Kamis, 13 November 2025

Jum'at, 14 Nopember 2025

 

  

Hari/Tanggal     : Jum'at, 14 Nopember 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Mapel : PAK   

Tujuan Pembelajaran

Membedakan contoh dan bukan contoh perilaku jujur, mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab.Menyadari pentingnya nilai-nilai tersebut sebagai dasar mencegah perilaku curang atau koruptif.

Media Pembelajaran

  • Gambar atau poster perilaku jujur, mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab.

  • Video pendek edukatif tentang kejujuran dan tanggung jawab.

  • Kartu permainan “pilih perilaku benar atau salah”.

  • Lembar kerja siswa (LKS).           

    Metode Pembelajaran

  1. Tanya jawab dan refleksi diri: Siswa diminta memberi contoh dari pengalaman pribadi.
  2. Penugasan individu dan kelompok: Melatih kemandirian dan kerja sama.                                             

    Sumatif Soal Pilihan Ganda (10 Soal)

Pilihlah jawaban yang benar!

  1. Saat menemukan uang di halaman sekolah, kita harus …
    a. Mengambil dan menyimpannya sendiri
    b. Menyerahkan kepada guru
    c. Memberikannya kepada teman
    d. Membiarkannya di tanah
     

  2. Datang ke sekolah tepat waktu menunjukkan sikap …
    a. Mandiri
    b. Disiplin
    c. Jujur
    d. Tanggung jawab

  3. Jika diberi tugas oleh guru, sebaiknya kita …
    a. Meminta teman mengerjakan
    b. Menundanya terus
    c. Mengerjakan dengan sungguh-sungguh
    d. Mengabaikannya
     

  4. Tidak mencontek saat ulangan adalah contoh perilaku …
    a. Mandiri
    b. Tanggung jawab
    c. Jujur
    d. Disiplin
     

  5. Saat ibu menyuruh membantu menyapu, kita harus …
    a. Segera melakukannya
    b. Pura-pura tidak dengar
    c. Menyuruh adik saja
    d. Menolak
     

  6. Anak yang mandiri biasanya …
    a. Selalu minta bantuan orang lain
    b. Tidak mau berusaha sendiri
    c. Bisa mengerjakan tugas tanpa disuruh
    d. Malas mengerjakan pekerjaan rumah
     

  7. Menepati janji kepada teman menunjukkan sikap …
    a. Jujur
    b. Disiplin
    c. Tanggung jawab
    d. Mandiri
     

  8. Saat guru tidak ada di kelas, kita sebaiknya …
    a. Bermain dan berteriak
    b. Tetap belajar dengan tertib
    c. Keluar dari kelas
    d. Tidur di meja

  9. Mengatur waktu belajar dan bermain adalah contoh sikap …
    a. Disiplin
    b. Jujur
    c. Mandiri
    d. Tanggung jawab
     

  10. Jika menumpahkan air di lantai, kita harus …
    a. Membiarkan saja
    b. Menyalahkan teman
    c. Segera membersihkannya
    d. Pergi dan tidak peduli
                                             

     

    Soal Uraian (5 Soal)

  1. Jelaskan dengan kata-katamu sendiri apa arti jujur!

  2. Sebutkan dua contoh perilaku mandiri di rumah!

  3. Mengapa kita harus datang tepat waktu ke sekolah?

  4. Ceritakan pengalamanmu ketika bertanggung jawab terhadap tugasmu!

  5. Apa yang akan kamu lakukan jika melihat teman berbuat tidak baik


Mapel : Matematika

MATERI : Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa dapat :

  1. Menjelaskan pengertian kelipatan dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK).

  2. Menentukan kelipatan dari suatu bilangan.                                        

     

    Pengertian

  1. Kelipatan suatu bilangan adalah hasil perkalian bilangan tersebut dengan bilangan 1, 2, 3, dan seterusnya.

    Contoh:
    Kelipatan 2 = 2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, …
    Kelipatan 3 = 3, 6, 9, 12, 15, 18, …

  2. Kelipatan Persekutuan dari dua bilangan adalah bilangan-bilangan yang menjadi kelipatan dari keduanya.

    Contoh:
    Kelipatan 2 = 2, 4, 6, 8, 10, 12, …
    Kelipatan 3 = 3, 6, 9, 12, 15, …
    Kelipatan persekutuannya = 6, 12, 18, …

  3. Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) adalah kelipatan persekutuan yang paling kecil (terkecil) di antara dua atau lebih bilangan.

    Dari contoh di atas:
    KPK dari 2 dan 3 adalah 6.

     

    B. Cara Menentukan KPK

Cara 1: Dengan Menuliskan Kelipatan

  1. Tulis beberapa kelipatan dari setiap bilangan.

  2. Temukan kelipatan yang sama (persekutuan).

  3. Pilih yang paling kecil.

Contoh:
Tentukan KPK dari 4 dan 6.

  • Kelipatan 4 = 4, 8, 12, 16, 20, 24, …

  • Kelipatan 6 = 6, 12, 18, 24, 30, …
    ➡️ Kelipatan persekutuan = 12, 24, …
    ✅ Jadi, KPK = 12


Cara 2: Dengan Menggunakan Faktor Prima (Untuk Guru Tambahan)

Langkah-langkah:

  1. Uraikan masing-masing bilangan menjadi faktor primanya.

  2. Ambil semua faktor prima yang muncul dengan pangkat tertinggi.

  3. Kalikan semuanya.

Contoh:
KPK dari 6 dan 8

  • 6 = 2 × 3

  • 8 = 2 × 2 × 2 = 2³
    KPK = 2³ × 3 = 8 × 3 = 24


C. Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh 1:
Tentukan KPK dari 3 dan 5!

  • Kelipatan 3 = 3, 6, 9, 12, 15, …

  • Kelipatan 5 = 5, 10, 15, 20, …
    ➡️ Kelipatan persekutuan = 15, 30, …
    ✅ Jadi, KPK = 15


Contoh 2 (Soal Cerita):
Ani menyalakan lampu hias yang berkedip setiap 4 detik, dan lampu biru berkedip setiap 6 detik.
Setelah berapa detik kedua lampu akan berkedip bersamaan lagi?

Penyelesaian:
KPK dari 4 dan 6 = 12
✅ Jadi, kedua lampu akan berkedip bersamaan setiap 12 detik.

D. Latihan Soal

  1. Tentukan KPK dari 2 dan 4!

  2. Tentukan KPK dari 3 dan 7!

  3. Tentukan KPK dari 5 dan 6!

  4. Tentukan KPK dari 8 dan 10!

  5. Udin menabuh drum setiap 3 detik sekali, dan Edo menabuh tamborin setiap 4 detik sekali. Setelah berapa detik mereka menabuh bersamaan lagi?                                                       

    Kunci Jawaban Latihan

  1. 2 dan 4 → KPK = 4

  2. 3 dan 7 → KPK = 21

  3. 5 dan 6 → KPK = 30

  4. 8 dan 10 → KPK = 40

  5. 3 dan 4 → KPK = 12 detik                   

     

    E. Nilai Karakter yang Dikembangkan

  • Teliti : dalam menghitung kelipatan.

  • Disiplin : mengikuti langkah-langkah dengan benar.

  • Kreatif dan logis : dalam memecahkan soal cerita.

\

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa hampir semua murid
 dapat memahami kelipatan persekutuan terkecil (KPK).

Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya. 

 

Rabu, 12 November 2025

Kamis, 13 Nopember 2025

  

 

Hari/Tanggal     : Kamis, 13 Nopember 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Mapel Ipas

Tujuan Pembelajaran

  1. Sumatif harian Ipas 

  2. Menyebutkan berbagai macam perubahan wujud benda (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim).

  3. Memberikan contoh perubahan wujud benda yang terjadi di lingkungan sekitar                         

    Media Pembelajaran

  1. Lembar kerja siswa (LKS) untuk mencatat hasil pengamatan, buku PH    

    Metode Pembelajaran

  1. Penugasan individu – membuat laporan sederhana dari hasil percobaan.

  2. Refleksi dan tanya jawab – guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran bersama. 

    A. Soal Pilihan Ganda (10 Butir)

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

  1. Es yang dibiarkan di udara terbuka lama-kelamaan akan berubah menjadi air. Peristiwa ini disebut …
    a. Membeku
    b. Menguap
    c. Mencair
    d. Menyublim

  2. Perubahan dari air menjadi uap air disebut …
    a. Mengembun
    b. Menguap
    c. Membeku
    d. Mencair

  3. Perhatikan peristiwa berikut: lilin dinyalakan → lilin meleleh.
    Peristiwa tersebut merupakan perubahan wujud …
    a. Mencair
    b. Membeku
    c. Menyublim
    d. Mengembun

  4. Uap air yang menempel di dinding gelas berisi es menjadi titik-titik air disebut …
    a. Membeku
    b. Menguap
    c. Mengembun
    d. Menyublim

  5. Kapur barus yang lama-kelamaan habis disebut mengalami perubahan wujud …
    a. Mencair
    b. Menyublim
    c. Menguap
    d. Mengembun

  6. Perubahan wujud dari gas menjadi cair disebut …
    a. Menguap
    b. Mengembun
    c. Membeku
    d. Mencair

  7. Air yang dimasukkan ke dalam freezer akan menjadi es. Peristiwa ini disebut …
    a. Mencair
    b. Membeku
    c. Menguap
    d. Mengembun

  8. Contoh perubahan wujud mencair di rumah adalah …
    a. Es batu yang dibiarkan di meja
    b. Air yang direbus
    c. Uap air menempel di jendela
    d. Kapur barus di lemari

  9. Perubahan wujud yang terjadi saat pagi hari embun muncul di daun adalah …
    a. Menguap
    b. Mengembun
    c. Membeku
    d. Mencair

  10. Contoh perubahan wujud padat menjadi gas adalah …
    a. Air mendidih
    b. Kapur barus menghilang
    c. Lilin mencair
    d. Es menjadi air


B. Soal Esai (5 Butir)

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan perubahan wujud benda!

  2. Sebutkan dan jelaskan tiga macam perubahan wujud benda beserta contohnya!

  3. Apa yang terjadi jika air dipanaskan terus-menerus? Jelaskan alasannya!

  4. Mengapa saat pagi hari sering terlihat embun di daun atau kaca jendela?

  5. Tuliskan hasil pengamatanmu ketika es batu dibiarkan di udara terbuka selama beberapa menit!

 

 Seni Rupa

Tujuan pembelajaran : murid membuat karya dekoratif, membuat karya komposisi. 
 
Media pembelajaran : gambar, crayon 
 
Metode pembelajaran : Praktek langsung 
 
Apa itu desain mandala 
 
Desain mandala adalah pola geometris yang simetris, biasanya berbentuk lingkaran dengan banyak lapisan detail rumit yang tersusun mengelilingi titik pusat
 
Berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti "lingkaran," desain ini memiliki makna spiritual dan simbolis dalam budaya Hindu dan Buddha, melambangkan alam semesta atau perjalanan spiritual dari luar ke dalam diri. Desain ini digunakan untuk meditasi, relaksasi, dan terapi seni karena menciptakan perasaan keseimbangan, ketenangan, dan fokus. 

Ciri-ciri utama gambar mandala
Simetri: Memiliki simetri pusat, di mana elemen-elemen yang sama atau serupa disusun berlawanan di sekitar titik tengah untuk menciptakan keseimbangan visual.
  • Pola Geometri: Menggunakan pola geometris yang berulang dan berlapis, seperti lingkaran, segitiga, dan persegi, yang tersusun secara kompleks. 
  • Detail Halus: Sering kali menampilkan detail yang halus dan rumit, memerlukan keterampilan dan kesabaran untuk membuatnya.
  • Warna Beragam: Menggunakan berbagai warna yang berani untuk menciptakan efek visual yang menarik dan memperkuat makna simbolisnya. 
Fungsi dan kegunaan mandala
  • Simbol Spiritual: Mewakili kosmos, alam semesta, atau aspek-aspek spiritual dalam agama dan budaya.
  • Alat Meditasi: Digunakan dalam praktik meditasi, yoga, dan doa untuk membantu mencapai pencerahan, kedamaian, dan kejernihan pikiran.
  • Terapi Seni: Sering digunakan dalam terapi seni untuk membantu proses penyembuhan emosional, eksplorasi diri, dan relaksasi.
  • Ekspresi Diri: Menjadi cara untuk mengekspresikan dunia batin, kreativitas, dan perjalanan pribadi seseorang. 

 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil 
Sumatif harian IPAS pada hari ini dapat diketahui bahwa hampir semua murid mampu menjawab pertanyaan berdasarkan soal soal tentang berbagai macam perubahan wujud benda (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim).
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya. 

Selasa, 11 November 2025

Rabu, 12 Nopember 2025

 

   

Hari/Tanggal     : Rabu, 12 Nopember 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Tujuan pembelajaran : Sumatif harian Bahasa Indonesia 

Media pembelajaran : soal sumatif harian, buku PH

Metode pembelajaran : mengerjakan secara Individu 

Teks Bacaan: “Profesi di Sekitarku”

Di sekitar kita ada banyak orang yang bekerja sesuai profesinya.
Pak Rudi adalah petani. Setiap pagi, ia pergi ke sawah menanam padi agar kita bisa makan nasi.
Bu Lani adalah guru di SD Harapan Bangsa. Ia mengajar dengan sabar supaya murid-murid menjadi pintar.
Pak Adi bekerja sebagai polisi. Ia menjaga keamanan di jalan dan membantu orang menyeberang.
Bu Tika adalah dokter di puskesmas. Ia memeriksa orang sakit dan memberi obat supaya cepat sembuh.
Sementara itu, Pak Dimas menjadi pedagang di pasar. Ia menjual buah dan sayur segar setiap hari.

Semua profesi itu penting. Jika setiap orang bekerja dengan jujur dan rajin, masyarakat akan hidup dengan nyaman dan sejahtera.

A. Soal Pilihan Ganda (Literasi dan Numerasi Ringan)

  1. Pekerjaan Pak Rudi adalah …
    a. Polisi
    b. Dokter
    c. Petani
    d. Pedagang

  2. Apa tugas utama Bu Lani sebagai guru?
    a. Menjaga keamanan
    b. Mengajar murid supaya pintar
    c. Menjual sayur di pasar
    d. Menanam padi di sawah

  3. Profesi yang menjaga keamanan di jalan adalah …
    a. Dokter
    b. Polisi
    c. Petani
    d. Pedagang

  4. Bu Tika bekerja di …
    a. Sekolah
    b. Sawah
    c. Puskesmas
    d. Pasar

  5. Profesi siapa yang menyediakan makanan segar untuk masyarakat?
    a. Petani dan pedagang
    b. Dokter dan polisi
    c. Guru dan dokter
    d. Polisi dan guru

  6. Jika Pak Dimas menjual 5 kilogram apel dengan harga Rp10.000/kg, berapa uang yang ia peroleh?
    a. Rp40.000
    b. Rp50.000
    c. Rp45.000
    d. Rp60.000

  7. Apa nilai sikap yang bisa diteladani dari Bu Lani?
    a. Sabar dan rajin mengajar
    b. Mudah marah
    c. Tidak peduli murid
    d. Sering datang terlambat

  8. Mengapa pekerjaan dokter sangat penting?
    a. Karena dokter membuat orang menjadi sakit
    b. Karena dokter menolong orang agar sembuh
    c. Karena dokter menjual obat di pasar
    d. Karena dokter menjaga keamanan

  9. Semua profesi di teks tadi memiliki kesamaan, yaitu …
    a. Sama-sama ingin terkenal
    b. Sama-sama bekerja untuk membantu orang lain
    c. Sama-sama bekerja di kantor
    d. Sama-sama berjualan

  10. Pesan yang dapat kita ambil dari teks bacaan adalah …
    a. Semua pekerjaan sama tidak pentingnya
    b. Hanya guru yang berjasa
    c. Setiap pekerjaan memiliki peran penting dan harus dihargai
    d. Lebih baik tidak bekerja


  11. B. Soal Uraian (Esai – Literasi & Numerasi Ringan)

    1. Mengapa pekerjaan petani sangat penting bagi masyarakat?

    2. Tuliskan dua sikap baik yang bisa kamu tiru dari profesi-profesi dalam teks!

    3. Jika dokter memeriksa 12 pasien di pagi hari dan 8 pasien di sore hari, berapa jumlah pasien yang diperiksa seluruhnya?

    4. Nelayan menangkap ikan di laut buatkan kalimat pasifnya? 

    5. Pilih satu profesi dalam teks yang paling kamu kagumi dan jelaskan alasannya 

  

Mapel : Pendidikan Pancasila 
 
Tujuan Pembelajaran : Sumatif harian ke 4 
 
Materi  : Hak dan kewajiban 

Media pembelajaran : Soal Sumatif harian 1, LCD , buku PH

Metode pembelajaran : mengerjakan secara Individu 

Soal Sumatif harian ke -4 

1. Salah satu hak murid di sekolah adalah …
A. Datang terlambat ke sekolah
B. Mendapatkan pelajaran dari guru
C. Tidak mengerjakan PR
D. Mengabaikan tata tertib sekolah


2. Contoh kewajiban murid di sekolah adalah …
A. Bermain saat pelajaran berlangsung
B. Menghormati guru dan teman
C. Tidak memakai seragam
D. Pulang sebelum waktu yang ditentukan
 


3. Di rumah, hak seorang anak adalah …
A. Membantu pekerjaan orang tua
B. Mendapat kasih sayang dari keluarga
C. Membersihkan kamar
D. Menjaga kebersihan rumah


4. Kewajiban anak di rumah yang benar yaitu …
A. Bermalas-malasan setiap hari
B. Membantu orang tua dengan ikhlas
C. Tidak mau makan bersama keluarga
D. Membantah nasihat orang tua
 


5. Di lingkungan sekitar, hak anak adalah …
A. Merusak taman bermain
B. Menikmati lingkungan yang bersih dan aman
C. Membuang sampah sembarangan
D. Mengganggu tetangga


6. Kewajiban anak di lingkungan adalah …
A. Mengotori jalan
B. Berpartisipasi menjaga kebersihan
C. Mengganggu teman bermain
D. Membiarkan sampah berserakan


7. Jika di sekolah kita melihat teman berkelahi, maka kewajiban kita adalah …
A. Menonton saja
B. Ikut berkelahi
C. Melapor kepada guru agar masalah diselesaikan dengan baik
D. Membiarkan mereka
 


8. Mengikuti upacara bendera setiap hari Senin termasuk …
A. Hak murid
B. Kewajiban murid
C. Pilihan pribadi
D. Hukuman dari guru


9. Ketika di rumah ada pekerjaan yang bisa dibantu, sikap yang baik adalah …
A. Menghindar
B. Menunggu disuruh
C. Membantu dengan senang hati
D. Tidak peduli


10. Menjaga nama baik sekolah merupakan …
A. Hak saja
B. Kewajiban semua warga sekolah
C. Tugas guru
D. Tugas kepala sekolah

Soal Uraian

1. Jelaskan perbedaan antara hak dan kewajiban murid di sekolah!

2. Sebutkan tiga contoh hak dan tiga contoh kewajiban anak di rumah!

3. Mengapa kita harus menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal?

4. Bagaimana sikapmu jika temanmu tidak mau melaksanakan kewajibannya di sekolah?

5. Tuliskan contoh perilaku yang mencerminkan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang di sekolah !

 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil 
Sumatif harian Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila pada hari ini dapat diketahui bahwa hampir semua murid mampu menjawab pertanyaan berdasarkan soal soal tentang Teks Bacaan: “Profesi di Sekitarku” dan Hak dan Kewajiban di Rumah, Sekolah, dan Lingkungan       
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya. 

Senin, 10 November 2025

Senin, 10 Nopember 2025

  

 

Hari/Tanggal     : Senin, 10 Nopember 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Mata Pelajaran : Matematika 

Tujuan utama : Siswa dapat memahami konsep dasar kelipatan dan faktor suatu bilangan.

Metode pembelajaran : 

Metode Eksplorasi (Belajar Kelompok):
  • Siswa dibagi menjadi kelompok kecil dan masing-masing kelompok diberikan benda-benda konkret (misalnya ubin
Pengertian Kelipatan
 
Kelipatan suatu bilangan adalah hasil dari perkalian bilangan tersebut dengan bilangan asli. Cara termudah untuk mencari kelipatan adalah dengan menjumlahkan bilangan itu secara berulang.
 
Contoh kelipatan 
  • 1 x 2 = 2 
  • 2 x 2 = 4
  • 3 x 2 = 6
  • 4 x 2 = 8
  • Jadi, kelipatan 2 adalah 2, 4, 6, 8, dan seterusnya.
Pengertian Faktor
Faktor suatu bilangan adalah semua bilangan yang dapat membagi habis bilangan tersebut tanpa sisa.
Cara mencari faktor: Cari pasangan bilangan yang jika dikalikan hasilnya adalah bilangan tersebut.
 
Contoh faktor dari 12:
1 x 12 = 12
2 x 6 = 12
3 x 4 = 12 
4 x 3 = 12
6 x 2 = 12
 
Jadi, faktor dari 12 adalah 1, 2, 3, 4, 6, dan 12.
Perbedaan Antara Kelipatan dan Faktor
Secara sederhana, perbedaannya adalah sebagai berikut:
  • Kelipatan adalah hasil perkalian.
  • Faktor adalah bilangan pembagi.
Lihat kembali contoh 30 pada hasil perkalian :
  • 30 adalah kelipatan dari 5 dan 6.
  • 5 dan 6 adalah faktor dari 30.

  

Mapel Pendidikan Pancasila 
 
Tujuan pembelajaran : murid dapat melaksanakan hak 

Media pembelajaran : gambar, video, LCD, buku cetak 

Metode pembelajaran :  diskusi, tanya jawab 

Gambar melaksanakan hak bisa berupa ilustrasi anak yang sedang belajar di sekolah, warga negara yang menggunakan hak pilih saat pemilu, atau orang yang menyampaikan pendapat di depan umum. Secara umum, gambar tersebut menunjukkan seseorang sedang menikmati atau menggunakan hak yang dimilikinya, seperti hak pendidikan, hak berpendapat, atau hak mendapatkan perlindungan. 

Berikut adalah beberapa contoh spesifik dari gambar pelaksanaan hak:
  • Pelaksanaan hak anak:
    • Anak-anak bermain di taman (hak bermain).
    • Anak-anak bersekolah dan mendapatkan pengajaran dari guru (hak mendapatkan pendidikan).
    • Anak-anak mendapatkan perlindungan dan kasih sayang dari keluarga (hak perlindungan dan kasih sayang)  
  • Pelaksanaan hak siswa:
    • Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru di kelas (hak bertanya).
    • Siswa menggunakan fasilitas sekolah seperti perpustakaan atau laboratorium (hak menggunakan fasilitas sekolah).
    • Siswa mengikuti kegiatan organisasi di sekolah (hak ikut organisasi sekolah).
  • Pelaksanaan hak warga negara:
    • Seseorang menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara saat pemilu.
    • Seseorang sedang beribadah sesuai dengan agama yang dianutnya (hak beribadah).
    • Seseorang mendapatkan pelayanan dari pemerintah, seperti pelayanan kesehatan atau pelayanan administrasi (hak mendapatkan pelayanan masyarakat).
  • Pelaksanaan hak individu:
    • Seseorang menyampaikan pendapat dalam sebuah diskusi publik atau rapat (hak menyampaikan pendapat).
    • Seseorang bekerja dan mendapatkan penghidupan yang layak (hak mendapatkan penghidupan yang layak).
    • Seseorang mendapatkan perlakuan yang adil di depan hukum (hak mendapatkan perlakuan yang sama di depan hukum). 

  

  

Jum'at, 14 Nopember 2025

      Hari/Tanggal     : Jum'at, 14 Nopember 202 5     Good morning my students....   Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu...