Tema 2 Sub 3 PB 1
Selasa,8 September 2020
Tema 2 : Udara Bersih Bagi Kesehatan
Subtema 3 : Memelihara Kesehatan Organ PernapasanManusia
TujuanPembelajaran
1. Setelah membac amateridan mengamati yang ada di blog guru, pesertadidik mampu menyebutkan informasi terkait dengan pertanyaanapa, siapa, di mana, bagaimana, dan mengapa.
2. Setelah membaca materi dan mengamati video yang ada di blog guru, pesertadidikmampumenyebutkancaramemelihara organpernapasan.
3. Setelah membaca materi dan mengamati video yang ada di blog guru, peserta didik mampu membuat gambar cerita.
Pembelajaran 1dan 2
MuatanPelajaran :Bahasa Indonesia , IPA, SBdP
RangkumanMateri
Cara MenjagaKesehatan Organ Pernapasan
Cobaperhatikangambar di bawahini!
Padagambar di atas, daerahnya tampak berkabut, kira-kira mengapayapa dagambartersebut daerahnyatampakberkabut?Inibukankabutsepertipadadaerah-daerahdatarantinggiataupadadaerah yang dingintapikabut yang adainiadalahkabutasap. apayapenyebabdarikabutasap? penyebabdaribencanakabutasapadalahkebakaranhutan. Kebakaranhutaniniakanmenimbulkanbencanakabutasap yang sangatmempengaruhimasyarakatdansangatberbahayabagimasyarakat yang ada di sekitarhutantersebut. Di Indonesia sendirisudahbeberapa kali terjadibencanakabutasap.
Kabut asap berbahaya karena asap kebakaran hutan danlahan menyebabkan debu atau jelaga. Partikel ini akan dengan mudah terisap dan mengotori sistem pernapasan. Selain partikel halus, asap kebakaran juga mengandung zat-zat berbahaya seperti ozon(O3), sulfur dioksida(SO2), karbonmonoksida(CO), dan nitrogen dioksida(NO2).
Bahayakabutasapbagikesehatan :
1. Menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan
2. Menyebabkan reaksi alergi, peradangan, dan mungkin juga infeksi
3. Memperburuk penyakit asma dan penyakit paru kronis lain, seperti bronkitis kronik Menyebabkan
4. kemampuan kerja paru berkurang dan menyebabkan seseorang mudah lelah dan mengalami kesulitanb ernapas
5. Menyebabkan polusi pada air bersih, tanaman sayuran, buah-buahan, dan makanan yang tidakditutup.
6. Memperburuk kondisi lingkungan sehingga infeksi saluran pernapasanakut(ISPA) akan mudah terjadi.
Cara melindungidiridarikabutasap :
ü Hindariataukurangiaktivitas di luarrumah/gedung
ü Selalumemakai masker jikaharuspergikeluarrumah/gedung
ü Minumlah air putihlebihbanyakdanlebihsering agar debu ataupartikel halus yang menempelpadatenggorokanlarutdanmasukkedalampencernaansehinggaikutterbuangbersamakotoran
üSegeralahberobatkedokteratausaranapelayanankesehatanterdekatbilamengalamikesulitanbernapas
ü Upayakan agar asapdariluartidakmasukkedalamrumah/gedung
ü Tempatpenampungan air minumdanmakananharusditutupdanterlindungdenganbaik
ü Buah-buahandansayurandicucisebelumdikonsumsi
Beberapa cara dapat kita lakukanuntuk menjaga organ pernapasankita agar tetapsehat.
Cara menjagakesehatan organ pernapasan :
ü Menggunakan masker saatberada di daerah yang mengalamipencemaranudara
üMenjagakesehatandankebersihanlingkungan
ü Menanampohon di lingkungan sekitar
ü Menjaga kesehatan organ pernapasan dengan makan makanan bergizi, berolahraga teratur, dan istirahat yang cukup
ü Menghindari zat yang dapat merusak organ pernapasan dengan cara tidak merokok dan menghindari asap rokok, menggunakan masker, serta mengurangi makanan dingin
ü Menjaga kesehatan lingkungan sekitar dengan cara membuat ventilasi udara di rumah, membersihkan rumah dari debu, menanam tumbuhan agar udara lebih bersih, mencegah ruangan lembab.
Kamutelahmemahamicaramerawat organ pernapasan.Tentukamudapatmembuat poster tentangcaramerawat organ pernapasan. Berikutbeberapacontoh poster tentangkesehatan.
Bahasa Indonesia (KD 3.2)
Menemukan Informasi dan kosakata Baru dalam Teks
Kata tanya dapat digunakan untuk menemukan informasi di dalam teks. Kata tanya tersebut mencakup apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana. Setiap kata tanya tanya tersebut memiliki fungsinya masing-masing.
Menemukaninformasidariteks | Apa | Mengetahui informasi tentang suatu hala taubenda |
Dimana | Mengetahuii nformasi tempat | |
Kapan | Mengetahui informasi waktu | |
Siapa | Mengetahuiinformasipelakuatautokoh | |
Mengapa | Mengetahu iinformasi alasan suatuhal | |
Bagaimana | Mengetahui informasi tentang proses atau penjelasan sesuatu |
Selain kata tanya, kita juga bisa mendapatkan informasi dari kata-kata penting (kosakata penting) yang terkait dengan teks. Kata-kata penting tersebut ada yang sudah kamu ketahui atau belum ketahui maknanya. Jika ada kata yang belum tahu maknanya, kamu dapat menggunakan Kamus Besar Bahasa Indinesia (KBBI).
Menemukan Informasi di dalam Teks
Untuk menuliskan informasi yang ada di dalam teks, ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan, antara lain sebagai berikut :
ü Membaca teks dengan seksama
ü Membuat daftar pertanyaan menggunakan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, bagaimana, dan mengapa.
ü Mencari tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang dibuat.
ü Merangkai kembali jawaban-jawaban tersebut ke dalam satu paragraf singkat.
SBdP (KD 3. 1)
PengertianCeritaBergambar
Cerita bergambar adalah cerita yang ditampilkan dengan menggunakan gambar.Salah satu contoh cerita bergambar adalah komik.
Ciri-ciri karya gambar cerita:
ü Memuat gambar lebih banyak dari pada tekscerita.
ü Gambar-gambar yang ada menceritakan urutan peristiwa.
Unsurdalamceritabergambar :
ü Panel, panel adalahkotakberisiilustrasi (gambar) danteks yang tersusunmenjadisebuahcerita
ü Narasi, narasiberisiketerangantentanglatartempat, waktu, atausituasi
ü Parit, parityaituruangantar panel
ü Balon kata, balon kata iniuntukmeletakkan dialog ataunarasi
ü Ilustrasi, ilustrasiadalahgambar yang digunakanuntukmemperjelascerita
Bacalah teks berikut dengan seksama!
BahayaKabutAsap
Kebakaran lahan dan hutan telah menjadi bencana kabut asap.Pemerintah sudahberusaha mematikan titik-titik kebakaran, tetapi hasilnya kabut asap masih ada. Apa saja bahaya kabut asap kebakaran dan apa yang haruskitalakukanapabila di daerahkitaterkenakabutasap?
Berdasarkan pantauan, indeks pencemaran udara di Jambi,Palembang,dan Palangkaraya sudah sanga tinggi atau tidak sehat.Tidak seha tkarena asa pkebakaran hutan dan lahan menyebabkan debu atau partikel halus hasil kebakaran seperti jelaga. Sakinghalusnya,partikeliniakandenganmudahterisapdanmengotorisistempernapasan.
Selainpartikelhalus, asapkebakaranjugamengandungzat-zatberbahayasepertiozon (O3), sulfur dioksida (SO2), karbonmonoksida (CO), dan nitrogen oksida (NO2).
Kabut asap ini dapat mengganggu kesehatan semua orang, baik orang yang kondisinya sehat maupun yang sakit.Namun, pada orang yang kondisi kesehatannya kurang, khususnya pada orang yang memiliki riwayat penyakit pernapasan, anak-anak,dan balita, kabut asap adalah bencana yang bisa mengancam jiwa.
➤Soal Latihan
Temukan informasi dari teks di atas yang terkait dengan pertanyaan apa, siapa, di mana, bagaimana dan mengapa!
Buatlah seperti contoh di bawah ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar