Hari / tanggal : Rabu / 16 Februari 2022
Semangat pagi ananda shaleh shaleha, Apa kabarnya hari ini ? Bu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT Aamiin. Sebelum memulai belajar, marilah terlebih dahulu kita laksanakan ibadah pagi seperti sholat dhuha, murojaah surat-surat pendek, mendengarkan tausiah, dan membaca doa sebelum belajar. Bu guru tak henti-hentinya mengingatkan agar ananda sekalian melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya.
Tema 8 : Lingkungan Sahabat Kita
Sub Tema 1 : Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran ke- : 5 dan 6
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia (KD 3.8, 4.8), PKn (KD 3.3, 4.3), IPA ( KD 3.8, 4.8),
SBdP (KD 3.2, 4.2)
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menceritakan kembali peristiwa yang terdapat pada teks nonfiksi.
2. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan sikap toleran dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
3. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan keberadaan air di permukaan bumi.
4. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat mengidentifikasi lagu tangga nada diatonis mayor dan minor.
Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.8, 4.8)
Untuk menceritakan kembali teks nonfiksi kalian dapat menggunakan langkah – langakah yang telah dipelajari pada pembelajaran 3 dan 4. Berikut ini contoh yang dapat kalian lihat dari cerita berikut ini:
1. Tulislah peristiwa-peristiwa yang terjadi pada cerita.
· Bu Mala sebuah buku tulis besampul warna merah kepada seluruh siswa
· Bu Mala meminta siswa menggunakan buku untuk kegiatan apa saja
· Makale ingin membuat herbarium, walaupun daerahnya jarang ada tumbuhan.
· Buku tulis merah milik para siswa telah berisi berbagai cerita, gambar, dan foto, namun buku tulis Makale masih kosong.
· Di daerah Makale turun hujan yang sangat deras sehingga benih-benih tumbuh dan bunga-bunga merah kecil memenuhi petak kebun.
· Makale memetik sekuntum bunga merah kemudian menempelkanya di dalam buku.
· Bu Mala membuka buku tulis merah Makale yang hanya berisi satu halaman dan hanya satu bunga di dalamnya.
· Bunga terebut merupakan paling berharga di dunia karena hanya mekar sehari dalam setahun.
2. Tuliskan urutan-urutan peristiwa pada cerita.
· Makale tinggal di sebuah desa yang selalu kekeringan.
· Bu Mala memberi seluruh siswanya masing-masing sebuah buku tulis bersampul merah.
· Nola ingin menulis catatan harian, Wendi ingin menggambar wajah setiap orang yang ditemui, dan Makale ingin membuat herbarium,
· Makale ingin membuat herbarium.
· Makale ingin membuat herbarium karena seorang pelancong menunjukkan buku herbariumnya yang sangat indah.
· Bu Mala memberitahu Makale bahwa untuk membuat herbarium membutuhkan banyak daun.
· Teman-teman Makale menanyakan di mana tempat makale mendapatkan bunga.
· Makale yakin akan mendapatkan bunga walaupun daerahnya jarang ada tumbuhan.
· Waktu berlalu dengan cepat dan buku tulis merah milik para siswa telah berisi berbagai cerita, gambar, dan foto, namun buku tulis Makale masih kosong.
· Pada suatu hari di daerah Makale turun hujan yang sangat deras sehingga benih-benih tumbuh dan bunga-bunga merah kecil memenuhi petak kebun.
· Makale memetik sekuntum bunga merah kemudian menempelkanya di dalam buku.
· Hari berikutnya bunga-bunga di kebun telah layu karena terbakar matahari.
· Makale gembira karena sudah membuat berhasil herbarium dan menunjukannya kepada Bu Mala.
· Bu Mala membuka buku tulis merah Makale yang hanya berisi satu halaman dan hanya satu bunga di dalamnya.
·
Bunga terebut merupakan paling berharga di dunia
karena hanya mekar sehari dalam setahun.
Muatan PKn (KD 3.3, 4.3)
Jika kita ingat semboyan negara kita yaitu “Bhineka Tunggal Ika”. Semboyan inilah yang mebuat kita jadi beragam namun tetap bersatu dan saling menghormati serta menghargai agar tetap menjaga kerukunan. Sikap saling menghargai dan menghormati itu dapat diwujudkan dengan hal – hal berikut ini:
1. Menyaksikan pertunjukan kesenian daerah lain
2. Berteman tanpa membeda – bedakan budaya, suku, maupun agama
3. Mau mempelajari kebudayaan Indonesia yang berbeda dengan budayanya sendiri dan
4. Menghargai orang lainyang sedang menjalankan ibadah ataupun upaca adat meskipun berbeda dengan kita.
Muatan IPA ( KD 3.8, 4.8)
Adanya siklus air memengaruhi peristiwa di Bumi dan kelangsungan hidup makhluk hidup. Siklus air menyediakan air yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Hujan turun dipermukaan bumi, di daratan air hujan langsung mengalir ke sungai atau danaudan ada juga yang diserap oleh tanah. Proses penyerapan air ke dalam tanah dinamakan infiltrasi.
Sungai merupakan sumber air yang banyak di mafaatkan makhluk hidup. Sungai dimafaatkan oleh manusia untuk berbagai aktivitas, seperti olahraga, sarana transportasi irigasi sawah, aktivitas rumah tangga, dan sebagainya. Pada hari yang panas terik karena panas matahari mengakibatkan air sungai menguap. Dan hal ini berdampak pada berkurangnya persediaan air terlebih saat musim kemarau, jumlah air yang menguap semakin banyak sehingga mengakibatkan beberapa daratan mengalami kekeringan. Oleh sebab itu kita harus menghemat persediaan air.
Muatan SBdP (KD 3.2, 4.2)
Ø Ciri-ciri tangga nada diatonis mayor biasanya sebagai berikut. a. Bersifat riang gembira. b. Bersemangat. c. Biasanya diawali dan diakhiri nada do. Namun, tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 (sol) atau 3 (mi) dan diakhiri nada 1 (do).
Ø Contoh Lagu yang bertangga nada Diatonis Mayor : Maju Tak Gentar, Indinesia Raya, Hari merdeka, Halo-halo Bandung, Indonesia Jaya, Garuda Pancasila, dan Mars Sang Timur.
Ø Tangga nada diatonis minor harmonis adalah tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah, seperti contoh di bawah ini:
Ø Ciri-ciri tangga nada diatonis minor sebagai berikut.
a. Lagu bersifat sedih.
b. Lagu kurang bersemangat.
C. Melodi lagu diawali dan diakhiri nada 6 (la). Namun tidak menutup kemungkinan diawali nada (mi) dan diakhiri nada 6 (la).Ø Contoh Lagu yang bertangga nada Diatonis Minor : Syukur, Tuhan, Gugur Bunga, dan Bubuy Bulan.
Ø Contoh permainan tradisional yaitu gangsing, enggrang, bendan, bentengan, dhinglik aglik/pepete jengkol, bakiak.
LATIHAN SOAL
1. Contoh keberagaman yang ada di Indonesia salah satunya adalah keberagaman Suku. Suku Minahasa terdapat pada daerah . . .
a. Kalimantan
b. Jawa
c. Sulawesi
d. Nusa Tenggara
2. Rumah panjang uluk palin terletak di daerah . . .
a. Kalimantan
b. Sulawesi
c. NTT
d. Jawa
3. Teks yang dibuat berdasarkan fakta, realita atau hal – hal yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari disebut teks . .
a. Teks Fiksi
b. Teks Nonfiksi
c. Teks Narasi
d. Teks Deskripsi
Pernyataan dibawah ini langkah – langkah menentukan urutan peristiwa yang benar adalah . . .
a. a, b, d, a
b. b, c, d, a
c. b, c, a, d
d. d, b, a, c
4. Air di laut, sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinar matahari. Proses penguapan ini disebut . . .
a. Presipitasi
b. Kondensasi
c. Infiltrasi
d. Evaporasi
5. Ketika suhu udara turun, uap air akan berubah menjadi titik-titik air. Proses ini disebut . . .
a. Presipitasi
b. Kondensasi
c. Infiltrasi
d. Evaporasi
Assalamu'alaikum ibu
BalasHapusNama Ramadhan Altaf Azzamy
Kelas 5a
Absen 22
Assalamu 'alaikum Bu
BalasHapusNama : Haglien vischa bilqueena.
Kelas :5A
No absen : 09.
Assalamualaikum bu
BalasHapusNama:D.Putri Alikha
Kelas :5A
No absen:5
Hadir bu...🙋♀️😊🙏