Kamis, 16 Oktober 2025

Jumat, 17 Oktober 2025

  

 

Hari/Tanggal     : Jumat, 17 Oktober 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum STS pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

  

Hari ini kita akan melaksanakan STS materi :

1. IPAS
2. Pendidikan Anti Korupsi

  

Jadwal sts

 

kisi-kisi ipas 

 
1. Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menganalisis alat indra dan fungsinya.

2. Disajikan teks, peserta didik dapat menentukan alat indra dan fungsinya.

3. Disajikan teks, peserta didik dapat mengidentifikasi cara merawat alat indra pada manusia.

4. Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi  bagian - bagian alat indra manusia.
 
5. Disajikan tabel, peserta didik dapat menganalisis alat indra dan fungsinya.

6. Disajikan tabel , peserta didik dapat menentukan gangguan pada alat indra.

7. Disajikan tabel  peserta didik dapat menentukan jenis vitamin dengan fungsinya. 

8. Disajikan gambar , peserta didik dapat menganalisis jawaban sesuai gambar

9. Disajikan soal, peserta didik dapat menyebutkan jawabannya.

10. Disajikan soal dan gambar, peserta didik dapat menganalisis perkembang biakan hewan sesuai gambar.

11. Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri hewan dan cara menyesuaikan dengan lingkungan.

12. Disajikan soal, peserta didik dapat menyebutkan jawabannya.

13. Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat mengidentifikasi jawaban melalui teks bacaan.

14. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan macam-macam kelompok hewan 

15. Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi siklus hidup hewan.

16. Disajikan gambar, peserta didik dapat mengurutkan siklus hidup manusia.

17. Disajikan teks, peserta didik dapat menentukan siklus makhluk hidup.

18. Disajikan gambar, peserta didik dapat mengurutkan siklus hidup katak.
 
19. Disajikan gambar, peserta didik dapat mengurutkan siklus hidup tumbuhan.

20. Disajikan teks, peserta didik dapat menganalisis teks.

21. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan tahapan metamorfosis hewan.

22. Disajikan teks, peserta didik dapat menjelaskan tentang metamorfosis hewan.

 
KISI-KISI NILAI ANTI KORUPSI

Nilai-nilai Anti Korupsi
 
Nilai yang dikembangkan: Jujur, Peduli, Tanggung Jawab, Disiplin
 1.Jujur               
- Mengatakan yang sebenarnya kepada guru/orang tu
- Tidak mencontek saat ulangan 
 
2 . Peduli              
- Membantu teman yang kesulitan
- Tidak bersikap acuh pada lingkungan sekitar    
 
3 Tanggung Jawab     
- Mengumpulkan tugas tepat waktu
- Merawat barang pribadi & sekolah               
 
4. Disiplin           
 Datang tepat waktu -Mematuhi tata tertib sekolah                               

1. Jujur

 Siswa mampu berkata jujur ketika melakukan kesalahan.
 Siswa tidak menyontek dalam mengerjakan tugas atau ulangan.

 2. Peduli

Siswa membantu teman tanpa diminta.
Siswa menjaga kebersihan lingkungan kelas.


3.Tanggung Jawab

Siswa menyelesaikan tugas tanpa disuruh.
Siswa menjaga barang-barang pribadi dan sekolah.


 4. Disiplin

Siswa hadir tepat waktu.
Siswa mematuhi aturan kelas.

SOAL PILIHAN GANDA – NILAI ANTI KORUPSI

1. Nizam menemukan uang di lantai kelas. Sikap yang sebaiknya dilakukan adalah ...
  A. Menyimpan uang itu untuk jajan
  B. Memberikan kepada guru atau melapor
  C. Memberikannya kepada teman dekat


2. Saat ulangan, Kinan tidak tahu jawabannya. Ia tetap mengerjakan sendiri tanpa mencontek. Sikap Kinan menunjukkan ...
A. Malas belajar
B. Jujur dalam bertindak
C. Sombong kepada teman

3. Contoh perilaku tidak jujur adalah ...
A. Mengakui kesalahan
B. Mengembalikan barang yang dipinjam
C. Berbohong agar tidak dimarahi


4. Sikap jujur harus diterapkan ketika ...
A. Ulangan saja
B. Sedang diawasi guru
C. Dalam kehidupan sehari-hari

5. Jika temanmu berkata jujur meskipun ia melakukan kesalahan, maka kita sebaiknya ...
A. Mengejeknya
B. Menirunya dan memaafkannya
C. Melaporkannya ke orang tua

6. Ketika temanmu kesulitan membawa banyak buku, kamu sebaiknya ...
A. Menertawakannya
B. Pergi menjauh
C. Menolong membawakan buku


7. Menjaga kebersihan kelas bersama-sama menunjukkan sikap ...
A. Peduli terhadap lingkungan
B. Takut ditegur guru
C. Malas membersihkan

8. Jika ada teman yang terjatuh, sikap kita sebaiknya ...
A. Menertawakan
B. Membiarkan saja
C. Membantu dan menolongnya

9. Perilaku peduli kepada teman ditunjukkan dengan ...
A. Mengganggunya saat belajar
B. Meminjamkan alat tulis saat ia lupa
C. Tidak mengajak bermain

10. Ketika ada kegiatan kerja bakti di sekolah, kita harus ...
A. Pergi bermain
B. Membantu sebentar saja
C. Ikut serta membersihkan dengan semangat

11. Contoh tanggung jawab di rumah adalah ...
A. Menyapu lantai bila diminta
B. Membiarkan rumah berantakan
C. Bermain terus tanpa membantu

12. Kita bertanggung jawab atas barang sendiri dengan cara ...
A. Menyimpan sembarangan
B. Merawat dan menyimpannya dengan baik
C. Meminjam barang teman terus-menerus

13. Jika kamu diberi tugas oleh guru, maka kamu harus ...   
A. Menundanya sampai lupa                        
B. Mengerjakannya dengan baik                  
C. Menyalin tugas dari teman

14. Anak yang bertanggung jawab akan ...
A. Selalu menghindar dari tugas
B. Menyelesaikan tugas tepat waktu           
C. Meminta orang tua yang mengerjakan

15. Saat bermain, tidak sengaja kamu memecahkan pot bunga. Sikap yang benar adalah ...
A. Diam saja
B. Menyalahkan teman
C. Mengaku dan minta maaf

16. Siswa yang disiplin akan ...
A. Datang ke sekolah tepat waktu
B. Masuk kelas sesuka hati
C. Pulang tanpa izin

17. Contoh disiplin di sekolah adalah ...     
A. Membolos saat pelajaran
B. Mengerjakan PR sebelum dikumpulkan
C. Tidur di kelas

18. Disiplin membuat kita menjadi ...
A. Ceroboh                      
B. Tidak dipercaya
C. Teratur dan dipercaya orang lain

19. Mematuhi aturan lalu lintas adalah contoh disiplin di ...
A. Rumah
B. Sekolah
C. Jalan raya

20. Ketika bel masuk berbunyi, kamu sebaiknya ...
A. Tetap bermain
B. Segera masuk kelas
C. Bersembunyi di toilet


 

Rabu, 15 Oktober 2025

Kamis, 16 Oktober 2025

  

 

 

Hari/Tanggal     : Kamis, 16 Oktober 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum STS pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

  

Hari ini kita akan melaksanakan STS materi :

1. Matematika 
2. PJOK

  

Jadwal sts

 

Kisi kisi  Matematika

1. mengenal bilangan cacah 1 hingga 1000 
2. menghitung bilangan 1 hingga 1000
3. memahami nilai tempat bilangan 1 hingga 1000
4. membandingkan bilangan 1 hingga 1000 
5. memahami urutan bilangan 1 hingga 1000
6. menyusun bilangan 1 hingga 1000 
7. menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bilangan cacah 1 hingga 1000
8. Menjumlahkan bilangan 1 hingga 1000 dengan cara bersusun pendek tanpa menyimpan 
9. menjumlahkan bilangan cacah 1 sampai 1000 dengan bersusun pendek teknik menyimpan 
10. menjumlahkan bilangan cacah dengan cara bersusun panjang tanpa menyimpan
11. menjumlahkan bilangan cacah dengan cara bersusun panjang teknik menyimpan 
12. mengurangkan bilangan cacah dengan cara bersusun pendek tanpa meminjam 13. mengurangkan bilangan cacah bersusun panjang tanpa meminjam 
14. mengurangkan bilangan cacah dengan cara bersuhu pendek dan panjang teknik meminjam dan 
15. menyelesaikan persoalan permasalahan yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah
16. Melakukan perkalian bilangan cacah sebagai penjumlahan berulang 
17. melakukan perkalian bilangan 1 hingga 100 bersusun pendek 
18. menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan perkalian bilangan cacah 1 hingga 100
19. Melakukan pembagian bilangan cacah satu hingga 100 
20. memahami pembagian sebagai pengurangan berulang 
21. memahami pembagian sebagai kebalikan dari perkalian 
22. menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pembagian bilangan cacah 1 hingga 100

Latihan soal-soal matematika 

  1. Hasil dari 456 + 231 adalah …            A. 677     B. 687        C. 697

  2. 785 – 243 = …                                     A. 532      B. 542       C. 552

  3. Hasil dari 12 × 5 adalah …                  A. 50     B. 60      C. 70

  4. 64 dibagi 8 hasilnya adalah …            A. 6       B. 7         C. 8


  5. Bilangan genap dari 20 sampai 30 adalah …                                                

    A. 22, 24, 26                B. 21, 25, 29                  C. 21, 23, 25

  6. Urutan bilangan dari yang terbesar ke terkecil: 458, 784, 539, 623 adalah 

    A. 458, 539, 623, 784       B. 784, 623, 539, 458      C. 623, 784, 458, 539

  7. Hasil dari 35 + 28 adalah …                A. 53    B. 63     C. 73

  8. Jika Zoya memiliki 6 kotak, masing-masing berisi 9 pensil, maka jumlah semua pensil adalah …                       A. 54      B. 56       C. 60

  9. Bentuk perkalian dari 4 + 4 + 4 + 4 adalah …A. 4 × 3    B. 4 × 4     C. 3 × 4

  10. 120 – 75 = …A. 45             B. 35              C. 55

 
11.Angka 5 pada bilangan 452 menempati nilai tempat ...                                                A. Ratusan              B. Puluhan              C. Satuan

 

12.nilai angka 3 pada bilangan 738 adalah …....... 

A. 300                B. 30                       C. 3                             

 

13.Tanda yang tepat untuk membandingkan 348 ___ 843 adalah …     

 A. >                  B. <                  C. =

 

14. 782 ___ 728   =        A. >               B. <                      C. =                                      

15. Tania membeli 4 bungkus permen. Setiap bungkus berisi 6 permen. Jumlah permen seluruhnya adalah …             A. 24                B. 30              C. 36                             

16. Nabila memiliki 36 kue. Ia ingin membagikannya kepada 6 teman secara merata. Setiap teman mendapat …  A. 4 kue         B. 5 kue             C. 6 kue



 

Selasa, 14 Oktober 2025

Rabu, 15 Oktober 2025

 

 

Hari/Tanggal     : Rabu, 15 Oktober 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum STS pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

  

Hari ini kita akan melaksanakan PTS materi :

1. Seni Rupa 
2. Bahasa Lampung 

  

Jadwal sts

 

Kisi kisi Seni Rupa 

1.menjelaskan unsur seni rupa garis dan bentuk 
2 menyebutkan jenis-jenis garis dan jenis-jenis bentuk 
3 Menyebutkan contoh unsur garis dan bentuk di lingkungan sekitar 
4 menerapkan unsur garis dan bentuk dalam karya seni
5.Disajiakan soal Siswa  memahami unsur seni rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya

6.Disajiakan soal Siswa   bahan dasar yang tersedia di lingkungan sekitarnya.
Disajiakan soal Siswa  mengenali  bahn dasar campuran warna yang tersedia di lingkungan sekitarnya.

7.Disajikan dalam bentuk soal ,siswa dapat menyebutkan  alat dan bahan dasar yang tersedia di lingkungan sekitar

8.Disajiakan soal Siswa  mengenali karakteristik dan bahan dasar yang tersedia
Disajiakan soal Siswa  mengenali karakteristik khusus dasar yang tersedia di lingkungan sekitarnya.
menjelaskan pengertian warna
 
9 Menguraikan jenis warna primer sekunder dan tersier
10 menyebutkan alat dan bahan untuk membuat campuran warna 
11 menggunakan alat bahan prosedur dalam menghasilkan warna
12. Menjelaskan pengertian komposisi 
13 menyebutkan fungsi komposisi 
14 Menyebutkan jenis komposisi 
15 dapat menggunakan alat bahan prosedur dalam membuat karya dengan komposisi secara mandiri

16. sajikan dala bentuk soal ,siswa dapat menyebutkan langkah langkah dalam menggambar cerita

17.Disajikan dalam bentuk soal,siswa dapat mengetahui media dalam membuat gambar cerita

18.Disajikan dalm bentuk soal ,siswa mengetahui bagaimana teknik dalam membuat gambar cerita

19.Disajikan dalm bentuk soal ,siswa bagaimana ekspresi teknik dalam membuat gambar cerita

20.Disajikan dalam bentuk soal,siswa dapat mengetahui warna warna primer

21.Disajikan dalam bentuk soal,siswa dapat mengetahui warna warna sekunder
Disajikan dalam bentuk soal,siswa dapat mengetahui campuran warna primer dan sekunder

22. Disajikan dalam bentuk soal,siswa dapat mengetahui campuran warna primer dan sekunder. 


 

Senin, 13 Oktober 2025

Selasa, 14 Oktober 2025

  

 

Hari/Tanggal     : Selasa, 14 Oktober 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum STS pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

  

Hari ini kita akan melaksanakan PTS materi :

1. Bahasa Indonesia  
2. Bahasa Inggris 

  

Jadwal sts

Berikut kisi kisi bahasa Indonesia 

1.Disajikan teks bacaan peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf tersebut dengan benar

2.Disajikan teks bacaan peserta didik dapat menentukan informasi dalam teks dengan benar

3.Disajikan deskripsi peserta didik dapat menentukan tanda baca yang sesuai dengan benar

4.Disajikan gambar peserta didik dapat menentukan permainan tradisional dengan benar

5.Disajikan gambar peserta didik dapat menentukan permainan tradisional dengan benar

6.Disajkan sebuah kalimat peserta didik dapat menentukan tanda baca yang sesuai untuk kalimat tersebut dengan benar

7.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan contoh kalimat perintah dengan benar

8.Disajikan teks bacaan peserta didik dapat menganalisis topik utama paragraf tersebut dengan benar

9.Disajikan teks bacaan peserta didik dapat menentukan perasaan yang terdapat dalam paragraf tersebut dengan benar

10.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi peralatan yang dapat digunakan dalam permainan tradisional dengan benar

11.Disajikan pernyataan peserta didik dapat menggunakan tanda baca  dengan benar

12.Disajikan kalimat peserta didik dapat menganalisis kalimat dengan tanda baca  dengan benar

13.Disajikan kalimat peserta didik dapat menggunakan kata yang tepat pada kalimat tunggal  dengan benar

14.Disajikan gambar peserta didik dapat memilih kalimat berpola SPOK dengan benar

15.Disajikan kalimat peserta didik dapat menentukan predikat dari kalimat tersebut dengan benar

16.Disajikan kalimat peserta didik dapat menelaah arti kalimat fiksi dengan benar

17.Disajikan kalimat peserta didik dapat menentukan subjek dari kalimat tersebut dengan benar

18.Disajikan teks bacaan peserta didik dapat memilih kalimat fiksi dengan benar

19.Disajikan teks puisi peserta didik dapat menelaah arti kata dengan benar

20.Disajikan teks puisi peserta didik dapat menentukan persamaan kata dengan benar

21.Disajikan pernyataan peserta didik dapat menentukan tanda baca  dengan benar

22.Disajikan pernyataan. peserta didik dapat menentukan perlengkapan yang digunakan dalam permainan tradisional dengan benar

23.Disajikan teks bacaan peserta didik dapat menganalisis perasaan tokoh yang terdapat dalam teks tersebut dengan benar

24.Disajikan teks puisi peserta didik dapat mengidentifikasi tema puisi dengan benar

25.Disajikan teks puisi peserta didik dapat menganalisis arti kata dengan benar

26.Disajikan gambar dan teks peserta didik dapat menunjukkan perasaan tokoh dengan benar

27.Disajikan pernyataan peserta didik dapat menentukan tanda baca  dengan benar

28.Disajikan bait puisi peserta didik dapat menganalisis kata yang tepat untuk melengkapi bait dengan benar

29.Disajikan kalimat peserta didik dapat menganalisis tanggapan kalimat dengan benar

30.Disajikan teks bacaan peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf tersebut dengan benar

31.Disajikan teks bacaan peserta didik dapat menuliskan n cara menjaga kebersihan dari teks dengan benar 

32.Disajikan teks bacaan peserta didik dapat menyimpulkan manfaat menjaga kebersihan dari teks dengan benar

33.Disajikan soal peserta didik dapat menuliskan permainan tradisional dengan benar

34.Disajikan pernyataan peserta didik dapat membuat kalimat tanya dengan benar

35.Disajikan soal peserta didik dapat menentukan makna ungkapan dengan benar


Baiklah sholeh sholeha bu guru, semoga anak-anak dapat mengerjakan STS hari ini dengan baik dan teliti,  jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu.
Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.

 

Senin, 13 Oktober 2025

  

 

Hari/Tanggal     : Senin, 13 Oktober 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum STS pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

  

Hari ini kita akan melaksanakan PTS materi :

1. Pendidikan Agama Islam ( P A I )
2. Pendidikan Pancasila   
 
Baiklah sholeh sholeha bu guru, semoga anak-anak dapat mengerjakan STS hari ini dengan baik dan teliti,  jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu.
Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.

  

Berikut jadwal Sumatif tengah semester 


  

Jumat, 10 Oktober 2025

Jum'at, 10 Oktober 2025

  

 

Hari/Tanggal     : Jum'at, 10 Oktober 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum STS pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Hari ini kita akan melaksanakan PTS materi :

1. Tekhnologi Informasi Komputer (TIK)
2. Bahasa Arab   
 
Baiklah sholeh sholeha bu guru, semoga anak-anak dapat mengerjakan STS hari ini dengan baik dan teliti,  jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu.
Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.

  

Berikut jadwal Sumatif tengah semester 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Alhamdulilla anak anak melaksanakan PTS pelajaran TIK dan B. Arab hari ini, di hari yang pertama dengan lancar dan terkendali, semoga mendapatkan nilai yang terbaik, aamiin....

 

Jumat, 17 Oktober 2025

      Hari/Tanggal     : Jumat, 17 Oktober 202 5     Good morning my students....   Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulin...