Kamis, 22 Mei 2025

TEMA 8 SUB TEMA 4 PB 6

  

  

Hari/Tanggal     : Jum'at, 23 Mei 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Tema                 : 8 Praja Muda Karana

Subtema           :  4 Aku Suka Berkarya

Pembelajaran   :  6 

Alat peraga       : Video Pembelajaran, alat peraga bangun datar.

Metode              : Tanya jawab, Diskusi

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang  membuat diagram dalam bentuk gambar dengan tepat. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang posisi suatu tempat dengan benar, dan menyajikan data dalam bentuk diagram gambar dengan benar.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :

Tujuan Pembelajaran:

1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan posisi suatu tempat dengan benar. 

2. Setelah berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan benar.  

3. Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.   

4. Setelah mengamati, siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram gambar dengan benar.


Membaca denah dalam bentuk gambar

Perhatikan denah taman bermain berikut ini! Pelajari cara membaca denah tersebut! Lalu, tentukan area penghijauan yang paling tepat pada gambar denah tersebut!
Denah Penghijauan

Posisi seluncuran ada di A1.
Posisi ayunan ada di A2.
Posisi tempat duduk ada di A3.

Ayo Berlatih
Isilah titik-titik sesuai gambar taman bermain!
Tentukan posisi sesuai contoh!
  1. Posisi pedagang ada di B2
  2. Posisi jembatan ada di B3
  3. Posisi air mancur ada di C2
  4. Posisi tempat sampah ada di C1
  5. Misalkan akan ditanam pohon. Lokasi yang bisa di gunakan B1 dan C3

Sekarang perhatikan gambar denah berikut ini !
Lengkapi denah dengan gambar sesuai keterangan!

Denah Lengkap
 
Keterangan
Posisi A1 terdapat tempat duduk anak-anak saat beristirahat.
Posisi B2 terdapat kolam ikan.
Posisi A3, B3, dan C3 terdapat area penghijauan.
Posisi C1 terdapat tempat sampah

Baca dan diskusikanlah bersama temantemanmu!
Tentukan sila Pancasila yang sesuai dengan perilaku tersebut!
Beri tanda centang pada kolom yang sesuai! Kamu bisa memberi centang lebih dari satu disetiap perilaku!

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb. 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami tentang posisi suatu tempat dengan benar dan menyajikan data dalam bentuk diagram gambar dengan benar.  Namun ada juga beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Remedial dan Pengayaan PAS SMT 2

        Hari/Tanggal     : Rabu, 04 Juni 2025 Good morning my student.... Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, alhamdu...