gambar 3,Gambar 2 dan Gambar 1
Namun sebaliknya jika di minta mengurutkan dari yang terbesar maka jawabannya 1, 2 dan 3.
1. Perlu Ditiru
- Muncul sikap tenggang rasa
- Memahami perasaan orang lain
- Saling melengkapi satu sama lain
- Menghargai perbedaan
- Memperkaya wawasan
2. Perlu Dihindari
- Berbeda pendapat
- Perang antar suku bangsa
- Memicu pertengkaran
- Memaksakan kehendak
- Tidak mau bersatu
Sikap yang perlu ditiru memberikan akibat yang positif atau baik.
Sikap yang harus dihindari adalah sikap yang dapat memberikan akibat negatif atau tidak baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar