Hari/Tanggal : Selasa, 01 Oktober 2024
SUB TEMA 2 : ( WUJUD BENDA)
Muatan : B. Indonesia, Matematika, SBDP
Pembelajaran : 3
Alat peraga : video pembelajaran
Metode : Kerja kelompok
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membuat prediksi sifat benda padat, siswa terlatih untuk memberikan pendapatnya berdasarkan pengamatan dengan percaya diri.
2. Dengan memecahkan soal cerita yang berkaitan dengan jarak, siswa dapat menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan benar.
3. Dengan memerhatikan tempo musik, siswa dapat mengidentifikasi gerakan lambat kaki saat menari.
TABIK PUN.....
Assalamualaikum Wr. wb.
Semangat pagi ananda shaleh shalehah, Apa kabarnya hari ini ? Bu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT Aamiin. Sebelum memulai belajar, marilah terlebih dahulu kita laksanakan ibadah pagi seperti sholat dhuha, murojaah surat-surat pendek, mendengarkan tausiah, dan membaca doa sebelum belajar. Bu guru tak henti-hentinya mengingatkan agar ananda sekalian melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya.Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah mengetahui wujud benda yaitu padat, cair dan gas. Masing – masing wujud benda memiliki sifatnya yang berbeda – beda mari kita pelajari sifat dari benda padat.
Benda Padat
Salah satu wujud benda antara lain padat. Banyak contoh benda padat di sekitarmu. Batu, pensil, dan kursi merupakan benda padat. Mengapa benda - benda tersebut digolongkan sebagai benda padat?
Perhatikan tangga satuan di bawah ini!
Apakah suara musik termasuk benda? Tentu saja tidak. Mengapa? Karena suara musik tidak mempunyai massa ataupun menempati uang (volume).
Mari kita menyanyikan lagu “Barisan Musik”.
Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas berikut ini:
Latihan soal :
1. Yuk, cari tahu sifat benda padat tersebut! Lakukan pengamatan sebagai berikut!
A. Amatilah benda-benda padat di sekitarmu!
B. Tuliskan sifat benda padat berdasarkan pengamatanmu!
2. Udin pergi ke sekolah dengan bersepeda. Jarak yang ditempuh Udin dari rumah ke sekolah 3 km. Setelah menempuh jarak 2 km dari rumahnya,ban sepeda Udin bocor. Akhirnya, Udin menuntun sepedanya sampai ke sekolah. Berapa km jarak yang ditempuh Udin menuntun sepeda sampai ke sekolah?
Baiklah cukup sekian materi hari ini, semoga dapat dipahami dengan baik dan dapat diamalkan semua ilmu yang diberikan aamiin. Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum. wr. wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar