Hari/Tanggal : Selasa, 11 Februari 2025
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya di hari Selasa yang ceria dan berkah ini, sangat menyenangkan ya nak. Semoga kita lebih semangat dan lebih baik lagi. Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin.
Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Subtema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 6
Muatan : B. Indonesia, Matematika, PPKn
Alat peraga : Video Pembelajaran, jam
Metode : Tanya jawab, Demontrasi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang sumber
energi dan mengenal lama nya waktu dalam kegiatan sehari-hari. Nah sekarang kita akan memperlajari tentang menentukan hak dan kewajiban yang terkait dengan memanfaatkan energi.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengidentifiasi istilah-istilah terkait energi, siswa mampu menyusun informasi lisan dengan benar.
2. Dengan menuliskan hasil diskusi, siswa mampu menentukan hak yang terkait dengan penggunaan sumber energi dengan tepat
3. Dengan latihan soal, siswa mampu menentukan satuan waktu dengan tepat.
Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :
Guru menjelaskan pentingnya melestarikan sumber energi. Setelah mendengar penjelasan guru, Siti memahami. Kini Siti menyadari kewajiban menghemat energi. Siti tidak lagi membiarkan keran air terbuka setelah selesai dipakai. Siti tidak lagi menghambur-hamburkan air saat mandi. Siti juga mulai membiasakan diri mematikan lampu yang tidak diperlukan. Siti telah melaksanakan kewajibannya di rumah. Orang tuanya memberikan hak untuk memanfaatkan energi.
Berikut ini contoh hak yang diperoleh Siti.
1. Mendapatkan makanan dan minuman sebagai sumber energi.
2. Menggunakan lampu saat belajar.
3. Menyalakan kipas angin saat kepanasan.
4. Menyalakan televisi untuk hiburan.
Kita boleh menuntut hak setelah melaksanakan kewajiban. Jadi kewajiban harus didahulukan daripada hak. Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang.
Kalian telah diskusi dengan teman untuk melengkapi tabel di atas. Sekarang buatlah sebuah tulisan tentang sumber energi yang telah kamu pelajari. Kamu dapat menulis tentang matahari, air, angin, atau makanan. Semakin lengkap informasimu semakin baik.
Sumber Energi Matahari
Energi
surya adalah energi yang berupa sinar dan panas dari matahari. Energi
ini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik dan
fotosintesis pada tumbuhan.
Matahari
mempunyai fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi bumi. Energi
pancaran matahari telah membuat bumi tetap hangat bagi kehidupan,
membuat udara dan air di bumi bersirkulasi, dan banyak hal lainnya.
Matahari
juga merupakan sumber energi terbesar di bumi. Tanpa matahari, sulit di
bayangkan bagaimana kehidupan di bumi. Berkat adanya sinar matahari,
dunia ini menjadi hidup karena sinar matahari memberikan energi pada
semua makhluk bumi.
Sumber
energi matahari sudah dimanfaatkan sejak dahulu. Panas Matahari biasa
digunakan untuk mengeringkan cucian, mengeringkan hasil bumi,
mengeringkan air laut agar menghasilkan kristal kristal garam, dan
lainnya.
Bahkan
kini, energi matahari juga bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik
atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Untuk mendapatkan manfaat
ini, maka pelat-pelat logam biasanya akan diletakkan di atas gedung yang
memanfaatkan energi matahari sebagai sumber listrik.
Pelat-pelat ini kemudian menyerap panas dari matahari. Dengan berbagai teknologi, panas matahari akan diubah menjadi listrik.
Panas
matahari bisa digunakan secara langsung, maupun disimpan dengan cara
dipindahkan ke media lain. Penyimpanan panas ini akan digunakan pada
malam hari untuk keperluan listrik pada rumah atau gedung itu.
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang energi dan perubahannya dan menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar