Hari/Tanggal : Jumat, 07 Februari 2025
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semangat
pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya
dihari Jumat yang ceria dan berkah ini, sangat menyenangkan ya
nak. Semoga kita lebih semangat dan lebih baik lagi. Ibu guru berharap kita
semua sehat dan selalu dalam lindungan
Allah SWT Aamiin.
Tema 6 : Energi dan PerubahannyaSubtema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 3
Muatan : B. Indonesia, Matematika, SBDP
Alat peraga : Video Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, Demontrasi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang Cuaca, Musim dan Iklim.
Nah sekarang kita akan melanjutkan materi hari ini yaitu Tema 6 subtema 1 pembelajaran 3 tentang Energi dan Perubahannya. Adapun tujuan pembelajaran kita hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks percakapan siswa dapat menemukan kosakata/istilah yang terkait dengan perubahan energi dengan tepat
2. Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat melakukan gerakan kuat dan lemah kaki dalam tari dengan tepat.
3. Dengan
mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuan
waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.
Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :
Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Matahari, udara, air, tumbuhan, dan hewan merupakan sumber energi. Sumber energi terbesar di bumi adalah Matahari. Tanpa matahari, tumbuhan tidak bisa melakukan fotosintesis. Fotosintesis ini menghasilkan makanan dan oksigen.
Makanan dan oksigen sangat penting untuk kelangsungan hidup
manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain itu, sinar
matahari juga digunakan sebagai sumber energi listrik melalui PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).
Air juga merupakan sumber energi. Tubuh kita memerlukan air sekitar 3 liter tiap hari. Air dan makanan merupakan sumber energi bagi tubuh. Selain itu, tumbuhan dan hewan juga
merupakan sumber energi, karena sebagian besar makanan dihasilkan
oleh tumbuhan dan hewan. Manusia dan hewan sangat membutuhkan tumbuhan
untuk makanannya.
Air bukan hanya sumber energi bagi tubuh, tapi juga sumber energi listrik. Bendungan atau waduk yang dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air atau (PLTA). Aliran air dari waduk/bendungan memiliki kekuatan yang disebut Energi Kinetik. Energi kinetik air menggerakkan kincir atau turbin. Gerakan kincir air akan menggerakkan generator listrik.
Generator listrik inilah yang membangkitkan energi
listrik. Selain sebagai pembangkit listrik, waduk/
bendungan juga digunakan untuk irigasi (pengairan sawah), perikanan, dan sebagai tempat wisata.
Udara
juga merupakan sumber energi bagi tubuh, yaitu
untuk bernapas karena udara mengandung Oksigen. Selain itu, udara
juga dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik yang dinamakan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB).
Udara yang bergerak disebut bayu atau angin. Bayu
(angin) memiliki energi kinetik. Energi kinetik inilah yang
dapat menggerakkan kincir. Kincir angin dapat menggerakkan
generator listrik. Generator listrik akan membangkitkan energi
listrik.
Sumber energi bagi kendaraan adalah BBM (Bahan Bakar Minyak). BBM berasal dari fosil hewan. Fosil hewan adalah
hewan yang mati dan tertimbun di dalam tanah, jutaan tahun yang
lalu. Selain itu, BBM juga digunakan untuk menyalakan kompor, untuk
mesian-mesin di pabrik. Lani telah selesai bercakap-cakap dengan teman - teman. Kemudian Lani mengajak teman-temannya untuk berlatih menari. Kali ini mereka akan berlatih Gerak kuat kaki pada tari. Jenis gerakannya hampir sama dengan gerakan sebelumnya. Iringan musiknya lebih cepat sehingga gerakan kaki harus lebih kuat. Lani meletakkan tangan di pinggang. Kemudian, kakinya diayunkan mengikuti irama musik yang cepat. Musiknya berirama cepat, kakinya harus diayunkan lebih kuat. Ingat gerakan yang sudah dipelajari sebelumnya!
Hari/Tanggal : Jumat, 07 Februari 2025
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya dihari Jumat yang ceria dan berkah ini, sangat menyenangkan ya nak. Semoga kita lebih semangat dan lebih baik lagi. Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin.
Subtema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 3
Muatan : B. Indonesia, Matematika, SBDP
Alat peraga : Video Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, Demontrasi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang Cuaca, Musim dan Iklim.
Nah sekarang kita akan melanjutkan materi hari ini yaitu Tema 6 subtema 1 pembelajaran 3 tentang Energi dan Perubahannya. Adapun tujuan pembelajaran kita hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks percakapan siswa dapat menemukan kosakata/istilah yang terkait dengan perubahan energi dengan tepat
2. Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat melakukan gerakan kuat dan lemah kaki dalam tari dengan tepat.
3. Dengan
mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuan
waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.
Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :
Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Matahari, udara, air, tumbuhan, dan hewan merupakan sumber energi. Sumber energi terbesar di bumi adalah Matahari. Tanpa matahari, tumbuhan tidak bisa melakukan fotosintesis. Fotosintesis ini menghasilkan makanan dan oksigen.
Makanan dan oksigen sangat penting untuk kelangsungan hidup
manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain itu, sinar
matahari juga digunakan sebagai sumber energi listrik melalui PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).
Air juga merupakan sumber energi. Tubuh kita memerlukan air sekitar 3 liter tiap hari. Air dan makanan merupakan sumber energi bagi tubuh. Selain itu, tumbuhan dan hewan juga
merupakan sumber energi, karena sebagian besar makanan dihasilkan
oleh tumbuhan dan hewan. Manusia dan hewan sangat membutuhkan tumbuhan
untuk makanannya.
Air bukan hanya sumber energi bagi tubuh, tapi juga sumber energi listrik. Bendungan atau waduk yang dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air atau (PLTA). Aliran air dari waduk/bendungan memiliki kekuatan yang disebut Energi Kinetik. Energi kinetik air menggerakkan kincir atau turbin. Gerakan kincir air akan menggerakkan generator listrik.
Generator listrik inilah yang membangkitkan energi
listrik. Selain sebagai pembangkit listrik, waduk/
bendungan juga digunakan untuk irigasi (pengairan sawah), perikanan, dan sebagai tempat wisata.
Udara
juga merupakan sumber energi bagi tubuh, yaitu
untuk bernapas karena udara mengandung Oksigen. Selain itu, udara
juga dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik yang dinamakan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB).
Udara yang bergerak disebut bayu atau angin. Bayu
(angin) memiliki energi kinetik. Energi kinetik inilah yang
dapat menggerakkan kincir. Kincir angin dapat menggerakkan
generator listrik. Generator listrik akan membangkitkan energi
listrik.
Sumber energi bagi kendaraan adalah BBM (Bahan Bakar Minyak). BBM berasal dari fosil hewan. Fosil hewan adalah
hewan yang mati dan tertimbun di dalam tanah, jutaan tahun yang
lalu. Selain itu, BBM juga digunakan untuk menyalakan kompor, untuk
mesian-mesin di pabrik. Lani telah selesai bercakap-cakap dengan teman - teman. Kemudian Lani mengajak teman-temannya untuk berlatih menari. Kali ini mereka akan berlatih Gerak kuat kaki pada tari. Jenis gerakannya hampir sama dengan gerakan sebelumnya. Iringan musiknya lebih cepat sehingga gerakan kaki harus lebih kuat. Lani meletakkan tangan di pinggang. Kemudian, kakinya diayunkan mengikuti irama musik yang cepat. Musiknya berirama cepat, kakinya harus diayunkan lebih kuat. Ingat gerakan yang sudah dipelajari sebelumnya!
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang Cuaca, Musim dan Iklim.
Nah sekarang kita akan melanjutkan materi hari ini yaitu Tema 6 subtema 1 pembelajaran 3 tentang Energi dan Perubahannya. Adapun tujuan pembelajaran kita hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks percakapan siswa dapat menemukan kosakata/istilah yang terkait dengan perubahan energi dengan tepat
2. Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat melakukan gerakan kuat dan lemah kaki dalam tari dengan tepat.
3. Dengan
mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuan
waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.
Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :
Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Matahari, udara, air, tumbuhan, dan hewan merupakan sumber energi. Sumber energi terbesar di bumi adalah Matahari. Tanpa matahari, tumbuhan tidak bisa melakukan fotosintesis. Fotosintesis ini menghasilkan makanan dan oksigen.
Makanan dan oksigen sangat penting untuk kelangsungan hidup
manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain itu, sinar
matahari juga digunakan sebagai sumber energi listrik melalui PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).
Air juga merupakan sumber energi. Tubuh kita memerlukan air sekitar 3 liter tiap hari. Air dan makanan merupakan sumber energi bagi tubuh. Selain itu, tumbuhan dan hewan juga
merupakan sumber energi, karena sebagian besar makanan dihasilkan
oleh tumbuhan dan hewan. Manusia dan hewan sangat membutuhkan tumbuhan
untuk makanannya.
Air bukan hanya sumber energi bagi tubuh, tapi juga sumber energi listrik. Bendungan atau waduk yang dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air atau (PLTA). Aliran air dari waduk/bendungan memiliki kekuatan yang disebut Energi Kinetik. Energi kinetik air menggerakkan kincir atau turbin. Gerakan kincir air akan menggerakkan generator listrik.
Generator listrik inilah yang membangkitkan energi
listrik. Selain sebagai pembangkit listrik, waduk/
bendungan juga digunakan untuk irigasi (pengairan sawah), perikanan, dan sebagai tempat wisata.
Udara
juga merupakan sumber energi bagi tubuh, yaitu
untuk bernapas karena udara mengandung Oksigen. Selain itu, udara
juga dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik yang dinamakan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB).
Udara yang bergerak disebut bayu atau angin. Bayu
(angin) memiliki energi kinetik. Energi kinetik inilah yang
dapat menggerakkan kincir. Kincir angin dapat menggerakkan
generator listrik. Generator listrik akan membangkitkan energi
listrik.
Sumber energi bagi kendaraan adalah BBM (Bahan Bakar Minyak). BBM berasal dari fosil hewan. Fosil hewan adalah
hewan yang mati dan tertimbun di dalam tanah, jutaan tahun yang
lalu. Selain itu, BBM juga digunakan untuk menyalakan kompor, untuk
mesian-mesin di pabrik. Lani telah selesai bercakap-cakap dengan teman - teman. Kemudian Lani mengajak teman-temannya untuk berlatih menari. Kali ini mereka akan berlatih Gerak kuat kaki pada tari. Jenis gerakannya hampir sama dengan gerakan sebelumnya. Iringan musiknya lebih cepat sehingga gerakan kaki harus lebih kuat. Lani meletakkan tangan di pinggang. Kemudian, kakinya diayunkan mengikuti irama musik yang cepat. Musiknya berirama cepat, kakinya harus diayunkan lebih kuat. Ingat gerakan yang sudah dipelajari sebelumnya!
Selesai latihan menari, Lani dan teman-teman berlatih berhitung. Mereka akan menghitung kegiatan yang dilakukan di sekolah. Sebagai panduan digunakan jadwal pelajaran di sekolah.
Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok. Masing-masing kelompok menghitung lamanya kegiatan selama satu hari. Sebelum siswa bekerja guru menjelaskan cara menentukan lamanya suatu kegiatan.
Baiklah
sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga
anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa
laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih
kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami materi tentang energi dan perubahannya. serta menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.
Namun masih ada
beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan
penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.
Selesai latihan menari, Lani dan teman-teman berlatih berhitung. Mereka akan menghitung kegiatan yang dilakukan di sekolah. Sebagai panduan digunakan jadwal pelajaran di sekolah.
Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok. Masing-masing kelompok menghitung lamanya kegiatan selama satu hari. Sebelum siswa bekerja guru menjelaskan cara menentukan lamanya suatu kegiatan.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang energi dan perubahannya. serta menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar