Kamis, 15 Mei 2025

TEMA 8 SUB TEMA 3 PB 5 Dan 6

  

 

Hari/Tanggal     : Jum'at, 16 Mei 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.


Tema   8             : Prajamuda karana

 Subtema   3      : Aku Suka berpetualang

 Pembelajaran   : 5 dan 6

 Muatan              : B. Indonesia, Matematika, SBDP

 Alat peraga       : Video Pembelajaran

Metode               : Tanya jawab, diskusi, Demontrasi

Apersepsi : 

Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang jenis  lambang/simbol lalu lintas dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah  dengan tepat.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :

Tujuan Pembelajaran

1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan benar.

2. Setelah membaca, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.

3. Setelah membaca, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah  dengan tepat.

4. Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.

 

Ayo Membaca

Kalian sudah tahu berbagai rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas bermanfaat untuk mengatur lalu lintas. Rambu lalu lintas membantu perjalanan menjadi aman dan lancar. Rambu petunjuk ada dua macam. Selain petunjuk arah, ada juga rambu petunjuk tempat. Berikut ini contoh gambar rambu rambu petunjuk tempat.
 

Perhatikan papan petunjuk berikut ini!


Siti beragama Islam.
Dayu beragama Hindu.
Lani beragama budha.
Mereka sedang menuju rumah ibadah masingmasing
Manakah arah yang harus mereka lalui?

Siti harus berjalan ke arah: ke arah lurus
Dayu harus berjalan ke arah: ke arah kanan
Lani harus berjalan ke arah: ke arah kiri

Perhatikan petunjuk tempat beribadah berikut!
 


Perhatikan gambar berikut ini!

 
Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa saja rambu lalu lintas yang kamu lihat dari gambar tersebut?
    Jawab: Petunjuk aharah dan jalan di zebra cross

2. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat menyeberang jalan?
    Jawab: Yang harus diperhatikan saat menyebrangi adalah saat nybrang harus melewati zebra cross pada rambu yang telah pasang dan perhatikan petunjuk arah.

Nenek mengucapkan terima kasih karena telah dibantu. Nenek juga memberikan sebungkus makanan tradisonal. Makanan tradisional itu empek-empek. Empek-empek berasal dari kampung halaman nenek. Masih ada banyak contoh makanan tradisional lainnya.  Contoh kue tradisional lainnya adalah onde-onde, kelepon, dodol, serabi, dan kue lapis.

 
Apakah kamu dan teman-temanmu suka kue tradisional?

Perhatikan diagram makanan tradisional yang disukai anak-anak.
Kue tradisional yang disukai oleh 50 orang.

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan benar. Namun ada juga beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMA 8 SUB TEMA 3 PB 5 Dan 6

      Hari/Tanggal     : Jum'at, 16 Mei 202 5     Good morning my students....   Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yuli...