Rabu, 10 September 2025

Kamis, 11 September 2025

  

 

Hari/Tanggal     : Kamis, 11 September 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

📘 Materi IPAS Kelas 3 SD

Topik: Mengenal Provinsi Tempat Tinggalku

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik dapat:

  1. Menyebutkan nama provinsi tempat tinggalnya.

  2. Mengenal lambang, rumah adat, pakaian adat, dan lagu daerah dari provinsinya.

  3. Mengidentifikasi ciri khas alam dan budaya di provinsi tempat tinggalnya.

  4. Menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap daerah asal.


B. Materi Pembelajaran

1. Apa itu Provinsi?

Provinsi adalah wilayah yang dipimpin oleh seorang Gubernur. Indonesia memiliki banyak provinsi, dan setiap provinsi memiliki keunikan sendiri.

2. Provinsiku

  • Nama provinsiku: (isi sesuai daerah masing-masing, misalnya: Lampung)

  • Ibu kota provinsi: (contoh: Bandar Lampung)

  • Pemimpin daerah: Gubernur

3. Identitas Provinsiku

  • Lambang daerah: (contoh: Sai Bumi Ruwa Jurai untuk Lampung)

  • Rumah adat: (contoh: Nuwou Sesat)

  • Pakaian adat: (contoh: Tulang Bawang untuk pria, Tapis untuk wanita)

  • Tarian daerah: (contoh: Tari Sigeh Pengunten)

  • Lagu daerah: (contoh: Cangget Agung)

4. Keindahan Alam dan Kekayaan Provinsiku

  • Provinsiku memiliki keindahan alam seperti gunung, pantai, hutan, dan danau.

  • Ada makanan khas yang menjadi kebanggaan daerah.

  • Ada hewan dan tumbuhan khas yang tumbuh subur di wilayahku.

5. Pentingnya Mencintai Daerah

  • Menjaga lingkungan alam di provinsi tempat tinggal.

  • Melestarikan budaya daerah.

  • Bangga mengenalkan daerah kita kepada orang lain.


C. Aktivitas Siswa

  1. Diskusi Kelas: Sebutkan nama provinsimu dan apa yang paling kamu banggakan dari daerahmu.

  2. Tugas Kelompok: Buat poster sederhana tentang identitas provinsimu (lambang, rumah adat, pakaian adat, tarian, lagu).

  3. Tugas Individu: Ceritakan di depan kelas makanan khas yang ada di provinsimu.


D. Refleksi

  • Apa nama provinsiku?

  • Apa yang membuatku bangga tinggal di sini?

  • Bagaimana caraku menjaga budaya dan alam di daerahku?

      

Pilihan Ganda (PG)

  1. Indonesia terbagi menjadi beberapa bagian yang disebut ….
    a. Kabupaten
    b. Kota
    c. Provinsi
    d. Desa
     

  2. Ibu kota Provinsi Lampung adalah ….
    a. Palembang
    b. Bandar Lampung
    c. Medan
    d. Jakarta
     

  3. Setiap provinsi memiliki … yang menjadi simbol daerahnya.
    a. Lagu daerah
    b. Pakaian adat
    c. Rumah adat
    d. Semua jawaban benar
     

  4. Provinsi yang berada di pulau Jawa adalah ….
    a. Kalimantan Barat
    b. Jawa Tengah
    c. Aceh
    d. Bali
     

  5. Pemimpin suatu provinsi disebut ….
    a. Presiden
    b. Gubernur
    c. Bupati
    d. Lurah
     

    Jawaban: 

    1. c. Provinsi 

    2.  b. Bandar Lampung

    3.  d. Semua jawaban benar

    4. b. Jawa Tengah 

    5.  b. Gubernur


📌 Isian Singkat

  1. Negara Indonesia terdiri dari banyak pulau dan dibagi menjadi beberapa ….
     

  2. Lagu daerah dari provinsi Sumatra Barat yang terkenal adalah “…. di Minang.”
     

  3. Provinsi Jawa Barat memiliki ibu kota di kota ….
     

  4. Rumah adat dari Provinsi Papua disebut Rumah ….
     

  5. Lambang atau gambar resmi dari suatu provinsi disebut ….
     

 

Jawaban: 

1. c. Provinsi 

2.  b. Bandar Lampung

3.  d. Semua jawaban benar

4. b. Jawa Tengah 

5.  b. Gubernur

 

1. provinsi 

2. Ayam Den Lapeh 

3. Bandung

4.  Honai

5. Lambang daerah / Lambang provinsi 
 
 
 
Mapel : seni rupa
  
Tujuan pembelajaran : murid dapat menjelaskan gambar cerita 
 
Media pembelajaran : 
  1. Buku Cerita Bergambar:
    Gabungkan teks naratif dengan ilustrasi yang menarik untuk membantu siswa memahami cerita dan konsep abstrak secara menyenangkan. 2. Komik Edukatif:
  2. Buat komik dengan panel-panel gambar yang menggambarkan aksi dan dialog karakter untuk menyampaikan informasi secara visual dan interaktif. 

Metode pembelajaran : Metode Picture and Picture
: Guru menyajikan beberapa gambar yang berkaitan dengan materi, kemudian siswa diminta mengurutkan gambar tersebut secara berurutan untuk memahami konsepnya. 

Mengenal gambar cerita 
Gambar cerita merupakan gambar yang menceritakan tentang sesuatu kisah atau cerita cerita tersebut telah disusun sesuai dengan tokoh, alur, setting maupun Amanat atau pesan cerita. 

1. Fungsi gambar cerita
Gambar cerita memiliki beberapa fungsi diantaranya seperti berikut
A. Lebih mudah dalam memahami cerita 
B memberikan kesan yang berbeda 
C memiliki seni visual bagi para pembaca 
D membangkitkan emosi para pembaca
 
2. Ciri-ciri ciri gambar cerita 
Terdapat beberapa ciri-ciri gambar cerita antara lain sebagai berikut
a. Gambar lebih dominan
Membuat gambar cerita Sebenarnya cukup mudah karena tidak perlu memikirkan kata-kata panjang. gambar cerita lebih banyak menampilkan gambar daripada teks yang ditampilkan harus ringkas padat dan jelas.
 
b. Gambar menceritakan suatu peristiwa
Gambar harus menciptakan runtutan peristiwa dengan baik dengan teks yang singkat kamu harus dapat menyampaikan pesan tersebut lewat gambar 
 
C. Bahasa mudah dipahami
Penggunaan dalam gambar cerita harus mudah dipahami paling mudah menggunakan kosakata percakapan sehari-hari kamu juga dapat menyisipkan dialog dengan balon kata agar lebih menarik

3. Jenis gambar cerita berikut beberapa jenis gambar cerita yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamis, 11 September 2025

      Hari/Tanggal     : Kamis, 11 September 202 5     Good morning my students....   Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yul...