Kamis, 18 November 2021

TEMA 5 SUB TEMA 3 PB 3 & 4

 

 Hari/tanggal : Kamis /18 November 2021

Anak sholeh dan sholeha Bu Yulina... semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat walaupun belajar dari rumah. Sebelum anak-anak memulai pembelajaran daring tentang Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 3 dan 4,  pastikan ananda sudah melaksanakan sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah. Jangan lupa ucapkan bismillah dan berdo'a ya nak!

Pada pelajaran hari ini kita akan belajar tentang Tema 5 Subtema 3 pembelajaran 3 dan 4 yaitu tentang Ekosistem

Simak materi di bawah ini ya nak :

Tema 5                : Ekosistem

Subtema 3           Keseimbangan Ekosistem

Pembelajaran      : 3 dan 4

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia, IPS, dan PPKn 

 

Tujuan Pembelajaran :  

1.   Dengan mencermati gambar kegiatan gotong royong dengan sasama, siswa mampu menjelaskan hal-hal yang memengaruhi peristiwa serupa secara tepat. 

 

2.  Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menentukan pikiran utama dari setiap paragraf berikut kosakata barunya dan siswa mampu menyimpulkan hasil diskusi ke dalam bentuk peta pikiran secara tepat. 

 

3.  Dengan memahami manfaat kegiatan gotong royong yang merupakan salah satu bentuk pengaruh letak geografis terhadap kehidupan sosial dan budaya masyarakat, siswa mampu mengolah informasi yang mereka dapatkan mengenai kegiatan sosial masyarakat budaya daerah di sekitar tempat tinggal mereka secara benar.

 

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat

Letak geografis Indonesia sangat menguntungkan karena berada di tengah-tengah jalur perdagangan dunia. Secara geografis, Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua.Di sebelah barat laut, Indonesia berbatasan dengan Benua Asia.Di sebelah tenggara, Indonesia berbatasan dengan Benua Australia.Di sebelah barat daya, wilayah Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur laut berbatasan dengan Samudra Pasifik.Batas-batas geografis ini memberi sejumlah pengaruh bagi Indonesia sebagai sebuah negara dengan kebudayaan yang beragam.Perhatikanlah gambar di bawah ini. 

  

Pikiran Utama dan Informasi Penting

Kesimpulan

Berdasarkan bacaan tersebut atau sumber informasi lainnya, jawablah pertanyaan berikut ini.

1. Bagaimana bangsa Indonesia memandang keberadaan negara-negara lain di sekitar?

 

2. Apa sajakah pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial masyarakat?

3. Bagaimana pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan budaya masyarakat?


4. Apakah yang dimaksud dengan kebudayaan daerah?


5. Tuliskan beberapa bentuk budaya daerah Indonesia!

 

Masyarakat Bali yang Bersatu

 

 

Banyak bangsa mengagumi kehidupan masyarakat Indonesia yang sangat beragam, tetapi dapat hidup berdampingan dengan damai.Banyaknya pulau mencerminkan juga banyaknya kehidupan sosial dan budaya yang ada.Setiap suku yang yang hidup di suatu daerah mempunyai kehidupan sosial dan budaya yang khas dan unik.Belum lagi banyaknya bahasa yang digunakan oleh masyarakat tersebut.Akan tetapi ternyata, perbedaan itu justru menjadi kekuatan dan kekayaan bangsa Indonesia.Perbedaan tersebut justru mempererat masyarakat untuk tetap berada dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Menurutmu, mengapa para pecalang itu mau menjaga keamanan umat Islam?


Apakah manfaat yang mereka dapatkan dengan membantu masyarakat Muslim manjalankan ibadah agamanya?

 LATIHAN SOAL ;

Latihan dari buku  cerdas  PKN halaman 103 dan IPS halaman 104

Di tulis di buku latihan, tulis jawabannya saja, soal tidak usah di tulis,

Kirim ke WA japri bu guru atau di grup 

Trimakasih !

2 komentar:

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Althamira Dinda Fayola
    Kelas :5A
    No absen :02
    Hadir bu

    BalasHapus
  2. Assalamuallaikum bu
    Parisya Khansa Parahita
    Hadir dan terima kasih atas materinya

    BalasHapus

TEMA 4 SUB TEMA 4 PB 4

  Hari/Tanggal     : Jumat, 22 Nopember 2024 Good morning my student.... Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, alhamdul...