Kamis, 31 Juli 2025

Jum'at, 01 Agustus 2025

 

 

 Hari/Tanggal     : Jum'at, 01 Agustus 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Mata pelajaran : PAK

Tujuan Pembelajara : 

Membuat jadwal kegiatanku sehari- hari

 
Mapel Matematika 

Tujuan Pembelajaran :

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian bilangan cacah.

  2. Membandingkan dua atau lebih bilangan cacah dengan benar menggunakan simbol >, <, dan =.

  3. Mengurutkan bilangan cacah dari yang terkecil ke terbesar dan sebaliknya.

Media yang digunakan untuk membantu pembelajaran:

  1. Kartu angka (dengan berbagai bilangan cacah).

  2. Papan tulis dan spidol (untuk kegiatan interaktif).

  3. PowerPoint / slide digital (untuk ilustrasi perbandingan dan pengurutan).

Metode yang digunakan bersifat aktif, partisipatif, dan menyenangkan:

  1. Ceramah interaktif
    Guru menjelaskan materi dengan mengajak siswa bertanya jawab agar terlibat secara aktif.

  2. Demonstrasi
    Guru menggunakan media (misalnya kartu angka) untuk menunjukkan cara membandingkan dan mengurutkan angka.

Membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah

 

Membandingkan bilangan cacah
 
Danis melihat tayangan televisi ada seekor cheetah mengejar rusa kecepatan cita berlari 1 1 2 km per jam Adapun kecepatan rusa berlari 90 km/jam manakah yang tercepat bandingkanlah menggunakan nilai tempat perhatikan bilangan 1 1 2 dan 90.
112 
1 ratusan 
2 puluhan 
2 satuan
 
90
0 ratusan
9 puluhan 
0 satuan
 
Perbandingan angka pada nilai tempat ratusan 1 lebih dari 0 atau dengan cara
Bilangan 112 memiliki 1 ratusan bilangan 90 memiliki 0 ratusan jadi bilangan 112 lebih dari 90
Hewan yang tercepat adalah cita Jawa Tengah ada Kecamatan Sawit di sini ada desa klabang dan Simo Desa kelabang jumlah penduduknya 478 orang desa Simo jumlah penduduknya 4 12 orang manakah yang paling banyak penduduknya dibandingkan bilangan 4 7 8 dan 412
 
478
4 ratusan 
7 puluhan
8 satuan

412
4 ratusan 
1Puluhan 
2 satuan 
Nilai 4 ratusan sama 
Bandingkan nilai tempat puluhan 7 dari 1
Hasilnya 478 lebih besar dari 412
Jadi jumlah penduduk desa klabang lebih dari Simo
 
Ayo berlatih 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar murid sudah mampu Membandingkan dua atau lebih bilangan cacah dengan benar menggunakan simbol >, <, dan =.
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senin, 04 Agustus 2025

        Hari/Tanggal     : Senin, 04 Agustus 202 5     Good morning my students....   Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yul...