Jumat, 26 September 2025

Senin, 29 September 2025

 

  

Hari/Tanggal     : Senin, 29 September 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Mapel : Matematika 
 
Tujuan Pembelajaran
 
Tujuan utama dari pembelajaran ini adalah agar siswa dapat memahami konsep dasar perkalian sebagai penjumlahan berulang. Siswa diharapkan mampu:
 * Menganalisis dan memahami konsep perkalian melalui visualisasi.
 * Menyelesaikan soal-soal perkalian sederhana dengan tepat.


Media Pembelajaran
Media yang digunakan adalah puzzle gambar yang dirancang khusus untuk pembelajaran perkalian. Media ini terdiri dari beberapa potong puzzle dengan:
 * Gambar-gambar yang menarik, seperti hewan atau benda.
 * Soal perkalian tertulis pada setiap potong puzzle.
 * Jawaban perkalian yang terpisah dari soalnya.
   Siswa harus mencocokkan potongan soal dengan potongan jawaban yang sesuai untuk membentuk gambar utuh. Puzzle ini bisa dibuat dari kertas karton atau bahan lain yang lebih tahan lama.

Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi dan metode bermain sambil belajar. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
 * Pendahuluan: Guru memulai pelajaran dengan memberikan pengantar tentang perkalian, misalnya dengan menggunakan contoh dari kehidupan sehari-hari, seperti menghitung jumlah roda dari beberapa mobil.
 * Demonstrasi: Guru mendemonstrasikan cara bermain puzzle. Guru menunjukkan salah satu potongan puzzle yang berisi soal perkalian, kemudian menunjukkan potongan lain yang berisi jawabannya. Guru mencontohkan cara mencocokkan kedua potongan tersebut.
 * Aktivitas Kelompok: Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Setiap kelompok diberikan satu set puzzle perkalian. Setiap anggota kelompok berdiskusi untuk memecahkan soal dan menyusun puzzle bersama. Ini melatih kerja sama dan komunikasi.
 * Presentasi dan Diskusi: Setelah selesai, setiap kelompok mempresentasikan hasil susunan puzzle mereka dan menjelaskan bagaimana mereka menyelesaikan soal-soal tersebut. Guru dapat memberikan pertanyaan-pertanyaan pancingan untuk menguji pemahaman mereka.
 * Evaluasi: Guru memberikan soal latihan perkalian mandiri untuk mengukur pemahaman siswa secara individu. Soal-soal ini bisa berupa lembar kerja atau kuis singkat.
   

Perkalian bilangan 1–10, misalnya:

  • 2 × 3 = 6

  • 4 × 5 = 20

  • 7 × 6 = 42

  • dst

Cocok untuk anak yang suka visual.

Contoh:
2 × 3 = buat 2 baris, tiap baris ada 3 bintang:
★★★
★★★
Total = 6


Diskusi kelompok : 

Buku saku perkalian : 

 

 

Mapel : Pendidikan Pancasila 
 
Tujuan Pembelajaran : 
siswa Menceritakan pengalaman menjalankan hal dan kewajiban di lingkungan keluarga dan sekolah 
  • Metode Pembelajaran

1. Cerita Pengalaman Pribadi (Metode Bercerita)

  • Siswa diminta menceritakan pengalaman mereka saat menjalankan hak dan kewajiban di rumah atau sekolah.

  • Bisa secara lisan (bercerita di depan kelas) atau tertulis (dalam buku tugas).

2. Diskusi Kelompok

  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.

  • Masing-masing kelompok berdiskusi tentang contoh hak dan kewajiban yang sering dijalankan.

  • Hasil diskusi dipresentasikan di depan kelas.

Media pembelsjarsn 
1. Lembar Cerita Bergambar
  • Cerita singkat bergambar tentang anak-anak yang menjalankan hak dan kewajiban.

  • Contoh: "Lina membantu ibu menyapu rumah", "Budi datang tepat waktu ke sekolah".

2. Video Animasi (Opsional)

  • Video pendek yang memperlihatkan pentingnya hak dan kewajiban di keluarga dan sekolah.

  • Bisa dicari dari YouTube atau platform edukasi lainnya.

3. Kartu Hak dan Kewajiban

  • Kartu yang berisi contoh hak di satu sisi, dan kewajiban di sisi lain.

  • Siswa mencocokkan hak dan kewajiban yang saling berhubungan.  

1. Pengertian Hak dan Kewajiban

  • Hak adalah sesuatu yang wajib kita terima.

    Contoh: Hak mendapat kasih sayang dari orang tua.

  • Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan.

    Contoh: Kewajiban membantu pekerjaan rumah.


2. Contoh Hak dan Kewajiban di Keluarga

Hak Kewajiban
Mendapat makanan yang sehat Membantu merapikan tempat tidur
Mendapat perlindungan Menjaga kebersihan rumah
Diperhatikan saat sakit Hormat kepada orang tua

3. Contoh Hak dan Kewajiban di Sekolah

Hak Kewajiban
Belajar dengan nyaman Datang tepat waktu
Bertanya kepada guru Mengerjakan tugas sekolah
Bermain saat istirahat Menjaga kebersihan kelas

4. Pentingnya Menjalankan Hak dan Kewajiban

  • Hak dan kewajiban harus seimbang.

  • Jika kita menjalankan kewajiban, maka hak akan didapatkan dengan baik.

  • Contoh keseimbangan: Jika rajin belajar (kewajiban), maka akan paham pelajaran (hak).                      

Tugas Mandiri:

Tuliskan pengalamanmu menjalankan hak dan kewajiban di rumah dan di sekolah (masing-masing 1 paragraf). Ceritakan dengan jujur dan jelas.

Contoh:

Di rumah, saya selalu membantu ibu menyapu halaman setiap pagi. Itu adalah kewajiban saya. Setelah itu, saya bisa menikmati sarapan yang lezat, itu adalah hak saya.

 

 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa hampir semua murid mampu
 siswa dapat memahami konsep dasar perkalian sebagai penjumlahan berulang

Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senin, 20 Oktober 2025

       Hari/Tanggal     : Senin, 20 Oktober 202 5     Good morning my students....   Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yuli...