Hari / tanggal :Jumat / 05 Maret 2021
Pembelajaran 3 dan 4 Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8), IPS (KD 3.3 dan KD 4.3), PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca materi, siswa dapat membuat peta pikiran (mindmap)
tentang poin-poin penting dari teks bacaan dengan benar.
2. Dengan membaca materi, siswa mampu
menjelaskan pengaruh kegiatan ekonomi terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat
dengan benar.
3. Dengan membaca materi, siswa dapat menceritakan keuntungan dari keragaman
sosial akibat adanya berbagai jenis usaha.
Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8)
Menyampaikan peristiwa melalui peta pikiran
Peta pikiran merupakan cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah dan menangkap ide dari berbagai sudut pandang. Peta pikiran membantu mengefisienkan penggunaan waktu dalam mempelajari suatu informai. Hal ini disebabkan karena metode ini dapat menyajikan gambaran menyeluruh atas suatu hal, dalam waktu yang lebih singkat. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat peta pikiran :
1. Buatlah judul atau tema yang berada di pusat peta pikiran.
2. Dari tema utama, akan muncul tema-tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama.
3. Cari hubungan antara setiap tema dan tandai dengan garis, warna, atau symbol. Penggunaan garis, warna, atau symbol disesuaikan dengan kreativitas masing-masing.
4. Gunakan huruf besar untuk dapat mendorong kita menuliskan poin-poin penting saja di peta pikiran.
Menjelaskan Peristiwa dari Teks Nonfiksi melalui Diagram Alir
Untuk menjelaskan peristiwa penting dalam teks nonfiksi, dapat menggunakan diagram alir. Isi kolom pada diagram alir berupa ringkasan. Ringkasan adalah inti sari sebuah teks. Saat menjelaskan peristiwa dari teks, hanya perlu meringkas isi teks dengan ara mencatat informasi penting yang kamu temukan. Informasi penting tersebut biasanya disampaikan melalui gagasan pokok pada setiap paragraph. Dalam meringkas, urutan setiap peristiwa pada teks harus sesuai dengan isi teks sebenarnya. Setelah selesai meringkas, masukkan ringkasan tersebut ke dalam kolom-kolom yang sesuai pada diagram alir.
IPS (KD 3.3 dan KD 4.3)
Pengaruh
Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat
Dalam kehidupan
sehari-hari, kita tidak lepas dari kegiatan ekonomi. Apa sajakah kegiatan
ekonomi yang dilakukan sehari-hari? Kegiatan ekonomi meliputi kegiatan
produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi ini saling
berkaitan satu sama lain. Satu kegiatan ekonomi terhambat, akan mengganggu
kegiatan ekonomi lainnya.
1. Produksi
Apakah produksi? Amatilah kegiatan ekonomi seorang petani! Petani menanam padi
di sawah, lalu memberi pupuk, dan menyiangi rumput yang tumbuh di sela-sela
tanaman padi. Setelah bulir-bulir padi mulai bernas, petani mengusir
burung-burung yang berusaha makan bulir-bulir padi itu. Saat padi menguning,
itulah saatnya petani memanen. Hasil panen lalu dijual.
Dari ilustrasi tersebut, si petani telah melakukan kegiatan produksi. Jadi,
produksi adalah kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda
atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.
Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen. Berikan contoh
kegiatan produksi yang terdapat di sekitar tempat tinggalmu.
Kegiatan
produksi berpengaruh terhadap kesejahteraan pemilik sumber daya ekonomi dan
produsen. Sumber daya ekonomi adalah barang atau jasa yang dapat memberikan
manfaat atau keuntungan. Sumber daya ekonomi dapat berasal dari sumber daya
alam atau sumber daya manusia. Sumber daya ekonomi dapat diolah menjadi modal
dasar pembangunan. Bagi pemilik sumber daya ekonomi, adanya proses produksi
memungkinkannya memperoleh balas jasa. Balas jasa ini berupa sewa, bunga modal,
atau gaji. Dengan balas jasa ini, pemilik sumber daya ekonomi dapat memenuhi kebutuhan
hidup. Bagi produsen, adanya proses produksi menyebabkan produsen memperoleh
keuntungan. Selanjutnya, keuntungan tersebut digunakan untuk menjaga
kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidup. Ini dilakukan dalam upaya
mencapai kemakmuran hidup.
2. Distribusi
Setiap hari kamu makan dan mengenakan pakaian. Bahan makanan tersebut
dihasilkan di suatu tempat tertentu. Pakaian juga diproduksi di tempat tertentu
lainnya. Untuk mendatangkan bahan makanan dan pakaian diperlukan kegiatan
penyaluran. Kegiatan inilah yang disebut distribusi.
Jadi, distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari produsen ke
konsumen. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor. Kelancaran
distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalan yang memadai.
Tujuannya agar hasil produksi dapat segera sampai kepada konsumen dengan cepat
dan tepat sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi.
3. Konsumsi
Perhatikan aktivitas teman sekolah ketika waktu istirahat! Ada yang jajan di
kantin, ada pula yang makan bekal dari rumah. Jajan di kantin dan makan bekal
termasuk kegiatan konsumsi.
Konsumsi adalah kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang
atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi
disebut konsumen. Untuk mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat mengeluarkan
pengorbanan tertentu. Pengorbanan dapat berupa uang atau waktu.
PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)
Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang
Lain
Kamu telah memahami kegiatan ekonomi yang berkembang di
Indonesia. Setiap orang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi
kebutuhan hidup. Ada yang menjadi petani, penjahit, pedagang, nelayan, pegawai
swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya. Kegiatan ekonomi
yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain
dapat dilihat dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan
produksi, orang yang terlibat adalah tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja
dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan
produksi. Tenaga kerja akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah
atau gaji dari produsen. Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan
kepada konsumen atau masyarakat oleh distributor. Dari kegiatan penyaluran
barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor
adalah agen, pedagang besar, dan pedagang eceran. Konsumen adalah pihak yang
mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa
diperoleh dari produsen secara langsung atau melalui perantara (distributor).
Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut (produsen, distributor, dan konsumen)
akan saling berhubungan membentuk arus diagram ekonomi. Setiap pelaku kegiatan
ekonomi memiliki peran yang saling menguntungkan. Menurut kodratnya, manusia
berperan sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Sebagai makhluk sosial,
manusia akan berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain. Sebagai makhluk
ekonomi, manusia akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk sosial maupun
makhluk ekonomi, manusia hendaknya memiliki etika moral. Dengan etika moral,
manusia dapat menghargai setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang
lain. Amatilah pakaian yang kamu kenakan! Bagaimana proses produksi pakaian?
Untuk menghasilkan pakaian dibutuhkan
waktu yang lama. Pada mulanya, produsen pakaian membutuhkan bahan baku kain dan
benang. Kain dapat diperoleh dari perusahaan pemintalan benang. Bahan baku
benang berupa kapas yang dihasilkan dari perkebunan tanaman kapas. Untuk
menjadi benang, kapas dipintal terlebih dahulu. Benang ditenun di pabrik tenun
hingga menjadi kain. Selanjutnya, kain dapat dibuat pakaian oleh penjahit.
Itulah proses panjang produksi pakaian. Kamu sudah mengetahui bahwa banyak
pihak terlibat dalam proses produksi pakaian. Ada petani tanaman kapas, pekerja
pemintalan, penenun kain, penjahit, dan pengusaha garmen. Setiap pelaku dalam
proses produksi pakaian itu mempunyai peran penting, begitu pula dalam proses
produksi benda lain. Oleh karena itu hendaknya kita perlu menghargai kegiatan
usaha ekonomi orang lain.
Bagaimana kita menghargai kegiatan usaha ekonomi
orang lain? Cara menghargai kegiatan usaha ekonomi dapat dilakukan sebagai
berikut.
1. Menumbuhkan persaingan
usaha yang sehat dalam kegiatan perekonomian.
2. Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya.
3. Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang dilakukan orang lain.
4. Meneladani keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut.
Bagaimana materi hari ini? Semoga Ananda semua bisa memahaminya ya. Setelah kalian mempelajari materinya tugas Ananda minggu ini adalah tugas project based learning membuat kliping yang akan dikumpulkan klipingnya pada pembelajaran 5 & 6, untuk hari ini tugas Ananda yaitu :
- Mengumpulkan gambar kegiatan di pasar !
Dokumentasikan
saat Ananda mengerjakan tugasnya (proses saat mencari gambar,
menggunting gambar, menempel gambar di kertas HVS, menulis judul contoh
judulnya "MENGUMPULKAN GAMBAR KEGIATAN DI PASAR"). Kumpulkan
dokumentasinya tepat waktu ya, Bu guru tunggu sampai jam 12, jangan lupa
tinggalkan komentar di blog ini jika kalian sudah mempelajari materinya
& ada yang ingin ditanyakan.
Terimakasih
anak Sholeh/Sholeha Bu Guru serta Bunda2 sholeha yang dengan sabar dan
setia membimbing sholeh/sholeha bu Guru..tetap semangat dan jaga
kesehatan
Wassalamualaikum.wr.wb
Nama : Orlando Anabil Jaya
BalasHapusKlas. : 5B
No absen : 28
Ket : Hadir
Trimakasih untuk materinya Bu guru
Nama : M.Faqih Nur Adli Lubis
BalasHapusKelas : 5B
Hadir
Terimakasih Bu untuk materinya hari ini.
Nama : Asyifa Aulia Khanza
BalasHapusKelas : 5B
Absen : 07
Ket : Hadir
Terimakasih Bu untuk materinya hari ini 🙏🏻🙏🏻🙏🏻
Assalamu'alaikum wr wb
BalasHapusAbimanyu Suwari Nugroho
5 B
No absen 1
Hadir
Terimakasih atas materi nya ibu...
Wassalam wr wb
Azzahra bebby nabela hadir bu
BalasHapus