Hari/Tanggal : Selasa, 30 September 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Mapel Ipas
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dan asesmen, siswa diharapkan dapat:
-
Mengidentifikasi berbagai jenis lingkungan tempat tinggal (desa, kota, pegunungan, pesisir).
-
Menyebutkan ciri-ciri lingkungan tempat tinggal mereka.
-
Mendeskripsikan kegiatan masyarakat sesuai dengan karakteristik tempat tinggalnya.
Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam mengerjakan soal asesmen antara lain:
-
Diskusi Kelompok:
Siswa berdiskusi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang tempat tinggal masing-masing. -
Tanya Jawab Interaktif:
Guru mengajukan pertanyaan untuk menggali pemahaman siswa sebelum mengerjakan soal.Penugasan Individu, AssesmenMedia Pembelajaran
Media yang digunakan untuk mendukung asesmen materi ini meliputi:
-
Lembar Kerja Siswa (LKS) atau Soal Cetak:
Digunakan untuk asesmen tertulis berupa pilihan ganda, isian, atau uraian. -
Gambar dan Peta Lingkungan:
Gambar berbagai jenis tempat tinggal (kota, desa, dll) sebagai alat bantu visual. -
Video Edukasi Singkat:
Video tentang kehidupan masyarakat di berbagai lingkungan (jika tersedia).
Mapel : Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
-
Menunjukkan pemahaman tentang pengertian dan unsur-unsur gambar cerita.
-
Mengidentifikasi urutan gambar sesuai alur cerita yang tepat.
-
Menyampaikan pesan cerita melalui gambar dengan ekspresi dan latar yang sesuai.
Media Pembelajaran
-
Alat gambar:
-
Pensil
-
Penghapus
-
Pensil warna / Crayon / Spidol Metode Pembelajaran
-
Metode yang digunakan selama pelaksanaan pembelajaran:
-
Penugasan Individu
-
Siswa mengerjakan soal dan tugas menggambar secara mandiri sesuai instruksi yang diberikan.
-
-
Observasi (bagi guru)
-
Guru mengamati sikap siswa selama mengerjakan (ketekunan, kerapihan, tanggung jawab).
-
-
Refleksi Singkat (Opsional, di akhir waktu)
-
Guru memberi waktu 5 menit bagi siswa untuk menceritakan sedikit tentang gambar yang mereka buat (secara lisan atau tertulis pendek).
📝 Jenis Soal: Pilihan Ganda, Isian Singkat, dan Tugas Praktik (Menggambar)
A. Pilihan Ganda (Pilihlah jawaban yang paling benar!)
1. Gambar cerita adalah gambar yang dibuat untuk...
A. Menjadi hiasan rumah
B. Mengisi waktu luang
C. Menyampaikan cerita atau peristiwa
D. Menjual buku di toko
2. Salah satu unsur penting dalam gambar cerita adalah...
A. Kata-kata pujian
B. Musik dan suara
C. Tokoh dan latar
D. Tanda tangan pelukis
3. Gambar cerita biasanya disusun berdasarkan...
A. Warna kesukaan
B. Alur cerita
C. Urutan abjad
D. Nama tokoh
4. Warna dalam gambar cerita berfungsi untuk...
A. Menandai halaman
B. Menunjukkan suasana
C. Menghapus gambar
D. Membuat bingung
5. Gambar cerita bisa dibuat berdasarkan...
A. Iklan makanan
B. Cerita rakyat atau pengalaman pribadi
C. Tanda jalan
D. Lagu anak-anak
6.Dalam membuat cerita bergambar, kita harus memperhatikan...
A. Harga buku
B. Warna kesukaan teman
C. Alur cerita dan gambar
D. Nama toko buku
7. Cerita bergambar bisa membantu anak-anak untuk...
A. Menjadi pelukis
B. Belajar membaca dengan menyenangkan
C. Menjadi pemain bola
D. Tidur siang
8Urutan gambar dalam cerita bergambar harus...
A. Acak
B. Terbalik
C. Sesuai alur cerita
D. Tanpa urutan
9. Cerita bergambar biasanya dibagi menjadi beberapa...
A. Halaman kosong
B. Lirik lagu
C. Panel atau kotak
D. Garis lurus
10. Cerita bergambar yang memiliki pesan moral disebut...
A. Cerita kosong
B. Cerita nasihat
C. Cerita bergambar
D. Cerita lucu
B. Isian Singkat
1. Gambar cerita disebut juga sebagai gambar __________.
2. Gambar yang menunjukkan kejadian secara berurutan disebut gambar __________.
3. Dalam gambar cerita, tokoh bisa digambar dengan ekspresi wajah sesuai __________ cerita.
4. Latar dalam gambar menunjukkan __________ dan waktu kejadian dalam cerita.
5. Cerita bergambar yang lucu disebut ___
Mapel : Bahasa Indonesia
1. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa dapat:
-
Mengidentifikasi makna semangat pantang menyerah dalam teks yang dibacakan atau dibaca sendiri.
-
Menyebutkan contoh sikap pantang menyerah dalam kehidupan sehari-hari.
-
Menjawab pertanyaan berdasarkan teks tentang tokoh yang memiliki sikap pantang menyerah.
2. Media Pembelajaran
-
Teks bacaan tentang tokoh atau cerita dengan tema pantang menyerah (misalnya: cerita pendek tentang B.J. Habibie, atau anak yang belajar sepeda).
-
Gambar ilustrasi terkait aktivitas semangat pantang menyerah.
-
Video pendek edukatif bertema semangat juang.
-
Lembar kerja dan soal evaluasi.
3. Metode Pembelajaran
-
Tanya jawab klasikal: Menguji pemahaman siswa secara langsung.
-
Latihan soal individu: Siswa mengerjakan soal pilihan ganda sebagai bentuk asesmen formatif.
1. Arti dari pantang menyerah adalah …
A. Tidak mau bekerja keras
B. Mudah putus asa
C. Selalu semangat meski mengalami kesulitan
D. Cepat merasa bosan
Jawaban:
2. Sikap pantang menyerah ditunjukkan oleh orang yang …
A. Mudah menyerah jika gagal
B. Terus berusaha walau sering gagal
C. Menyerah saat lelah
D. Suka menyalahkan orang lain
Jawaban:
3. Berikut ini contoh sikap pantang menyerah adalah …
A. Tidak mau belajar karena nilainya jelek
B. Tetap belajar walau sulit memahami pelajaran
C. Menyontek saat ulangan
D. Bermain terus dan tidak belajar
Jawaban:
4. Dinda belajar naik sepeda. Meski sering jatuh, ia terus mencoba. Sikap Dinda menunjukkan …
A. Malas
B. Berani
C. Pantang menyerah
D. Egois
Jawaban:
5. Sikap pantang menyerah dapat membuat kita …
A. Cepat marah
B. Menjadi putus asa
C. Tidak suka belajar
D. Meraih cita-cita
Jawaban:
6. Ketika gagal dalam lomba, Rian tidak sedih. Ia berlatih lebih giat agar menang tahun depan. Rian adalah anak yang …
A. Mudah kecewa
B. Sombong
C. Pantang menyerah
D. Penakut
Jawaban:
7. Tokoh yang terkenal karena semangat pantang menyerahnya adalah …
A. B.J. Habibie
B. Malin Kundang
C. Si Kancil
D. Timun Mas
Jawaban:
8. Sifat berikut yang bukan ciri pantang menyerah adalah …
A. Gigih
B. Rajin
C. Mudah putus asa
D. Tekun
Jawaban:
9. Jika kita gagal dalam ujian, yang sebaiknya kita lakukan adalah …
A. Tidak mau sekolah lagi
B. Marah kepada teman
C. Terus belajar agar lebih baik
D. Menyalahkan guru
Jawaban:
10. Orang yang pantang menyerah akan selalu …
A. Berhenti saat gagal
B. Mencoba lagi sampai berhasil
C. Menghindari tantangan
D. Menyerah saat lelah
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa hampir semua murid mampu mengidentifikasi berbagai jenis lingkungan tempat tinggal (desa, kota, pegunungan, pesisir). Serta bisa mengerjakan Soal - soal : Pilihan Ganda, Isian Singkat, dan Tugas Praktik (Menggambar).
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar