Hari/tanggal : Jumat / 22 Januari 2021
Assalamulaikum.wr.wb.
Apa kabar anak sholeh/sholeha bu Yulina, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta dipahami isinya, tadarus kemudian shalat dhuha ya nak.
Pada pelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari materi Tema 6 Subtema 3 PB 3 & 4 yaitu tentang menjelaskan isi teks media cetak melalui peta konsep,cara-cara perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari,pola lantai dalam tarian daerah,.menjelaskan isi teks media cetak melalui pokok pikiran dan membuat kesimpulan isi teks media cetak dari diagram,Aktivitas masyarakat dalam lingkungan sosial,kewajiban,tanggung jawab,dan hak masyarakat,keuntungan dan kerugian perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari,membuat ringkasan teks penjelasan,peragaan hasil kreasi pola lantai tari,menjelaskan hak dan kewajiban dalam.bentuk komik. Alhamdulillah hasilpenilaian harian kemarin ananda mendapatkan nilai yang baik. Hari ini kita akan belajar materi tema 6 subtema 3 pembelajaran 5 dan 6. Disimak ya nak materi yang bu guru berikan di bawah ini :
Tema 6 : Panas dan Perpindahannya
Subtema 3 : Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan
PB : 5 dan 6Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3), PPKn (KD 3.2, 4.2), IPA (KD 3. 6, 4. 6), SBdP (KD 3. 1, 4. 1)
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengamati dan mengidentifikasi benda-benda di
lingkungan
rumah,
siswa mampu menyusun tabel contoh benda-benda yang
menggunakan
konsep perpindahan kalor secara rinci dan lengkap.
2. Dengan membuat kerangka isi bacaan, siswa mampu menyajikan
hasil
kesimpulan
isi teks penjelasan pada media elektronik secara visual secara
tepat.
3. Dengan mempresentasikan kerangka, siswa mampu menyajikan
hasil
kesimpulan
isi teks penjelasan pada media elektronik secara visual dengan
tepat
dan jelas.
Dengan
mengamati gambar cerita, siswa mampu mengidentifikasi bahan
dan
alat untuk membuat gambar cerita secara benar.
4. Dengan mempresentasikan masalah dan menjelaskan penyebabnya,
siswa
mampu
melaporkan pengalaman penerapan melaksanakan hak, kewajiban,
dan
tanggung jawab sebagai warga masyarakat secara percaya diri.
IPA (KD 3. 6, 4. 6)
Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar
Kita
Barang-barang
dalam kehidupan sehari-hari, banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai
konduktor atau isolator. Benda apakah itu? Selimut dan panci merupakan benda
yang memanfaatkan sifat ini. Bagaimana cara kerja selimut? Selimut memerangkap
udara. Udara
adalah isolator sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu.
Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat. Jaket dan sarung tangan wol
memiliki cara kerja yang sama, yaitu untuk memerangkap udara agar badan tetap
hangat dan tidak kedinginan.
Bagaimana dengan panci yang biasa digunakan di dapur? Panci terbuat dari bahan
logam, misalnya Aluminium. Aluminium merupakan penghantar panas yang baik.
Panci akan menghantarkan panas ke makanan yang dimasak. Ada bagian pada panci
yang justru berfungsi
sebagai isolator. Pegangan panci terbuat dari plastik. Plastik merupakan isolator
sehingga kamu tidak akan kepanasan ketika memegangnya. Oven atau pemanggang,
juga menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Dengan menggunakan
bahan konduktor seperti
Aluminium, diharapkan panas dari sumber panas seperti kompor, tidak keluar.
Sehingga, panas tersebut dapat mematangkan kue atau masakan yang dipanggang.
Pemanggang biasanya berbentuk kotak dan tertutup. Bentuk yang tertutup ini
ingin memaksimalkan panas untuk mematangkan makanan secara merata. Mesin mobil
dan motor, terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin memerlukan
panas untuk memperoleh kinerja mesin
yang ideal. Mesin juga memerlukan energi listrik sehingga perlu bahan konduktor
sebagai penghantar listrik. Kamu tentu memiliki setrika di rumah. Dahulu,
ketika listrik belum
banyak digunakan, masyarakat menggunakan bara arang sebagai sumber panas. Arang
hitam dibakar terlebih dahulu, setelah menjadi bara baru kemudian dimasukkan ke
dalam setrika. Setrika ditutup dengan pegangan yang terbuat dari kayu. Biasanya
setrika arang ini terbuat dari tembaga yang berat. Berbeda dengan setrika
listrik yang digunakan saat ini.
Sumber panas berasal dari aliran listrik yang memanaskan kumparan di bagian
bawah setrika. Agar panasnya sampai dari kabel listrik ke pakaian maka pada
alas atau bagian bawah setrika dibuat dari bahan logam. Sedangkan bagian
pegangan setrika terbuat dari plastik yang bersifat
isolator.
Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3)
Menuliskan Kembali Informasi dari Teks Eksplanasi
Menuliskan kembali informasi melalui tulisan dapat dilakukan dengan kegiatan membaca cermat. Setelah itu, kamu dapat menyusunnya menjadi sebuah karangan dengan bahasamu sendiri. Informasi yang disampaikan dapat ditulis dalam bentuk ringkasasn ataupun bentuk cerita. Berikut langkah-langkah dalam menuliskan kembali informasi teks.
- Perhatikan judul dan tema dalam teks.
- Tentukan gagasan pokok setiap paragraph dalam teks.
- Kembangkan gagassan pokok menjadi sebuah cerita yang padu menggunakan bahasamu sendiri.
- Saat menuliskan kembali, perhatikan keruntutan informasi yang kamu peroleh.
SBdP(3.1, 4.1)
Gambar Cerita
Gambar cerita adalah gambar yang
menunjukkan kegiatan orangorang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa.
Gambar cerita dapat ditemui pada buku-buku cerita, terutama untuk anak-anak,
untuk menceritakan sebuah peristiwa, baik peristiwa yang benar-benar terjadi
atau cerita imajinasi. Bagaimana gambar cerita dibuat? Menggambar cerita dapat
dilakukan dengan teknik kering dan teknik basah. Alat dan bahan untuk
menggambar cerita dengan teknik kering, menggunakan beberapa alat misalnya,
pensil, kapur, krayon, atau bahan lain yang tidak memerlukan air. Pada teknik
basah, media yang diperlukan berupa cat air, tinta bak atau tinta Cina, cat
poster yang menggunakan air sebagai pengencer.
1. Teknik Kering
Menggambar cerita dengan teknik kering, tidak perlu menggunakan pengencer
seperti air. Cerita dibuat langsung pada kertas gambar. Mula-mula dibuat sketsa
atau rancangan gambar yang
menggambarkan sebuah cerita. Setelah itu, diberikan garis atau warna sesuai
dengan media kering yang digunakan. Beberapa contoh media kering yang biasa
digunakan antara lain:
a. Pensil
Pensil yang digunakan dalam menggambar cerita, biasanya adalah pensil
ukuran 2B sampai 6B.
Judul Gambar: Bencana Gunung Meletus
b. Krayon
Krayon memiliki beragam variasi warna. Krayon merupakan campuran antara
lilin dan bahan pewarna yang aman untuk anak-anak. Krayon digunakan untuk
menggambar cerita yang
memerlukan variasi warna.
c. Pulpen atau Spidol
Pulpen atau spidol juga digunakan untuk menggambar cerita dengan karakter
yang tegas pada garis-garis. Perhatikan salah satu gambar cerita berikut ini.
2. Teknik Basah
Media yang digunakan untuk teknik basah antara lain, cat air, tinta, atau
media lain yang memerlukan air sebagai pengencer. Cerita dibuat dengan cara
membuat sketsa pada bidang gambar dua dimensi berupa kertas.
Setelah itu, baru diberi warna sesuai dengan media basah yang sudah ditentukan. Teknik basah memerlukan beberapa alat dan bahan seperti cat air, cat poster, tinta bak atau tinta Cina, berbagai jenis kuas, dan palet cat air.
Berikut adalah contoh gambar cerita yang dibuat dengan menggunakan teknik
basah.
PPKn (3.2, 4.2)
Menjelaskan Makna Tanggung Jawab sebagai Sisw dan Warga Negara
Tanggung jawab merupakan sikap menyadari dan siap melaksanakan tugas. Tanggung jawab merupakan bagian dari kewajiban. TAnggung jawab dilaksanakan tanpa adanya perintah atau paksaan dari orang lain. Setiap tugas yang dilakukan dengan tanggung jawaab dilakukan atas kesadaran sendiri. Seseorang yang melaksanakan tugas dengan tanggung jawab biasanya melakukannya tanpa menunda-nunda tugas tersebut. Menunda-nunda tugas yang diberikan dapat berakibat pada terganggunya hak orang lain.
Berikut Hal-hal yang daapat menjaga kita agar menjadi orang bertanggung jawab.
- Memahami tugas dan kewajiban diri sendiri.
- Melaksanakan tugas dengan disiplin dan tanpa menunda-nunda waktu.
- Tidak mencari-cari alasan saat diminta untuk menyelesaikan tugas, kecuali sakit atau ada keperluan mendesak.
- Mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan diri sendiri.
- Menghormati hak-hak orang lain.
Latihan
Buatlah video yang menjelaskan benda-benda yang bersifat menghambat dan mempercepat perpindahan kalor.
Assalamualaikum Bu
BalasHapusNama: Keyla azizia Ekina mekha
Kel:5B
Ket:Hadir
Baik Bu terima kasih atas materinya
Anansa Eka rahmawati
BalasHapusAbsen no 13
Haddir bu🙏:)
Nafisa Azka Nyla Putri
BalasHapusKelas VB
Hadir
Assalamualaikum Bu
BalasHapusNama: Asyifa Aulia Khanza
Kel:5B
Ket:Hadir
Baik Bu terima kasih atas materinya 🙏🏻🙏🏻🙏🏻
Assalamualaikum Bu
BalasHapusNama: Asyifa Aulia Khanza
Kel:5B
Ket:Hadir
Baik Bu terima kasih atas materinya 🙏🏻🙏🏻🙏🏻
Nama : Orlando Anabil Jaya
BalasHapusKlas : 5B
No absen : 28
Ket : Hadir
Terimakasih materinya Bu guru
Nama: Bintang Rafay Tofani
BalasHapusKls: 5B
Ket: hadir bu
Farras syaddad fadli
BalasHapusKelas 5B
Hair🙏
Assalamualaikum Bu
BalasHapusNama: Alya Balqis Dwi Safitri
Kel:5B
Ket:Hadir
Baik Bu terima kasih atas materinya
Assalamu'alaikum wr wb
BalasHapusAbimanyu Suwari Nugroho
5 B
No absen 1
Hadir
Menyimak dan memahami materi
Terimakasih ibu
Wassalam wr wb