Jumat, 08 Agustus 2025

Senin, 11 Agustus 2025

  

 

 

Hari/Tanggal     : Senin, 11 Agustus 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Mapel Matematika 

Tujuan Pembelajara : 

Tujuan Pembelajaran : Pelaksanaan Sumatif Harian 1
 
Media pembelajaran : LCD, soal Sumatif matematika harian 1
 
Metode pembelajaran : Mengerjakan soal secara mandiri 
 
Materi Sumatif 
- Nama bilangan cacah 1 - 1000
- menentukan nilai tempat 1 hingga 1.000
- membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah 

Rangkuman materi 

1. Nama Bilangan Cacah (1 – 1000)

  • Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari 0, 1, 2, 3, … tanpa pecahan atau negatif.

  • Dalam materi ini, fokus bilangan cacah dari 1 sampai 1000.

Contoh:

  • 25 dibaca: dua puluh lima

  • 134 dibaca: seratus tiga puluh empat

  • 999 dibaca: sembilan ratus sembilan puluh sembilan

  • 1000 dibaca: seribu

Tips:

  • Bilangan ratusan terdiri dari tiga angka.

  • Gunakan urutan satuan, puluhan, dan ratusan saat membacanya.


2. Menentukan Nilai Tempat (1 – 1000)

Nilai tempat menunjukkan posisi angka dalam suatu bilangan:

Tempat Contoh Nilai Angka
Satuan 235 → angka 5 5 × 1 = 5
Puluhan 235 → angka 3 3 × 10 = 30
Ratusan 235 → angka 2 2 × 100 = 200

Contoh lainnya:

  • 408 → angka 4 di ratusan (400), 0 di puluhan (0), 8 di satuan (8)


3. Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Cacah

Membandingkan

  • Gunakan tanda:

    • > (lebih besar dari)

    • < (lebih kecil dari)

    • = (sama dengan)

Contoh:

  • 345 > 123

  • 400 < 750

  • 999 = 999

Mengurutkan

  • Dari kecil ke besar (ascending):

    • Contoh: 120, 134, 200, 500

  • Dari besar ke kecil (descending):

    • Contoh: 900, 850, 789, 300


✍️ Latihan Singkat

  1. Sebutkan nilai tempat dari angka 7 pada bilangan 472!
    ➤ Jawaban: Puluhan, nilainya 70

  2. Bandingkan 689 dan 698.
    ➤ Jawaban: 689 < 698

  3. Urutkan bilangan berikut dari kecil ke besar: 120, 98, 345, 210
    ➤ Jawaban: 98, 120, 210, 345

 

Mapel : pendidikan Pancasila 

Tujuan pembelajaran

Siswa dapat mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal  melalui denah 

Media pembelajaran : gambar denah 

Metode pembelajaran : diskusi kelompok 

Denah

Denah adalah gambar yang menunjukkan suatu lokasi biasanya dalam menggambarkan letak bangunan maupun isi di dalam bangunan misal denah rumah denah sekolah dan 6 Perumahan dan sebagainya fungsi denah adalah versi peta untuk menunjukkan posisi atau lokasi suatu tempat manfaat denah adalah memudahkan kita memahami lokasi yang ada tangan begitu memudahkan kita saat mencari suatu lokasi perhatikan contoh denah berikut


Amati kembali benang dengan memperhatikan arah mata angin arah mata angin akan membuatmu dalam menyebutkan letak bangunan dalam sebuah denah. 

Kesimpulan pembelajaran hari ini :Menyebutkan dan menuliskan bilangan cacah sampai ribuan.membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah dengan tepat.

Melakukan operasi hitung sederhana (penjumlahan, pengurangan) dengan bilangan cacah.

 Mengenali jenis-jenis lingkungan tempat tinggal seperti desa, kota, dan perumahan.Mengidentifikasi bagian-bagian penting dalam lingkungan sekitar (rumah, sekolah, pasar, dll).Membaca dan menggambar denah sederhana lingkungan atau ruang kelas dengan benar.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senin, 11 Agustus 2025

        Hari/Tanggal     : Senin, 11 Agustus 202 5     Good morning my students....   Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yul...