Hari/Tanggal : Jum'at, 16 Mei 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa
kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua
dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap
bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Tema 8 : Prajamuda karana
Subtema 3 : Aku Suka berpetualang
Pembelajaran : 5 dan 6
Muatan : B. Indonesia, Matematika, SBDP
Alat peraga : Video Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, diskusi, Demontrasi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan benar.
2. Setelah membaca, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.
3. Setelah membaca, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.
Ayo Membaca
Kalian
sudah tahu berbagai rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas bermanfaat
untuk mengatur lalu lintas. Rambu lalu lintas membantu perjalanan
menjadi aman dan lancar. Rambu petunjuk ada dua macam. Selain petunjuk
arah, ada juga rambu petunjuk tempat. Berikut ini contoh gambar
rambu rambu petunjuk tempat.
Perhatikan papan petunjuk berikut ini!

Siti beragama Islam.
Dayu beragama Hindu.
Lani beragama budha.
Mereka sedang menuju rumah ibadah masingmasing
Manakah arah yang harus mereka lalui?
Siti harus berjalan ke arah: ke arah lurus
Dayu harus berjalan ke arah: ke arah kanan
Lani harus berjalan ke arah: ke arah kiri
Perhatikan petunjuk tempat beribadah berikut!
Perhatikan gambar berikut ini!
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa saja rambu lalu lintas yang kamu lihat dari gambar tersebut?
Jawab: Petunjuk aharah dan jalan di zebra cross
2. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat menyeberang jalan?
Jawab: Yang harus diperhatikan saat menyebrangi adalah saat nybrang
harus melewati zebra cross pada rambu yang telah pasang dan
perhatikan petunjuk arah.
Nenek
mengucapkan terima kasih karena telah dibantu. Nenek juga memberikan
sebungkus makanan tradisonal. Makanan tradisional itu empek-empek.
Empek-empek berasal dari kampung halaman nenek. Masih ada banyak contoh
makanan tradisional lainnya. Contoh kue tradisional lainnya adalah
onde-onde, kelepon, dodol, serabi, dan kue lapis.
Apakah kamu dan teman-temanmu suka kue tradisional?
Perhatikan diagram makanan tradisional yang disukai anak-anak.
Kue tradisional yang disukai oleh 50 orang.
Baiklah
sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga
anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa
laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih
kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan
benar. Namun ada juga beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru
melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar